Upaya Meningkatkan Kemampuan Analisis Siswa pada Materi Ketimpangan Sosial Melalui Model Problem Based Learning di Kelas XII IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang
Abstract
Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan kemampuan berpikir analitis siswa melalui model pembelajaran sosiologi problem based learning pada siswa kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian perilaku kelas. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruktivisme. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XII-IPS 2 SMA Pertiwi 1 Padang yang berjumlah 33 siswa. Pengumpulan data kemampuan berpikir analitis siswa dilakukan melalui tes dan non tes, tes dilakukan dengan menggunakan LKS atau lembar diskusi dan lembar skor, dan non tes menggunakan lembar observasi aktivitas siswa sebagai penunjang. Berdasarkan hasil analisis data penelitian diketahui bahwa nilai rata-rata kemampuan berpikir analitis siswa pada tindakan siklus I mencapai 76 dengan ketuntasan belajar klasikal mencapai 61%. Setelah tindakan siklus II nilai rata-rata meningkat menjadi 79 dengan ketuntasan belajar klasikal 81%. Selain itu, keaktifan siswa dalam pembelajaran pada tindakan siklus I mencapai 71,78% dengan kriteria baik. Pada siklus II keaktifan siswa dalam pembelajaran meningkat menjadi 80,71% dengan kriteria sangat baik. Dari hasil analisis data penelitian dapat disimpulkan bahwa penerapan model pembelajaran berbasis masalah terbukti dapat meningkatkan kemampuan berpikir analitis siswa dalam proses pembelajaran sehingga akan mempengaruhi hasil belajar siswa juga.
References
Herliani, d. (2021). Teori Belajar dan Pembelajaran. Klaten: Lakeisha.
Nasional., D. P. (2003). Undang-undang RI Nomor 20 tahun 2003 tentang sistem pendidikan nasiona. Depdiknas.
Ngalimun. (2016). Strategi dan Model Pembelajaran. Yogyakarta: CV. Aswaja Perssindo.
Ningrum, E. (2014). Penelitian Tindakan Kelas: Panduan Praktis dan Contoh. Yogyakarta: Ombak.
Sandjaya, W. (2011). Strategi Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media.
Syafril dan Zen, Z. (2017). Dasar-dasar Ilmu Pendidikan. Padang: Kencana.
Thobroni, M. (2015). Belajar dan Pembelajaran: Teori dan Praktek. Yogyakarta: Arr-Ruzz Media.