Strategi Sekolah Swasta dalam Mendapatkan Peserta Didik Baru di Tengah Ketatnya Persaingan dengan Sekolah Negeri (Studi Kasus: SMA Kartika 1-5 Padang)

Authors

  • Angger Suranda Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.272

Keywords:

Kompetisi, Mendapatkan siswa baru, Sekolah Swasta, Strategi

Abstract

Penelitian ini didasarkan pada semakin ketatnya persaingan antara sekolah swasta dengan sekolah negeri dalam mendapatkan siswa baru. Sekolah swasta memiliki tantangan yang berat seperti sekolah negeri masih menjadi primadona, adanya sistem zonasi, penambahan rombel di sekolah negeri dan berbagai faktor lainnya. Tujuan penelitian ini yaitu untuk menganalisis strategi sekolah swasta dalam mendapatkan peserta didik baru di tengah ketatnya persaingan dengan sekolah negeri (studi kasus: SMA Kartika 1-5 Padang). Jenis penelitian yang digunakan yaitu kualitatif dengan tipe studi kasus. Data dari penelitian ini dianalisis menggunakan teori struktural fungsional dari Talcott Parsons. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi dan dokumentasi. Analisis data menggunakan konsep Miles dan Huberman yaitu: reduksi data, penyajian data, dan pengambilan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa SMA Kartika 1-5 Padang menerapkan sejumlah strategi efektif dalam mendapatkan peserta didik baru di tengah persaingan ketat dengan sekolah negeri. Strategi tersebut meliputi: (1) optimalisasi sumber daya sekolah, termasuk guru profesional, sarana-prasarana lengkap, dan dukungan finansial dari yayasan; (2) promosi aktif melalui media sosial seperti Live TikTok dan pemberian diskon biaya masuk yang menarik minat masyarakat; (3) peningkatan kualitas pendidikan melalui implementasi kurikulum merdeka, metode pembelajaran yang inovatif, pengembangan kompetensi guru, serta pemanfaatan teknologi pembelajaran; dan (4) peningkatan reputasi melalui program ekstrakurikuler unggulan seperti marchingband dan kesamaptaan, kegiatan sosial kemasyarakatan, serta capaian akreditasi A unggul yang berdampak pada peningkatan signifikan jumlah pendaftar selama lima tahun terakhir. Temuan ini menunjukkan bahwa strategi yang adaptif, terpadu, dan berbasis kebutuhan lokal mampu memperkuat daya saing sekolah swasta.

References

Ahmad, M. (2021). Hubungan Sekolah dan Masyarakat dalam Meningkatkan Citra Sekolah di Masa Pandemi Covid-19. Improvement: Jurnal Ilmiah Untuk Peningkatan Mutu Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.21009/improvement.v8i2.23535

Ariyani, R. (2020). Strategi Promosi Sekolah Dalam Rangka Meningkatkan Animo Masyarakat Masuk SMK. Media Manajemen Pendidikan. https://doi.org/10.30738/mmp.v3i1.3920

Azizah, N., & Setiawan, A. C. (2020). Strategi Kepala Sekolah Dalam Meningkatkan Citra Lembaga di Sekolah Dasar Kota Surabaya (Studi Kasus Sdn Gayungan Ii/423 Surabaya & Sdn Dukuh Menanggal I/424 Surabaya). Ejournal.Unesa.Ac.Id.

Dewi, E. P., Wulandari, R., & Setiawati, S. (2023). Perencanaan Promosi SMA Islam Al-Azhar Kelapa Gading untuk Meningkatkan Reputasi Sekolah. Action Research Literate. https://doi.org/10.46799/arl.v7i9.162

Emy, M. (2020). Pelaksanaan Strategi Promosi Sekolah dalam Menarik Minat Peserta Didik Baru di MAN 2 Ponorogo. Institut Aagama Islam Negeri Ponorogo.

