Analisis Penggunaan Google Form dalam Penilaian Sumatif di SMA Negeri 1 Payakumbuh

Authors

  • Lailatul Bayu Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.350

Keywords:

Analisis, Google form, Penilaian sumatif

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana penggunaan aplikasi google form dalam penilaian sumatif bagi sekolah, guru, dan siswa di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Penelitian ini dilakukan untuk menganalisis bagaimana respon siswa guru maupun sekolah terhadap pemanfaatan teknologi dalam bidang pendidikan serta hal-hal yang harus dibenahi dalam pelaksanaannya. Dengan adanya penelitian ini diharapkan mampu menjadi dasar bagi sekolah untuk terus memanfaatkan teknologi dalam segala aspek pembelajaran. Penggunaan google form merupakan salah satu inovasi dalam pelaksanaan pembelajaran, hal ini dimanfaatkan sekolah dalam melakukan penilaian sumatif bagi peserta didik. Penelitian ini menggunakan teori difusi inovasi yang dikemukakan oleh Everett M. Rogers. Teori ini membahas bagaimana inovasi dapat diterima dan diadopsi oleh individu maupun sistem sosial. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling, dengan jumlah informan 8 orang. Teknik pengumpulan data dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa penggunaan aplikasi google form pada penilaian sumatif dapat diterima dengan baik oleh sekolah, guru dan siswa SMA Negeri 1 Payakumbuh. Namun masih perlu ditinjau ulang kembali mengenai beberapa hal.

References

Firmansyah, D. (2022). Teknik Pengambilan Sampel Umum dalam Metodologi Penelitian. Literature Review 1(2), 85–114.

Hariono, I., Wiryokusumo, I., & Fathirul, A. (2021). Pengembangan Instrumen Penilaian Kognitif Berbasis Google Form Pelajaran Matematika. Edcomtech Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 6(1), 57–68. https://doi.org/10.17977/um039v6i12021p057

Harlin, I., Dangnga, M. S., & Akib, M. (2024). Pemanfaatan Google Form sebagai alat evaluasi pembelajaran mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMK YPPP Wonomulyo. Iqra: Jurnal Ilmu Kependidikan dan Keislaman, 19(1), 58-74.

Kuswanto, J., & Radiansah, F. (2018). Media Pembelajaran Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Sistem Operasi Jaringan Kelas XI. Jurnal Media Infotama, 14(1). https://doi.org/10.37676/jmi.v14i1.467

Monica, J., & Fitriawati, D. (2020). Efektivitas penggunaan aplikasi zoom sebagai media pembelajaran online pada mahasiswa saat pandemi covid-19. Jurnal Communio: Jurnal Jurusan Ilmu Komunikasi, 9(2), 1630-1640.

Noor, J. (2011). Metodologi Penelitian. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Parinata, D., & Puspaningtyas, N. D. (2021). Optimalisasi penggunaan google form terhadap pembelajaran matematika. Mathema, 3(1), 56-65.

Putra, L. D., Nashuha, A. B., Fenova, D. A., & Pramesti, E. D. (2025). Dampak dalam Pemanfaatan Media Asesmen Berbasis Google Form di MI Muhammadiyah Nurul Iman Tulang Bawang Barat. Jurnal Riset Madrasah Ibtidaiyah (JURMIA), 5(1), 17-26.

Putria, H., Maula, L. H., & Uswatun, D. A. (2020). Analisis Proses Pembelajaran dalam Jaringan (DARING) Masa Pandemi Covid- 19 Pada Guru Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 4(4), 861–870. https://doi.org/10.31004/basicedu.v4i4.460

West, R. & Turner, L. (2017). Pengantar Teori Komunikasi: Analisis dan Aplikasi (5th ed.). Jakarta: Salemba Humanika.

Rogers, E. M. (1983). Diffusion Of Innovations. Achieving Cultural Change in Networked Libraries. https://doi.org/10.4324/9781315263434-16

Shaufi, H., Sembiring, R. G. B., & Dharma, H. (2025). Pemanfaatan Google Form Sebagai Alat Evaluasi Pembelajaran yang Efisien dan Mudah Digunakan. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 903-909.

Sefriani, R., Sepriana, R., Wijaya, I., & Menrisal, M. (2021). Efektivitas Pembelajaran Online di Masa Pandemi Covid-19. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 3(6), 4731–4737. https://doi.org/10.31004/edukatif.v3i6.1430

Setya, L. W. (2021). Penggunaan Google Form Dalam Evaluasi Hasil Belajar Peserta Didik Di Masa Pandemi C0Vid-19. Teaching: Jurnal Inovasi Keguruan Dan Ilmu Pendidikan, 1(3), 150–156.

Sofa, A. R., Sukandarman, S., Hidayatingsih, N., Qomariyah, N., Al Fausi, S., & Syaifullah, S. (2025). Pengembangan Penilaian Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Berbasis Google Form, Goreact dan Emotion AI di SMP Negeri 2 Sumberasih Kabupaten Probolinggo. Indonesian Research Journal on Education, 5(2), 955-966.

Sufriadi, D., & Zakaria, Z. (2022). Pemanfaatan Google Form untuk Penilaian Harian Mata Kuliah Mahasiswa Universitas Serambi Mekkah. Innovative: Journal Of Social Science Research, 2(2), 58–62. https://doi.org/10.31004/innovative.v2i2.5976

Suriyanti, S. (2021). Efektifitas Pembelajaran Daring Melalui Penggunaan Aplikasi Google Form dalam Penilaian Akhir Tahun (PAT) Tahun Pelajaran 2020/2021 Peserta Didik MTs Al-Qadr Betun. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 6(1), 34–40. https://doi.org/10.59098/jipend.v6i1.517

Yogi, A. (2017). Panduan Pembelajaran dan Asesmen. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.

Yulianto, H., & Iryani, I. (2023). Pendampingan Asesmen Pembelajaran dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada SMAN 13 Takalar. To Maega : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(3), 488. https://doi.org/10.35914/tomaega.v6i3.1769

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Lailatul Bayu, & Nurlizawati, N. (2025). Analisis Penggunaan Google Form dalam Penilaian Sumatif di SMA Negeri 1 Payakumbuh. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 439–447. https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.350