Upaya Peningkatan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Fase E Melalui Media Teka-Teki Silang dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament di SMA Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik

  • Sesil Anisa Fadila Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Media Teka-teki Silang, Model teams Games Tournament, Partisipasi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya partisipasi belajar sosiologi pada kelas E4 di SMA Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik. Pada saat proses pembelajaran sosiologi berlangsung, guru sering menggunakan metode ceramah dan tidak menggunakan media yang menarik sehingga menyebabkan siswa kurang berpartisipasi dalam pembelajaran sosiologi. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, peneliti menggunakan media teka-teki silang dan model pembelajaran Teams Games Tournament. Penelitian ini merupakan penelitian tindakan kelas dengan menggunakan model siklus yang terdiri dari empat langkah yaitu perencanaan, tindakan, observasi dan refleksi. Penelitian ini dilaksanakan dalam dua siklus dan dua pertemuan. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini yaitu lembar observasi dan dokumentasi. Analisis data dalam penelitian ini adalah kualitatif dan didukung dengan analisis data kuantitatif. Teori relevan dalam penelitian ini adalah teori behavioristik yang dikemukakan oleh John B. Watson karena berkaitan dengan partisipasi belajar. Dalam penelitian ini aspek yang menjadi tolak ukur partisipasi belajar siswa adalah indikator partisipasi belajar, yaitu sebagai berikut: 1) memberikan pendapat, 2) memberikan tanggapan, 3) mengerjakan tugas, 4) menyimpulkan. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya peningkatan partisipasi belajar siswa. Masing-masing indikator partisipasi belajar siswa meningkat setelah menggunakan teka-teki silang. Jadi dapat disimpulkan bahwa penggunaan teka-teki silang dan model teams games tournament dapat meningkatkan partisipasi siswa dalam pembelajaran sosiologi.