Fauzi, A. (2022). Strategi Pemasaran Jasa Pendidikan dalam Menjaring Siswa di Madrasah Aliyah Unggulan Amanatul Ummah Surabaya Program Madrasah Bertaraf Internasional Pondok Pesantren Nurul Ummah Pacet Mojokerto. Sirajuddin : Jurnal Penelitian Dan Kajian Pendidikan Islam. https://doi.org/10.55120/sirajuddin.v1i1.385

Hardani, et al. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Yogyakarta: CV Pustaka Ilmu Grup.

Hasanah, R. P. S., Karwanto, K., & Sholeh, M. (2023). Strategi Pemasaran Pendidikan Dalam Meningkatkan Citra Sekolah di SMA Negeri Jogoroto Jombang. Jurnal Ilmiah Mandala Education. https://doi.org/10.58258/jime.v9i1.4521

Kuswantoro, K. (2016). Analisis Strategi Integrated Marketing Communication dalam Penerimaan Peserta Didik Baru di Lembaga Pendidikan. Jurnal Kependidikan. https://doi.org/10.24090/jk.v4i1.2806

Lenaini, I., Harto, K., Sabera Adib, H., & Annur, S. (2023). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Daya Saing Sekolah di MTs Khoirul Kasbi Desa Paldas. Jurnal Kajian Islam Modern. https://doi.org/10.56406/jkim.v9i01.169

Mamlu’atul , S & Esti, U. (2021). Strategi promosi PPDB berdasarkan zonasi di SD Negeri dan Swasta. Wahana Sekolah Dasar, 2(1).

Manurung, J., Anom, E., & Iswadi. (2023). Strategi Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Sarana Promosi Sekolah Musik Di Dotodo Music Edutainment. Technomedia Journal. https://doi.org/10.33050/tmj.v8i2.2086

Miles, J & Huberman, H. (1992). Miles, B. Mathew dan Michael Huberman. 1992. Analisis Data Kualitatif (Buku Sumber tentang Metode-metode Baru). Jakarta: UI Press.

Nurarfiansyah, L. T., Kholizah, N. A., Sani, D. A., Sembiring, D. F. Y., Ramadhani, P. S., Dermawan, M. M., Oktaviani, D., & Nasution, I. (2022). Upaya Meningkatkan Kompetensi Profesional Guru. Edupedia. https://doi.org/10.24269/ed.v6i2.1489

Patimah, D. S. (2021). Teknologi Pendidikan Untuk Meningkatkan Kualitas Pembelajaran. JTEP-Jurnal Teknologi Pendidikan Dan Pembelajaran, 3(2).

Patras, Y. E., Iqbal, A., Papat, P., & Rahman, Y. (2019). Meningkatkan Kualitas Pendidikan Melalui Kebijakan Manajemen Berbasis Sekolah dan Tantangannya. Jurnal Managemen Pendidikan. https://doi.org/10.33751/jmp.v7i2.1329

Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Riyanto, Y. (2010). Metodologi Penelitian. Jakarta: Penerbit SIC.

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modern (7). Jakarta:Kencana.

Rusmini, R., Chaniago, F., & Piola, H. (2023). Strategi Branding Image dalam Meningkatkan Daya Saing di Madrasah Tsanawiyah. Islamic Pedagogy: Journal of Islamic Education. https://doi.org/10.52029/ipjie.v1i1.144

Wisda, R. S. (2022). Strategi Promosi SMPN 5 Satu Atap Linggo Sari Baganti Dalam Meningkatkan Jumlah Siswa. Evaluasi: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam. https://doi.org/10.32478/evaluasi.v6i1.910

Yanuarita, D., & Desnia, A. (2023). Strategi Komunikasi Pemasaran Terpadu Melalui Media Sosial Instagram sebagai Sarana Promosi di Sekolah Alam Kebun Tumbuh. Jurnal Penelitian Inovatif. https://doi.org/10.54082/jupin.153

Downloads

Published

2025-09-19

How to Cite

Angger Suranda, & Nora, D. (2025). Strategi Sekolah Swasta dalam Mendapatkan Peserta Didik Baru di Tengah Ketatnya Persaingan dengan Sekolah Negeri (Studi Kasus: SMA Kartika 1-5 Padang). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(3), 392–405. https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.272