Kontribusi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa SMA
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.343Keywords:
Hasil Belajar, Minat Belajar, SiswaAbstract
Penelitian ini memfokuskan pada kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar sosiologi siswa di SMAN 1 Ampek Angkek, Agam. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis besaran kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar sosiologi pada siswa kelas XII F8-F10. Faktor internal yang diteliti adalah minat belajar, dengan indikator yang mencakup perasaan senang siswa dalam mengikuti pembelajaran, perhatian terhadap pembelajaran, ketertarikan terhadap pembelajaran, keingintahuan siswa, dan kebutuhan terhadap pembelajaran. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah kuantitatif dengan desain penelitian Ex Post Facto. Populasi penelitian ini berjumlah 93 peserta didik, dengan sampel sebanyak 75 peserta didik yang dipilih menggunakan teknik Proportional Random Sampling. Instrumen yang digunakan berupa angket untuk mengumpulkan data. Sebelum dilakukan analisis data, terlebih dahulu dilakukan uji asumsi yang meliputi uji normalitas dan uji linearitas. Hasil uji normalitas menunjukkan bahwa data berdistribusi normal, sedangkan uji linearitas menunjukkan hubungan yang linear antara variabel minat belajar dan hasil belajar. Uji hipotesis dilakukan dengan analisis regresi sederhana Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai rhitung > rtabel dengan signifikansi 0,258 > 0,227, yang mengindikasikan bahwa minat belajar berkontribusi terhadap hasil belajar siswa. Analisis koefisien determinasi (r²) menunjukkan bahwa minat belajar memberikan kontribusi sebesar 7% terhadap hasil belajar sosiologi siswa, sementara sisanya 93% dipengaruhi oleh faktor lain yang tidak diteliti dalam penelitian ini. Penelitian ini memberikan kebaharuan dengan meneliti kontribusi minat belajar terhadap hasil belajar sosiologi siswa di SMAN 1 Ampek Angkek, Agam yang belum banyak diteliti sebelumnya. Temuan ini diharapkan dapat menjadi referensi bagi penelitian lebih lanjut mengenai pengaruh faktor internal terhadap hasil belajar siswa di sekolah menengah.
References
Andira, P. A., Utami, A., Astriana, M., & Walid, A. (2022). Analisis Minat Siswa Terhadap Hasil Belajar Siswa Dalam Pembelajaran IPA. Pionir: Jurnal Pendidikan, 11(1), 46–57.
Diniaty, A. (2017). Dukungan Orangtua terhadap Minat Belajar Siswa. Jurnal At.Taujih, 3(1), 90–100.
Fadhly, S. (2012). Kontribusi Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Diklat Sistem Rem Siswa Jurusan Teknik Otomotif di SMK Negeri 1 Guguk Kab. 50 Kota. Universitas Negeri Padang.
Fadillah, A. (2016). Analisis Minat Belajar Dan Bakat Terhadap Hasil Belajar Matematika Siswa. Mathline: Jurnal Matematika Dan Pendidikan Matematika, 1(2), 113–122.
Fatimah, W., Abustang, P. B., & R.Supardi. (2022). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Hasil Belajar IPS. (JKPD) Jurnal Kajian Pendidikan Dasar, 7(12), 9818–9822.
Hermanto, D. (2017). Kontribusi Minat Belajar terhadap Hasil Belajar pada Mata Pelajaran IPS Siswa Kelas IV SD Negeri Bulusidokerto Sidoarjo. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(2), 73–78.
Kambuaya, C. (2015). Pengaruh Motivasi, Minat, Kedisiplinan dan Adaptasi Diri Terhadap Prestasi Belajar Siswa Peserta Program Afirmasi Pendidikan Menengah Asal Papua dan Papua Barat di Kota Bandung. Share: Social Work Journal, 5(2), 157–166.
Rosalina, L. (2020). Hubungan Minat Belajar Dengan Hasil Belajar Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Kelas XII IPS di SMAN 5 Padang. Universitas Negeri Padang
Masbagik, S. (2017). Pembelajaran Konstruktivisme Pada Siswa Kelas XII IPS Semester Ganjil Sma Negeri 2 Masbagik Tahun Pelajaran 2016 / 2017 Lombok Timur Muksin. Jurnal Ilmiah IKIP Mataram, 4(2), 91–94.
Muchtar. (2010). Penerapan Penilaian Autentik dalam Upaya Peningkatan Mutu Pendidikan. Jurnal Penabur, 9(14), 68–76.
Nur, R. (2020). Penerapan Model Pembelajaran Tematik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Siswa Kelas XII IPS SMAN 1 Sungguminasa Kabupaten Gowa. Padaringan (Jurnal Pendidikan Sosiologi Antropologi), 2(3), 279.
Rahman, A., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani. (2022). Pengertian Pendidikan, Ilmu Pendidikan dan Unsur-Unsur Pendidikan. Al Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1–8.
Rukminingsih, M. P. (2020). Metode Penelitian Pendidikan Penelitian Kuantitatif, Penelitian Kualitatif, Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Erhaka Utama.
Safari, S. (2010). Indikator Minat Belajar. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Septyana, S. (2023). Minat Belajar Peserta Didik Dalam Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XII IPS SMA Bunda Padang. Universitas Negeri Padang.
Sawawa, D., Solehudin, A., & Sabri, S. (2018). Pengaruh Faktor Internal Dan Eksternal Siswa Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Mekanika Teknik Dan Elemen Mesin. Journal of Mechanical Engineering Education, 5(1), 21.
Sirait, E. D. (2016). Pengaruh Minat Belajar Terhadap Prestasi Belajar Matematika. Formatif: Jurnal Ilmiah Pendidikan MIPA, 6(1), 35–43.
Slameto. (2010). Belajar dan faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Sutaji, T. (2010). Pengaruh Minat Membaca Buku Sosiologi Tehadap Prestasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi SMA Negeri 8 Kota Tangerang Selatan. Universitas Sebelas Maret Surakarta.
Syah, M. (2012). Psikologi Belajar. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Taqwa, R., Mulyanto, M., Tahyudin, D., Hapsari, D., Toruan, L. D. L., Muslim, M., Melinda, M., Wulindari, A., & Pratiwi, A. A. (2022). Joyfull learning: Pelatihan Guru Pelajaran Sosiologi di Kota Prabumulih dan Lahat. JPPM (Jurnal Pengabdian Dan Pemberdayaan Masyarakat), 6(2), 205.
Yudhawardana, H. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Creative Problem Solving (CPS) Untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah Siswa. Haumeni Journal of Education, 2(2), 16–25.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Kurnia Novera & Junaidi

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.