Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E di SMA Negeri 8 Padang

  • Silvina Rahmaddani Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Sosiologi, Ular Tangga

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar fase E di SMA Negeri 8 Padang pada mata pelajaran sosiologi. hal ini diduga disebabkan karena media pembelajaran yang kurang bervariasi dan model pembelajaran yang diterapkan juga masih menggunakan model pembelajaran konvensional dengan metode ceramah, sehingga membuat siswa aktif dalam pembelajaran. Kondisi pembelajaran yang seperti ini menunjukan bahwa metode ceramah kurang efektif pada pembelajaran. Adapun tujuan dalam penelitian ini adalah untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ular tangga dalam meningkatkan hasil belajar pada mata pelajaran sosiologi fase E di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Teknik pengumpulan data penelitian ini menggunakan lembar observasi, tes, wawancara dan dokumentasi yang dianalisis dengan membandingkan presentase ketuntasan hasil belajar siswa fase E7. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif Jean Piaget. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa. Peningkatan terjadi pada setiap siklus, peningkatan terjadi dari pra tindakan dengan hasil belajar siswa 50,28%, setelah dilakukannya siklus I meningkat menjasi 68,85%, namun belum mencapai nilai minimum pada siklus II hasil belajar siswa mengalami peningkatan menjasi 77,42%. Sehingga dapat disimpulkan dengan menggunakan model pembelajaran kooperatif tipe STAD berbantuan ular tangga dapat meningkatkan hasil belajar siswa fase E7 di SMA Negeri 8 Padang Tahun ajaran 2023/2024 dengan menggunakan materi interaksi sosial.

References

A. Lie. (2014). Cooperative Learning Mempraktikkan Cooperative Learning di Ruang. Grasindo Widia Sarana.
Abdullah, A. S. (2007). Teori Teori Pendidikan Berdasarkan Al Qur’an. Rineka Cipta.
Aqib. (2013). Model-Model Media Dan Strategi Pembelajaran. Yarma Widia.
Aqib, Z. (2006). Penelitian Tindakan Kelas (Yrama widya (ed.)).
Ardian Asyhari. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Berupa Buletin Dalam Bentuk Buku Saku Untuk Pembelajaran Ipa Terpadu. Jurnal Al-Biruni, 3, 1.
Chairul Anwar. (2017). Buku Terlengkap teori-teori pendidikan klasik hingga kontenporer (Y. Arifin (ed.)). yogyakarta : IRCiSoD, 2017.
Febryna. (2016). Pengembangan Media Pembelajaran Permainan Ular Tangga. Gramedia Pustaka.
kingsley, Howard, dalam S. . (2009). Penilaian Hasil Proses belajar. Remaja Rosdakarya.
Purwanto. (2014). Evaluasi Hasil Belajar. Pustaka Pelajar
Published
2024-09-13
How to Cite
Rahmaddani, S., & Nurlizawati, N. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe STAD Berbantuan Ular Tangga dalam Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Sosiologi Fase E di SMA Negeri 8 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 328-336. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.213