Implementasi Poster Digital Canva terhadap Minat Belajar Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.324Keywords:
Canva, Media Pembelajaran, Minat Belajar, SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis minat belajar siswa di SMA Dian Adalas Padang. Masalah utama yang diidentifikasi adalah rendahnya minat belajar siswa, yang berdampak pada hasil belajar. Upaya yang tepat untuk mengatasi masalah dari minat belajar siswa adalah mengunakan media pembelajaran poster digital berbasis canva. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis minat belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi selama menggunkan media pembelajaran poster digital berbasis canva. Penelitian ini menggunakan metode deskriptif kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui angket, observasi, dan dokumentasi. Sampel penelitian berjumlah 17 siswa. Hasil angket menunjukkan bahwa meskipun sebagian besar siswa tertarik dengan pembelajaran menggunakan media Canva (94,1%), namun minat belajar secara keseluruhan masih tergolong sedang hingga rendah. Hal ini dipengaruhi oleh faktor internal seperti kurangnya motivasi dan kebiasaan belajar mandiri, serta faktor eksternal seperti keterbatasan sarana belajar dan kurangnya dorongan dari guru. Penggunaan Canva dinilai efektif dalam menarik perhatian siswa, meningkatkan kreativitas, serta memfasilitasi pemahaman materi yang bersifat abstrak. Pendekatan behavioristik, media ini membantu menciptakan pembelajaran yang lebih interaktif dan menyenangkan, serta meningkatkan partisipasi siswa. Penelitian ini menyimpulkan bahwa media poster digital Canva merupakan alat bantu yang inovatif dan potensial untuk meningkatkan minat belajar siswa dalam pembelajaran Sosiologi.
References
Charli, L., Ariani, T., & Asmara, L. (2019). Hubungan Minat Belajar terhadap Prestasi Belajar Fisika. Science and Physics Education Journal (SPEJ), 2(2), 52–60.
Citradevi, C. P. (2023). Canva sebagai Media Pembelajaran pada Mata Pelajaran IPA: Seberapa Efektif? Sebuah Studi Literatur. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 8(2), 270–275.
Dianti, Y. (2017). Kajian tentang minat belajar peserta didik. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952., 2(2), 5–24.
Elvia, B. S., Fiqh, kautsar farizqi, & Rachmat, S. (2020). Implementasi Teori Belajar Behavioristik Dalam Pembelajaran. Jurnal Serunai Administrasi Pendidikan, 9(1), 24–33.
Fatimah, S., Mazaly, M. & Khairani, K. (2023). Universitas Potensi Utama. Jurnal Pengabdian Ahmad Yani) STTI Bontang, 3(2).
Fauziah, Z., Shofiyuddin, A., & Rofiana, H. (2022). Implementasi Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Aplikasi Canva Pada Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam. Madinah: Jurnal Studi Islam, 9(1), 7–18.
Ibrahim, F., Hendrawan, B., & Sunanih, S. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran PACAS Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. JLEB: Journal of Law, Education and Business, 1(2), 102–108.
Juhaeni, J., Cahyani, E. I., Utami, F. A. M., & Safaruddin, S. (2023). Pengembangan Media Game Edukasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Kelas III Siswa Madrasah Ibtidaiyah. Journal of Instructional and Development Researches, 3(2), 58–66.
Jannah, F. N. M., Nuroso, H., Mudzanatun, M., & Isnuryantono, E. (2023). Penggunaan aplikasi canva dalam media pembelajaran matematika di sekolah dasar. Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 138-146.
Mahyudin, A. (2023). Journal of Instructional and Development Researches Pengembangan Media Pembelajaran Canva Mata Pelajaran PAI & BP Fase C-Sekolah Dasar. JIDeR, 3(4).
Nurfadillah, S., Saputra, T., Farlidya, T., Wellya Pamungkas, S., Fadhlurahman Jamirullah, R., & Muhammadiyah Tangerang, U. (2021). Pengembangan Media Pembelajaran berbasis Media Poster pada Materi “Perubahan Wujud Zat Benda” Kelas V di SDN Sarakan II Tangerang. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 3(1), 117–134.
Nurkholis, N. (2013). Pendidikan dalam upaya memajukan teknologi. Jurnal Kependidikan, 1(1), 24-44.
Qondias, D., Beku, V. Y., Ngadha, C., Ndek, F. S., & Noge, M. D. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Canva Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Pembelajaran Tematik Siswa Sekolah Dasar. Mimbar PGSD Flobamorata, 1(3), 141-148.
Safaruddin, S. (2020). Teori Belajar Behavioristik. Jurnal Al-Qalam: Jurnal Kajian Islam & Pendidikan, 8(2), 119–135. https://doi.org/10.47435/al-qalam.v8i2.239
Sapriah, S. (2019). Media Pembelajaran Dalam Proses Belajar Mengajar. 2(1),470-477. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP.
Saza, M. F. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Canva for Education terhadap Minat Belajar Siswa pada Mata Pelajaran SKI Kelas XI IPS MAN 1 Jakarta. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Wicaksana, E. J., Atmadja, P., & Asmira, Y. (2020). Pengembangan Poster Kesehatan Reproduksi Berbasis Pendidikan Karakter Menggunakan Canva pada Usia Remaja Sekolah di SMA. Jurnal Penelitian dan Pengkajian Ilmu Pendidikan: E-Saintika, 4(2), 160.
Yuana, A. (2022). Perbandingan Tingkat Kepuasan Peserta Didik Kelas VI SD Negeri dan Swasta di Kecematan Padalang Dalam Mengikuti Ptmt Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. Universitas Pendidikan Indonesia.
Zaki, A. & Zuraini, Z. (2016). Faktor-faktor Yang Mempengaruhi Minat Belajar Siswa Kelas 1 SDN Kute Padang. Jurnal Tunas Bangsa, 3(2), 54.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Jesika Oxana {urba & Desri Nora

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.