Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 MAN 1 Pesisir Selatan

  • Witri Hidayatul Khairani Universitas Negeri padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran, Think Talk Write

Abstract

Penelitian ini menjelaskan bagaimana penerapan model pembelqjaran Kooperatif Tipe Think Talk Write dalam proses pembelajaran sosiologi yang bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar peserta didik di kelas XI IPS 1 MAN 1 Pesisir Selatan. Jenis penelitian ini yaitu Penelitian Tindakan Kelas (PTK) dengan desain penelitian yang dikembangkan oleh Kemmis dan Mc. Taggart. Penelitian ini menggunakan dua siklus dengan menerapkan model pembelajaran Think Talk Write setiap pertemuanya. Teori yang digunakan adalah teori belajar konstruktivistik oleh Vygotsky. Instrumen dalam penelitian menggunakan lembar observasi aktivitas guru dan lembar observasi aktivitas peserta didik dalam proses pembelajaran yang menggunakan model pembelajaran Think Talk Write. Dalam mengukur dan memperoleh hasil belajar siswa yaitu dengan melakukan test setiap kali pertemuan. Tujuan pembelajaran dapat tercapai apabila hasil belajar yang diperoleh siswa mencapai batan KKM yaitu > 75. Hasil yang diperoleh dapat dihitung dengan menggunakan rumus P = Presentasi N = Banyaknya Responnden dan F = Frekuensi. Persen (%) = (Jumlah Bagian) / (jumlah total) x 100%. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sosiologi. Hal ini ditunjukan dengan hasil belajar peserta didik pada siklus II memperoleh 80,76 % pada pertemuan pertama dan 84,61 % di pertemuan kedua. Hasil tersebut menunjukan telah tercapainya kriteria ketuntasan yakni 75,00, maka penerapan model pembelajaran Think Talk Write dapat meningkatkan hasil belajar peserta didik.

References

Haris, A., & Jihas, A. (2012). Evaluasi Pembelajaran. Multi Pressindo.
Hasyim Ansyari Berutu, M., & Iqbal H Tambunan, M. (2018). Pengaruh Minat dan Kebiasaan Belajar Terhadap Hasil Belajar Biologi Siswa SMA Se-Kota Stabat. Jurnal Biolokus, 1(2), 109–115.
Luh Putu Indrawathi, N., Citra Permana Dewi, P., Luh Gde Widiantari, N., Dian Vanagosi, K., & Pendidikan Jasmani Kesehatan dan Rekreasi, P. (2021). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Hasil Belajar Pendidikan Jasmani, Olahraga dan Kesehatan pada Siswa Kelas VII SMP Negeri 5 Kuta Selatan. Jurnal Pendidikan Kesehatan Rekreasi P, 7(1), 239–247. https://doi.org/10.5281/zenodo.4460837
Rusmaini. (2011). Ilmu Pendidikan. Grafika Telindo Press.
Sandika. (2017). Penggunaan Model Problem Based Learning Untuk Meningkatkan Sikap Percaya Diri dan Hasil Belajar Siswa pada Subtema Sumber Energi (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV 086 Cimincrang Kecamatan Gedebage Kota Bandung).
Published
2024-09-13
How to Cite
Khairani, W. H., & Febriani, E. A. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Talk Write (TTW) Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI IPS 1 MAN 1 Pesisir Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 240-246. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.103