Pengembangan E-Modul Berbantuan Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sosiologi di SMAN 4 Padang

Authors

  • Riri Affira Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.331

Keywords:

E-Modul, Google Sites, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pengembangan e-modul berbantuan Google Site pada materi Permasalahan Sosial di kelas XI Fase F 3 SMA Negeri Padang yang valid, efektif, dan praktis. Jenis penelitian ini adalah research and development. Model pengembangan yang digunakan adalah ADDIE terdiri dari lima tahap yaitu (1) analysis, (2) design, (3) development, (4) implementation, dan (5) evaluation. Teknik analisis menggunakan kuantitatif dalam bentuk deskriptif dengan bantuan teknik tes berupa pre-test dan post-tes dan teknik non tes berupa wawancara, observasi dan angket yang diberikan kepada 4 orang ahli dan 35 siswa kelas XI Fase F 3 SMA Negeri 4 Padang. Validitas dan kepraktisan yang didapatkan diolah dengan menggunakan Microsoft excel, sedangkan efektifitas yang diolah menggunakan SPSS 30. Hasil penelitian menunjukkan bahwa e-modul berbantuan google site layak dan praktis digunakan dalam pembelajaran sosiologi. Pelaksanaan dan penggunaan e-modul berbantuan google site terlaksana dengan baik dan mendapatkan respon positif dari guru dan siswa. Penelitian ini menunjukkan adanya perbedaan rata-rata hasil belajar yang signifikan setelah penggunaan e-modul berbantuan google site, sehingga e-modul berbantuan google site dinilai efektif dalam meningkatkan hasil belajar siswa.

References

Budiaji, W., Fakultas, D., Universitas, P., Tirtayasa, A., Raya, J., Km, J., & Serang Banten, P. (2019). Skala Pengukuran Dan Jumlah Respon Skala Likert (The Measurement Scale and The Number of Responses in Likert Scale). Jurnal Ilmu Pertanian Dan Perikanan Desember, 2(2), 125–131.

Cahyo, M. K., & Hendrastomo, G. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Google Sites Pada Mata Pelajasan Sosiologi Kelas X. Jurnal Pendidikan Sosiologi Dan Humaniora, 12(2), 59.

Creswell, J. W. (2016). Research design: pendekatan metode kualitatif, kuantitatif, dan campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Dinata, K. B. (2021). Literasi Digital Dalam Pembelajaran Daring. Eksponen, 11(1), 20–27.

Dwiagus, S. (2018). Analisis Perbandingan Antara Blogger dan Google Site. UMS Iibrary: Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hardianto, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Berbasis Web (Google Sites) di Tingkat SMP Kelas VIII. Science, 7(1), 1–8.

Harsanto, B. (2014). Inovasi Pembelajaran Di Era Digital (S. Sonjaya (ed.)). Bandung: Unpad Press.

Hidayat, D. W., Satiti, E. M., & Widiyatmoko, W. (2020). Implementasi Teori Belajar Konstruktivistik dalam Pembelajaran IPS Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa di SMP Muhammadiyah 4 Sambi. Buletin Literasi Budaya Sekolah, 2(2), 169–174.

Hinrichsen, J., & Coombs, A. (2013). The five resources of critical digital literacy: A framework for curriculum integration. Research in Learning Technology, 21(1063519), 1–16.

Hothersall, S. J., & Bolger, J. (2016). Social Policy for Social Work, Social Care and the Caring Professions: Scottish Perspectives. In Social Policy for Social Work, Social Care and the Caring Professions: Scottish Perspectives. Routledge.

Lestari, L., Alberida, H., & Rahmi, Y. L. (2018). Validitas dan praktikalitas lembar kerja peserta didik (LKPD) materi kingdom plantae berbasis pendekatan saintifik untuk peserta didik kelas X SMA/MA. Jurnal Eksakta Pendidikan (JEP), 2(2), 170-177.

Mashudi, R. M., Sahra, R. N. A., Ridanti, R. A., & Marini, A. (2023). Peran Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 931–942.

Mawarni, J., & Hendriyani, Y. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran E-Modul Interaktif Pada Matakuliah Pemrograman Visual Dengan Metode Pengembangan Addie. JAVIT : Jurnal Vokasi Informatika, 1–8.

Raisah, N., et al. (2021). Pengembangan E-Modul Funteach Berbasis Edutaiment Meningkatkan Iinformation Communication And Technology Guru Sekolah Dasar. Jurnal EPISTEMA, 2(02), 113–121.

Reed, P., & Reay, E. (2015). Relationship between levels of problematic Internet usage and motivation to study in university students. Higher Education, 70(4), 711–723.

Suarsana, I. M., & Mahayukti, G. A. (2013). Pengembangan E-Modul Berorientasi Pemecahan Masalah Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Mahasiswa. Jurnal Nasional Pendidikan Teknik Informatika (JANAPATI), 2(3), 193.

Supardan, H. D. (2016). Teori dan Pratik pendekatan dalam pembelajaran. Jurnal Edunomic, 4 No.1(1), 1–15.

Waseso, H. P. (2018). Kurikulum 2013 Dalam Prespektif Teori Pembelajaran Konstruktivis. TA’LIM : Jurnal Studi Pendidikan Islam, 1(1), 59–72

Widiyanto, M. A. (2013). Statistika Terapan: Konsep & Aplikasi SPSS dalam Penelitian Bidang Pendidikan, Psikologi & Ilmu Sosial Lainnya. Jakarta: PT Elex Media Komputindo.

Yolanda, M. E., & Effendi, H. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran Menggunakan Google Site pada Mata Pelajaran Instalasi Motor Listrik untuk Kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh. Ranah Research : Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(4), 252–257.

Yusuf, A. M. (2014). Metode penelitian kuntitatif,kualitatif,dan penelitian gabungan (Suwito (ed.); Pertama). Kencana.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Riri Affira, & Sylvia, I. (2025). Pengembangan E-Modul Berbantuan Google Site Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas XI Sosiologi di SMAN 4 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 332–343. https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.331