Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali

  • Randi Pratama Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Kearifan Loka, Kendala, P5, SMAN 2 Kinali

Abstract

Penelitian ini mengkaji implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) dengan Tema Kearifan Lokal di SMA Negeri 2 Kinali. Menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif, penelitian ini mengidentifikasi kendala-kendala dalam pelaksanaan P5 melalui observasi partisipatif, wawancara terstruktur, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya kendala signifikan pada tahap perencanaan, pelaksanaan, dan evaluasi. Pada tahap perencanaan, ditemukan kurangnya pemahaman guru dalam menyusun modul ajar P5 dan terbatasnya pelatihan khusus. Tahap pelaksanaan terkendala oleh keterbatasan waktu, sumber daya, dan infrastruktur sekolah, serta rendahnya antusiasme peserta didik. Sementara itu, tahap evaluasi menghadapi kendala berupa keterbatasan waktu untuk melakukan penilaian komprehensif. Meskipun menghadapi berbagai tantangan, sekolah menunjukkan komitmen kuat dalam mengatasi kendala-kendala tersebut. Upaya yang dilakukan meliputi mendorong studi mandiri guru, mengoptimalkan fasilitas yang ada, mengembangkan metode pembelajaran interaktif, dan menerapkan sistem penilaian yang lebih komprehensif. Penelitian ini menyimpulkan pentingnya pendekatan holistik dan sistematis dalam mengatasi kendala implementasi P5, dengan fokus pada peningkatan kompetensi guru, perbaikan infrastruktur, dan pengembangan strategi pembelajaran yang efektif.

References

Biru, R. C. B., Saepudin, A., & Sardin. (2020). Analisis Literasi Digitasl Terhadap Pembelajaran Mandiri di Masa Pandemi Covid-19. 2(2), 61–69.
Daryanto. (2013). Inovasi Pembelajaran Efektif. Yrama Wisda.
Hasanah, A., & Rosyadi, F. I. (2019). Metode Pembelajaran Kooperatif Tipe Student Teams Achievment Division (STAD) Dalam Menumbuhkan Antusiasme Belajar. EDULAB: Majalah Ilmiah Laboratorium Pendidikan, 4(1), 89–103. https://doi.org/10.14421/edulab.2019.41-06
Jumiyati, & Azlina, Y. (2021). Rapat: Komunikasi Bisnis yang Efektif. Akrab Juara, 6(3), 84–97.
Kodoatie, R. J. (2003). Manajemen dan rekayasa infrastruktur. Pustaka Pelajar.
Maskhun, A. S. (2012). Pengaruh Insentif dan Beban Kerja Terhadap Kinerja Juru Sita Pajak Negara Di Kantor Pelayanan Pajak di Wilayah Jawa Tengah I, Jawa Tengah II, Dan Daerah Istimewa Yogyakarta. Sekolah Tinggi Akuntansi Negara.
Sadirman, A. M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Rajawali Pers.
Salam, N. F. S., Manap Rifai, A., & Ali, H. (2021). Faktor Penerapan Disiplin Kerja: Kesadaran Diri, Motivasi, Lingkungan (Suatu Kajian Studi Literatur Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial). Jurnal Manajemen Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(1), 487–508. https://doi.org/10.38035/jmpis.v2i1.503
Satria, R., Adiprima, P., Wulan, K. S., & Harjatanaya, T. Y. (2022). Panduan Pengembangan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. : Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi Republik Indonesia.
Sugiyono. (2014). Memahami Penelitian Kualitatif. Alfabeta.
Published
2024-11-07
How to Cite
Pratama, R., & Febriani, E. A. (2024). Kendala-kendala dalam Pelaksanaan Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kearifan Lokal di SMAN 2 Kinali. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 366-376. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.239