References

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Arsyad, A. (2011). Media Pembelajaraan (Cetakan 15). Rajawalli Pers.
Arsyad, A. (2019). Media Pembelajaran (Cetakan 21). Rajawali Pers.
Betari, R., & Junaidi, J. (2020). Upaya Meningkatkan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Melalui Model Prediction Guide dengan Media Gambar Kelas X IPS 3 SMAN12 Padang. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(1), 19–26.
Dwiningrum, S. I. A. (2011). Desentralisasi dan Partisipasi Masyarakat dalam Pendidikan. Pustaka Pelajar.
Fadhallah, R. A. (2021). Wawancara. Universitas Jakarta Press.
Hasan, M., Milawati, M., Darodjat, D., Harahap, T. K., Tahrim, T., Anwari, A. M., Rahmat, A., Masdiana, M., & Indra, I. (2021). Media Pembelajaran. Tahta media group.
Herawati, H. (2018). Memahami Proses Belajar Anak. Bunayya: Jurnal Pendidikan Anak, 4(1), 27–48.
Ingriani, I. (2008). An Analysis of Word-Formation Processes Used In Internet Relay Chat (IRC). Universitas Andalas.
Irmawanty, I. (2022). Pengaruh Media Crossword Puzzle terhadap Minat dan Hasil Belajar Kognitif Siswa Materi Klasifikasi Makhluk Hidup Kelas X SMA Negeri 9 Makassar. Hybrid: Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran Sains, 1(1), 12–18.
Karnia, N., Lestari, J. R. D., Agung, L., Riani, M. A., & Pratama, M. G. (2023). Strategi Pengelolaan Kelas Melalui Penerapan Metode Role Playing Dalam Meningkatkan Partisipasi Siswa Di Kelas 3 MI Nihayatul Amal 2 Purwasari. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: JPPP, 4(2), 121–136.
Khodijah, D. N., Hendri, M., & Darmaji. (2016). Upaya Meningkatkan Partisipasi dan Hasil Belajar Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share di Kelas XI MIA7 SMAN 1 Muaro Jambi. Edufisika: Jurnal Pendidikan Fisika, 1(2), 46–54.
Kunandar. (2010). Guru Profesional. Rajawali Press.
Kurniasih, R., & Isroah, I. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Crossword Puzzle Berbasis Android Pada Mata Pelajaran Dasar Perbankan Untuk Kelas X Akuntansi SMK YPKK 1 Sleman Tahun Ajaran 2017/2018. Kajian Pendidikan Akuntansi Indonesia, 7(6), 1–13.
Mawardhani, M. A., Dewi, A. L. S., & Andjariani, E. W. (2023). Pengaruh Media Pembelajaran Crossword Puzzle Terhadap Hasil Belajar Kelas V SD. Jurnal Ilmiah Mandala Education (JIME), 9(1), 1–10.
Mustajab, M., Sriyono, S., & Fatmaryanti, S. D. (2012). Penerapan Metode Pembelajaran Cooperative Script untuk Meningkatkan Partisipasi Belajar Siswa Kelas VIII A SMP Negeri 2 Karanggayam Tahun Pelajaran 2012/2013. Radiasi: Jurnal Berkala Pendidikan Fisika, 1(1), 37–40.
Pardede, U. T. (2019). Peningkatan Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Melalui Model Pembelajaran Kooperatve Tipe Tgt Di Sman 1 Batang Toru. JURNAL MathEdu (Mathematic Education Journal), 2(1), 67–74.
Periera, S. (2015). Pentingnya Rancangan Pembelajaran Sosiologi Bagi Dunia Pendidikan di Timor Leste. Jurnal Inovasi Dan Teknologi Pembelajaran, 1(2), 108–114.
Putra, B. K. (2017). Tingkat Partisipasi Siswa Dalam Mengikuti Kegiatan Ekstrakurikuler Di Sma Negeri 1 Karanganom Kecamatan Karanganom Kabupaten Klaten Tahun Ajaran 2017/2018. Pendidikan Jasmani Kesehatan Dan Rekreasi, 6(11).
Putri, H. A. (2020). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle dan Spelling Puzzle Tehadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Ekonomi Kelas XI Madrasah Aliyah Nurul Iman Kota Jambi. Universitas Jambi.
Rahman, S. (2021). Pentingnya Motivasi Belajar dalam Meningkatkan Hasil Belajar. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.
Rosyidah, L. (2012). Pengaruh Metode Crosword Puzzle terhadap Pembelajaran IPS Kelas V di Min Sucenjurutengah Bayan Purworejo. Universitas Islam Negeri Sunan Kalijaga Yogyakarta.
Sari, N. N., & Junaidi, J. (2021). Discovery Learning Berbantuan Media Teka Teki Silang-Puzzle. Discovery Education. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 2(4), 307–318.
Sukidin. (2010). Manajemen Penelitian Tindakan Kelas (Cetakan 4). Insan Cendekia.
Sulistio, A., & Haryanti, N. (2022). Model Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning Model). Eureka Media Aksara.
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Sutiah, D. (2020). Teori Belajar dan Pembelajaran. Nizamia Learning Center.
Widoyoko, E. P. (2004). Penelitian Tindakan Kelas dan Pengembangan Profesi Guru. Seminar Nasional Peningkatan Kualitas Profesi Guru Melalui Penelitian Tindakan Kelas.
Zamzani, B. N. (2018). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Crossword Puzzle (Teka-Teki Silang) terhadap Hasil Belajar Ilmu Pengetahuan Sosial Siswa Kelas V SD Negeri Kalukuang Kecamatan Barombong Kabupaten Gowa. Universitas Muhammadiyah Makassar.
Published
2024-09-13
How to Cite
Fadila, S. A., & Sylvia, I. (2024). Upaya Peningkatan Partisipasi Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi Fase E Melalui Media Teka-Teki Silang dan Model Pembelajaran Teams Games Tournament di SMA Negeri 1 VII Koto Sungai Sarik. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 309-317. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.236