Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Perubahan Sosial

  • Rintia Rintia Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran sosiologi, Problem Based Learning, Uji Validitas

Abstract

Pengembangan Lembar kerja peserta Didik (LKPD) sosiologi dilatar belakangi oleh kebutuhan pembelajaran yang dapat meningkatkan kemampuan peserta didik dalam pemecahan masalah, kemampuan dalam berfikir kritis serta menumbuhkan rasa ingin tahu. Tujuan penelitian untuk melakukan validasi LKPD Sosiologi pada materi Globalisasi Kelas XII. Jenis penelitian ini adalah kuantitatif deskriptif. Validator dalam penelitian ini dilakukan oleh 3 (tiga) dosen sosiologi Fakultas Ilmu Sosial Universitas Negeri Padang dan 1 (satu) guru mata pelajaran sosiologi SMA. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara dan angket validasi. Hasil penelitian dan analisis data validasi yaitu 86,25% dengan kriteria “sangat valid”. Nilai validasi tersebut merupakan akumulasi dari aspek kesesuaian kelayakan isi, penyajian dan kebahasaan. Adapun validasi LKPD dari aspek kelayakan media diperoleh nilai sebesar 85,55% dengan kriteria “sangat valid”. Dengan demikian dapat disimpulkan bahwa pengembangan LKPD berbasis Problem Based Learning (PBL) pada materi perubahan sosial sudah tervalidasi layak dari aspek konten maupun medianya. Selanjutnya LKPD sudah bisa diujicobakan pada siswa kelas XII IIS dalam proses pembelajaran.

References

Baumant, Z., & May, T. (2001). Thinking Sociologically.
Bhakti, Y. B., & Dkk. (2004). NoEvaluasi Pembelajaran Dalam Bidang Pendidikan (Issue 1).
Borg, W. R., & Gall, G. (1983). Educational research: An introduction, Fifth Edition. Longman.
Drs.Asrul, M. S., & Rusydi Ananda, M.Pd, Dra.Rosnita, M. (2014). Evaluasi Pembelajaran. 2.
Lestari, K. D., Suniasih, N. W., & Manuaba, I. B. S. (2017). Pengaruh Model Pembelajaran Open Ended Berbasis Keterampilan Menjelaskan Terhadap Kompetensi Pengetahuan Ipa. Journal of Education Technology, 1(3), 169. https://doi.org/10.23887/jet.v1i3.12501
Pohan, N. (2017). Pelaksanaan Proses Belajar Melalui Bimbingan Aspek Afektif, Kognitif Dan Psikomotorik Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Swasta Amal Shaleh Medan. Pascasarjana Universitas Islam Negeri Sumatera Utara Medan, 1–145.
Prastowo, A. (2011). Panduan kreatif membuat bahan ajar inovatif. Diva Press.
Trianto. (2010). Model pembelajaran terpadu. Bumi Aksara.
Published
2024-06-14
How to Cite
Rintia, R., & Sylvia, I. (2024). Validitas Lembar Kerja Peserta Didik (LKPD) Sosiologi Menggunakan Model Problem Based Learning (PBL) Materi Perubahan Sosial. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(2), 116-125. https://doi.org/10.24036/nara.v3i2.206