Implementasi Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Kubung Solok

  • Dela Junita Endrina Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil belajar, Media Wordwall, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengimplementasikan media pembelajaran Wordwall dalam meningkatkan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI IPS 2 SMA N 1 Kubung Solok. Jenis penelitian menggunakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang mencakup empat tahap yaitu perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Kegiatan penelitian dilakukan sebanyak 2 siklus. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori kognitif. Teori belajar kognitif adalah teori belajar yang lebih mementingkan proses belajar dari pada hasil belajarnya. Penelitian ini menggunakan analisis kauntiatif yang mengacu pada hasil tes. Penelitian dilakukan dengan jumlah siswa 26 orang di kelas XI IPS 2 SMAN 1 Kubung Solok menggunakan media pembelajaran Wordwall. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (Classroom Action Research) dan teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah tes, observasi awal, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan hasil belajar sosiologi melalui penggunaan media pembelajaran Wordwall. Diketahui bahwa persentase ketuntasan siswa pra tindakan berjumlah 23% meningkat sebesar 19,30% menjadi 42,30% pada siklus I. Pada siklus II meningkat sebesar 30,70% menjadi 73%. Dari data hasil belajar tersebut menunjukkan persentase ketuntasan siswa mengalami peningkatan sehingga dikategorikan baik.

References

Ahmad Zaki, Diyan Yusri,. 2020. “Penggunaan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Pelajaran PKN SMA Swasta Darussa’adah Kec. Pangkalan Susu.” Al-Ikhtibar: Jurnal Ilmu Pendidikan 7(2):809–20. doi: 10.32505/ikhtibar.v7i2.618.
Auliya, Nur Hikmatul, Helmina Andriani, Roushandy Asri Fardani, Jumari Ustiawaty, Evi Fatmi Utami, Dhika Juliana Sukmana, and Ria Rahmatul Istiqomah. n.d. No Title.
Khodijah, Siti. 2018. “Pengaruh Media Gambar Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia Materi Pengumuman Di Kelas IV MIS Nur Hafizah Desa Sei Rotan Kec. Percut Sei Tuan Kab. Deli Serdang Tahun Pelajaran 2017/2018.” 93.
Magdalena, Ina;, Nur; Fajriyati Islami, Eva Alanda; Rasid, and Nadia Tasya; Diasty. 2020. “Tiga Ranah.” EDISI : Jurnal Edukasi Dan Sains 2(1):132–39.
Mu’alimin, and Rahmat Arofah Hari Cahyadi. 2014. “Penelitian Tindakan Kelas Tori Dan Praktik.” 1–87.
Nurkholis. 2013. “Pendidikan Dalam Upaya Memajukan Teknologi Oleh: Nurkholis Doktor Ilmu Pendidikan, Alumnus Universitas Negeri Jakarta Dosen Luar Biasa Jurusan Tarbiyah STAIN Purwokerto.” 1(1):24–44.
Pakem, Metode, and Hasil Belajar. 2020. “Attribution-ShareAlike 4.0 International (CC BY-SA 4.0).” 1(3):283–94.
Tajarudin, Adisupawan, Munawir Husni, and Siti Nurul Fitriani. 2021. “Konsep Pendidikan Anak Dalam Pengembangan Akhlak Perspektif Hamka.” Jurnal Studi Islam 2(1):24–34.
Published
2024-02-16
How to Cite
Endrina, D. J., & Nora, D. (2024). Implementasi Media Wordwall Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI IPS di SMA N 1 Kubung Solok. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 28-35. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.134