Pengembangan Sumber Belajar Menggunakan Google Site Berbantuan Linktree Pada Mata Pelajaran Sosiologi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI di SMA N 1 Lubuk Basung
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh masih terbatasnya sumber belajar yang disediakan oleh sekolah serta guru belum mengoptimalkan penggunaan media dalam proses pembelajaran sehingga ini akan berdampak kepada nilai peserta didik yang masih rendah di SMA N 1 Lubuk Basung. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui bagaimana capaian hasil belajar peserta didik setelah menggunakan Google Site sebagai sumber belajar pada mata pelajaran Sosiologi kelas XI SMA N 1 Lubuk Basung. Jenis dan model yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah jenis penelitian Research and Development (R&D) dan model pengembangan 4D (fourD) yang terdiri dari difine (tahap pendefenisian), design (tahap perancangan), develop (tahap pengembangan) dan disseminate (tahap penyebaran). Instrumen penelitian yang digunakan adalah wawancara, angket dan test yang dianalisis menggunakan analisis kualitatif dan kuantitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian adalah teori belajar konstruktivisme yang dikembangan oleh Lev Semenovich Vygotsky. Tingkat validasi dari produk sumber belajar yang dilakukan oleh 2 validator dengan jumlah 79% dengan kategori valid, untuk uji praktikalitas yang dilakukan oleh guru dengan jumlah 95% dan uji praktikalitas yang dilakukan oleh peserta didik dengan jumlah 90% dengan kategori praktis. Penelitian ini dilakukan 1 kali pertemuan dengan waktu 5 jam pelajaran dengan materi Integrasi Sosial. Model digunakan dalam proses pembelajaran adalah problem based learning menggunakan sumber belajar Google Site dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik, siswa menjadi lebih fokus dalam pembelajaran, siswa lebih tertarik untuk belajar, siswa mempunyai keinginan mengerjakan latihan yang diberikan, peserta didik akan lebih paham dengan materi yang diberikan karena didalam sumber belajar tersebut sudah ada ringkasan materi, video pembelajaran serta soal sebagai evaluasi peserta didik. Hasil penelitian mampu meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas Sosiologi 5 SMA Negeri 1 Lubuk Basung.
References
Adzkiya, D. S., & Suryaman, M. (2021). Penggunaan Media Pembelajaran Google Site dalam Pembelajaran Bahasa Inggris Kelas V SD. Educate : Jurnal Teknologi Pendidikan, 6(2), 20. https://doi.org/10.32832/educate.v6i2.4891
Aka, K. A. (2017). Pemanfaatan teknologi informasi dan komunikasi (tik) sebagai wujud inovasi sumber belajar di sekolah dasar. ELSE (Elementary School Education Journal): Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sekolah Dasar, 1(2).
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Bumi Aksara.
Effendi, D., & Wahidy, D. A. (2019). Pemanfaatan Teknologi Dalam Proses Pembelajaran Menuju Pembelajaran Abad 21. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Program Pascasarjana Universitas Pgri Palembang.
Salsabila, F. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Google Sites Pada Pembelajaran IPA Sekolah Dasar. Basicedu, 9(2), 3327–3338. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.962
Ikhbal, M., & Musril, H. A. (2020). Perancangan Media Pembelajaran Fisika Berbantuan Android. Information Management For Educators And Professionals : Journal of Information Management, 5(1), 15. https://doi.org/10.51211/imbi.v5i1.1411
Kartika, Y., & Zakir, S. (2022). Media Pembelajaran Mobile Menggunakan Linktree. Jurnal Teknik Informatika, 12(2), 87–94.
Muslimin, I. (2023). Konsep dan Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar Pada Lembaga Pendidikan Islam: Studi Kasus di Madrasah Se-Jawa Timur. FAJAR Jurnal Pendidikan Islam, 3(1), 31–49. https://doi.org/10.15642/JAPI.2023.5.1.43-57
Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2020). Faktor penyebab rendahnya hasil belajar siswa. Prosiding Sesiomadika, 2(1).
Ningsih, S., Murtadlo, & Farisi, M. I. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Google Sites Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Sekolah Dasar. Jambura Journal of Educational Management, 4(1), 108–122. https://ejournal-fip-ung.ac.id/ojs/index.php/jjem/index
Nurlizawati, N. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Tutor Teman Sebaya di SMAN 1 Pasaman. Jurnal Socius: Journal of Sociology Research and Education, 6(1), 33. https://doi.org/10.24036/scs.v6i1.127
Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Buku Ajar Dasar-dasar Statistik Penelitian. Jakarta: Sibuku Media.
Putri. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Berbantuan Web Google Sites Pada Mata Pelajaran Matematika Materi Statistika Terintegrasi Al-Qur`an Kelas V di MI Al-Ikhwan Pekanbaru. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Rizki, A., et al. (2024). Belajar di Era Digital : Memahami Teknologi Pendidikan dan Sumber Belajar Online. Communnity Development Journal, 5(1), 782–789.
Samsinar, S. (2020). Urgensi learning resources (sumber belajar) dalam meningkatkan kualitas pembelajaran. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(2), 194-205.
Savitri, A. S., Sholih, J. A. U., & Herlambang, Y. T. (2023). Analisis Peran Teknologi Berdasarkan Perspektif Merdeka Belajar. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2818-2829.
Silmi, T. A., & Hamid, A. (2018). Urgensi Penggunaan Media Pembelajaran Berbantuan Teknologi. 44–52.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sulistyawati, N. L. G., Suarjana, I. M., & Wibawa, C. I. M. (2022). Pengembangan Media Website Berbantuan Google Sites pada Materi Statistika Kelas IV Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan dan Konseling, 4(4), 895–905.
Saputra, M. E. Y., & Effendi, H. (2021). Pengembangan media pembelajaran menggunakan google site pada mata pelajaran instalasi motor listrik untuk kelas XI Titl di SMKN 2 Payakumbuh. Ranah Research: Journal of Multidisciplinary Research and Development, 3(4), 252-257.
Ubaidi, A., Nabila, R., Raffi, M. A., & Marini, A. (2023). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Website Google Sites Terhadap Minat Belajar Matematika Peserta Didik di Kelas V Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar dan Sosial Humaniora, 2(8), 943-952.
Yusrizal, Y., Hajar, I., & Tanjung, S. (2019). Analysis of Elementary School Teachers’ Ability in Using ICT Media and Its Impact on the Interest to Learn of Students in Banda Aceh. Budapest International Research and Critics in Linguistics and Education (BirLE) Journal, 2(3), 37–49. https://doi.org/10.33258/birle.v2i3.352
Copyright (c) 2025 Nurul Fadilah & Nurlizawati

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.