Pengaruh Model Kooperatif Tipe Teams Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Crossword Puzzle Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI F 5 di SMA Negeri 1 Pariaman
Abstract
Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui apakah model pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) dengan berbantuan media Crossword Puzzle berpengaruh terhadap keaktifan belajar peserta didik di kelas XI F 5 SMA 1 Pariaman. Latar belakang masalah dalam penelitian ini adalah Keaktifan belajar peserta didik di kelas XI F5 SMAN 1 Pariaman masih rendah dengan presentase rata-rata yaitu 42% berada pada kategori rendah. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori belajar teori behavioristik oleh Thorndike. Metode penelitian adalah kuantitatif tipe eksperimen. Populasi penelitian adalah peserta didik kelas XI.F SMA N 1 Pariaman. Sampel penelitian melalui teknik sampling purposive dengan kelas yang terpilih sebagai kelas eksperimen yaitu kelas XI.F5 dan kelas kontrol yaitu XI.F3. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui angket, dan lembar observasi keaktifan peserta didik. Teknik analisa data dengan cara uji prasyarat dan uji hipotesis (uji-t). Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh yang positif dan signifikan pada penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament dengan berbantuan media crossword puzzle terhadap keaktifan belajar kelas XI F 5 (humaniora) di SMA Negeri 1 Pariaman. Hal ini dapat dilihat dari hasil uji hipotesis yang diperoleh sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05, sehingga Ha diterima dan H0 ditolak.
References
Abdurakhman, O., & Rusli, R. K. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 2(1).
Adiansha, A. A., Khatimah, H., & Asriyadin, A. (2020). Pengembangan Kreativitas Dalam Pembelajaran Matematika Melalui Model Brain Based Learning Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan MIPA, 10(1), 45-52.
Amalia, R. & Fadholi, A N. (2018). Teori Behavioristik. Universitas Muhammadiyah Sidoarjo.
Anggasari, W. D. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Generatif Terhadap Tingkat Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran IPS di SMP Al-Kamiliyyah Boarding School. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Febriani, E. A. (2019). Mudah Merancang Perangkat Pembelajaran. Surabaya: Pustaka Media Guru.
Fitriani, A. N. (2023). Pengaruh Model Teams Games Tournament Terhadap Keaktifan Belajar Peserta Didik Pada Pembelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial di MI Ma'arif Patihan Wetan. IAIN Ponorogo.
Martinis, Y. (2013). Strategi dan Metode dalam Model Pembelajaran. Jakarta: Referensi (GP Press Group).
Mulyadi, M. (2018). Analisis Faktor Rendahnya Keaktifan Belajar Mahasiswa Pendidikan Matematika STKIP PGRI Pacitan Pada Mata Kuliah Persamaan Differensial. Jurnal Penelitian Pendidikan 10(1).
Prasetyo, A. D., & Abduh, M. (2021). Peningkatan keaktifan belajar siswa melalui model discovery learning di sekolah dasar. Jurnal Basicedu, 5(4), 1717-1724.
Purnawanto, P. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi. Jurnal Ilmiah Pedagogy, 2(1).
Rovi, R. A., Zakir, S., Ilmi, D., & Iswantir, M. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Team Games Tournament (TGT) Berbatuan Crossword Puzzle Terhadap Keaktifan Belajar Siswa Pada Materi Pendidikan Agama Islam di SMP N 3 Koto Baru Kabupaten Dharmasraya. Ta'rim: Jurnal Pendidikan dan Anak Usia Dini, 4(4), 120-127.
Sardiman, A. M. (2019). Interaksi Dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.
Schunk, D. H. 2012. Learning Theories an Educational Perspective. New York: Pearson Education, Inc.
Sugiyono, S. (2017). Statistik untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.
Slameto, S. (2013). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Copyright (c) 2025 Oktavenia WUlandari & Eka Asih Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.