Efektivitas Model Team Games Tournament (TGT) Berbantuan Media Ludo Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik dalam Pembelajaran Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.304Keywords:
Hasil Belajar, Ludo, Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT)Abstract
Penelitian ini didasari bahwa masih rendahnya hasil belajar peserta didik kelas X masih tergolong rendah dengan persentase rata – rata yang belum tuntas yaitu 63,89% pada kelas X E 3. Salah satu faktor penyebab rendahnya hasil belajar peserta didik itu disebabkan oleh model pembelajaran yang bervariasi dan kurangnya media yang di gunakan seperti potongan gambar. Metode penelitian ini adalah penelitian kuantitatif tipe quasi eksperimental. Teknik pengumpulan data melalui soal tes yang telah disesuaikan dengan kompetensi kognitif C2. Teknik analisis data menggunakan Uji Normalitas, Uji Homogenitas, Uji Hipotesis. Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori belajar konstruktivisme dari Vygotsky. Hasil Penelitian berdasarkan nilai posttest rata–rata tes kelas eksperimen adalah 80% dan nilai rata – rata kelas tes kelas kontrol adalah 67,71%. Setelah di uji hipotesis maka diperoleh dalam dua arah sig α sebesar < 001 sehingga mendapatkan kesimpulan bahwa (0,000 < 0,05) yang berarti Ho ditolak dan Ha diterima. Tujuan penelitian ini dilakukan untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe Teams games tournament (TGT) dengan bantuan media ludo terhadap hasil belajar peserta didik dalam pembelajaran sosiologi di kelas X Fase E SMAN 4 Sumbar.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 8(3), 2442–9511. https://doi.org/10.36312/jime.v8i3.3800/http
Anggraeni, N. (2019). Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Teams Games Tournament Berbantuan Ludo Terhadap Motivasi Belajar Matematika Siswa (Studi Eksperimen di Kelas VII SMP Negeri 1 Lemahabang Cirebon). Pediamatika: Journal of Mathematical Science and Mathematics Education, 1(1).
Creswell, J. W. (2016). Research design: Pendekatan metode kualitatif. Kuantitatif dan Campuran. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dale, S.H. (2012). Learning Theories (Teori–Teori Pembelajaran: Perspektif Pendidikan). Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Dimyati, M. (2009). Belajar dan pembelajaran . Jakarta : Rineka Cipta.
Hamalik, O. (2008). Kurikulum dan Pembelajaran Jakarta: Bumi Aksara.
Hapnita, W. (2018). Faktor internal dan eksternal yang dominan mempengaruhi hasil belajar menggambar dengan perangkat lunak siswa kelas XI teknik gambar bangunan SMK N 1 Padang tahun 2016/2017. Cived, 5(1).
Hasbiyalloh, A. S., Harjono, A., & Verawati, N. N. S. P. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Ekspositori Berbantuan Scaffolding Dan Advance Organizer Terhadap Hasil Belajar Fisika Peserta Didik Kelas X. Jurnal Pendidikan Fisika dan Teknologi, 3(2), 173–180. https://doi.org/10.29303/jpft.v3i2.397
Iksan, M. & Aly, N. K. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XI Mia SMA Negeri 4 Pulau Morotai Kecamatan Morotai Utara. 8(13), 544–551.
Mufarrikoh, Z. (2020). Statiska Pendidikan (Konsep Samping dan Uji Hipotesis). Jakarta: CV. Jakad Media Publishing.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 3(1), 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.17
Rosita, R. & Samad, R. (2020). Peran Permainan Ludo Dalam Mengembangkan Kemampuan Kognitif Anak Usia 5-6 Tahun. Jurnal Ilmiah Cahaya PAUD, 2(1), 106–116. https://doi.org/10.33387/cp.v2i1.2068
Rusman, M. P. (2017). Belajar & Pembelajaran: Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Prenada Media.
Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Solihah, A. (2016). Pengaruh Model Pembelajaran Teams Games Tournament (TGT) Terhadap Hasil Belajar Matematika. Jurnal SAP, 1(1)
Sugiyono, S. (2022). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sundayana, R. (2020). Statistika Penelitian Pendidikan (2nd ed.).
Suprijono, Agus.2012. Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar
Susanto, A. (2016). Teori belajar dan pembelajaran di sekolah dasar. Jakarta: Kencana.
Syukurti, D. (2020). Penerapan model pembelajaran kooperatif tipe team games tournament berbantuan media permainan ular tangga untuk meningkatkan konsentrasi dan hasil belajar. Jurnal Ilmiah Tekonologi Pendidikan, 10(1), 31–37.