Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung

  • Lasri Wahyuni Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Model pembelajaran STAD, Motivasi belajar, Pembelajaran sosiologi

Abstract

Penelitian ini menguji pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi di kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kubung. Permasalahan dalam penelitian ini adalah rendahnya motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran sosiologi yang bertujuan untuk meningkatkan motivasi belajar siswa.Jenis penelitian ini adalah penelitian eksperimen, dengan subjek penelitian yaitu siswa kelas XI IPS 1 dan IPS 2 SMAN 1 Kubung.Pengumpulan data dalam penelitian ini melalui angket, motivasi dan dokumentasi. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme, dari penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan motivasi belajar siswa setelah menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS 1 SMAN 1 Kubung.Hal ini terlihat dari hasil uji t yang dilakukan diperoleh dua arah atau sig (2-tailed) sebesar 0,000 sehingga disimpulkan 0,000 < 0,05 maka Ha diterima dan Ho ditolak. Didapatkan t_hitung = 6,837 >t_tabel = 0,388 sehingga dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh model pembelajaran kooperatif Student Team Achievement Division (STAD) terhadap motivasi belajar siswa pada pembelajaran Sosiologi kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung.

References

Algifari, A. (2017). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam di SMA Negeri 1 Bolo Kabupaten Bima.
Andrian, Dedek, Astri Wahyuni, Syarul Ramadhan, Fini Rezy Enabela Novilanti, and Zafrullah. 2020. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Peningkatan Hasil Belajar, Sikap Sosial, Dan Motivasi Belajar.” Jurnal Inovasi Matematika 2:65–75.
Ariani, Tri, and Duwi Agustini. 2018. “Model Pembelajaran Student Team Achievement Division (STAD) Dan Model Pembeajaran Teams Games Tournament (TGT): Dampak Terhadap Hasil Belajar Fisika.” Science and Physics Education Journal (SPEJ) 1(2).
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. PT. Rineka Cipta.
Emda, A. (2017). Kedudukan Motivasi Belajar Siswa dalam Pembelajaran. In Lantanida Journal (Vol. 5, Issue 2).
Iryana, & Kawasati, R. (n.d.). Teknik Pengumpulan Data Metode Kualitatif.
Mahmudi, I. (n.d.). Peningkatan Motivasi Belajar Melalui Bimbingan dan Konseling Islami.
Nurfitriyanti, Maya, and Witri Lestari. 2015. “Pengaruh Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Hasil Belajar Matematika Ditinjau Dari Motivasi Belajar.” 01:121–35.
Published
2023-03-10
How to Cite
Wahyuni, L., & Febriani, E. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS di SMAN 1 Kubung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 68-76. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.102