Studi Evaluasi Penerapan Sistem Poin dalam Mendisiplinkan Siswa di SMAN 2 Bukik Barisan Lima Puluh Kota

  • Fadil Firmansyah Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Disiplin siswa, Evaluasi, Sistem poin

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh peningkatan pelanggaran kedisiplinan yang dilakukan siswa setiap semester di SMAN 2 Bukik Barisan, khususnya setelah penerapan sistem poin dilaksanakan. Pada semester Januari-Juni 2022 total ada 219 pelanggaran kedisiplinan dan pelanggaran itu meningkat pada semester Juli-Desember 2022 menjadi 282 kasus. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana penerapan sistem poin dalam mendisiplinkan siswa di SMAN 2 Bukik Barisan. Untuk menganalisis penelitian ini, peneliti menggunakan Teori Behavioristik yang dikemukakan Edward Lee Thorndike. Penelitian ini dilaksanakan di SMAN 2 Bukik Barisan. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dengan model evaluasi CIPP. Penelitian ini menggunakan metode wawancara, observasi, dan analisis dokumen dalam pengumpulan data. Pemeriksaan keabsahan data penulis menggunakan triangulasi sumber, triangulasi teknik, dan triangulasi waktu. Hasil temuan di lapangan menunjukkan bahwa penerapan sistem poin dalam mendisiplinkan siswa belum sesuai dengan ketentuan dan teori yang ada. Pencatatan yang dilakukan hanya formalitas, belum ada tindak lanjut yang dilakukan oleh guru Bimbingan Konseling di sekolah. Penerapan sistem poin hanya berlaku pada awal semester Januari-Juni 2021, setelah itu tidak lagi dijalankan, hanya melakukan penerapan sanksi langsung kepada siswa berupa membaca Al-qur’an dan membersihkan pekarangan sekolah.

References

Fitriawati, C., Sulistiyorini, & Parijo. (2017). Penerapan Sistem Poin Dalam Menanggulangi Siswa Yang Melanggar Aturan di SMA N 2 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 4(6), 1–11.
Nasional, U. S. P. (1982). Introduction and Aim of the Study. Acta Pædiatrica, 71, 6–6. https://doi.org/10.1111/j.1651-2227.1982.tb08455.x
Pemikiran, J., Hukum, P., Pancasila, P., Peserta, K., Di, D., Sman, U. P. T., & Toraja, T. (2022). PENERAPAN SISTEM POIN DALAM PENINGKATAN suasana yang mendukung proses pem- aturan yang harus dipatuhi setiap warga. 9, 243–248.
Ryan, K., & Lickona, T. (1992). Character development in schools and beyond. Vol. 3. CR.
Soedarsono, S. (2013). Karakter Mengenal Bangsa Gelap Menuju Terang. Elex Media Komputindo.
Sugiyono, (2020 :9). (2020). Metode Penelitian Kualitatif Bandung. Metode Penelitian Kualitatif, Bandung.
Sukardi. (2019). Metodologi Penelitian Pendidikan (R. Damayanti (Ed)). Bumi Aksara (B. Aksara (ed.); R. Damayan).
Toraja, T. (2022). Penerapan Sistem Poin Pelanggaran Dalam Meningkatkan Kedisiplinan Siswa di SMA Negeri 5 Tana Toraja. Pinisi Journal of Education, 2(2), 1–7.
Wijayanti, A. T., Sulistyarini, & Imran. (2017). Analisis Penerapan Sistem Poin dalam Mengatasi Pelanggaran Tata Tertib Siswa di MAN 1 Pontianak. Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Khatulistiwa, 6(10), 1–8. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/21563/17449
Published
2023-11-30
How to Cite
Fadil Firmansyah, & Nora, D. (2023). Studi Evaluasi Penerapan Sistem Poin dalam Mendisiplinkan Siswa di SMAN 2 Bukik Barisan Lima Puluh Kota. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 322-331. https://doi.org/10.24036/nara.v2i4.149