Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Batusangkar

  • Annisa Tusadya Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Budaya Sekolah, Hasil Belajar, Peserta Didik, SMA Negeri 2 Batusangkar

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik di SMA Negeri 2 Batusangkar. Hasil belajar dipengaruhi oleh faktor internal dan faktor eksternal seseorang. Budaya sekolah merupakan bagian dari faktor eksternal yang didalamnya terdapat budaya akademik, budaya sosial dan budaya demokrasi. Adapun tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada pengaruh budaya sekolah terhadap hasil belajar peserta didik. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Theory The Conditioning of Learning dan teori budaya yang digunakan dalam budaya sekolah adalah teori budaya organisasi.Penelitian ini menggunakan kuantitatif dengan tipe ex post facto. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah dengan angket, observasi dan wawancara. Populasi adalah seluruh peserta didik kelas XII fase F4 hingga F5 sebanyak 138 orang. Teknik pengambilan sampel menggunakan teknik propotional stratified sampling yang menjadi sampel adalah sebanyak 103 orang peserta didik. Teknik analisa data menggunakan regresi sederhana. Kesimpulan dari penelitian ini yaitu budaya sekolah berpengaruh terhadap hasil belajar peserta didik SMA Negeri 2 Batusangkar. Hal ini dapat dilihat dari hasil nilai t hitung sebesar 2.244 lebih besar dari t tabel 1.660 sehingga dapat dikatakan bahwa H0 ditolak dan Ha diterima, yang berarti ada pengaruh antara budaya sekolah (X) terhadap hasil belajar).

References

Hartzani, D., & Sylvia, I. (2022). Strategi Pembentukan Sikap Disiplin Siswa di SMA Negeri 1 Kecamatan Akabiluru Lima Puluh Kota. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 344–354. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.44

Jannah, R. (2017). Upaya Meningkatkan Keberhasilan Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Madrosatuna: Journal of Islamic Elementary School, 1(1), 47–58. https://doi.org/10.21070/madrosatuna.v1i1.1211

Nashihin, H. (2019). Konstruksi Budaya Sekolah Sebagai Wadah Internalisasi Nilai Karakter. At-Tajdid : Jurnal Ilmu Tarbiyah, 8(1).

Pohl, J. C. & McKernan, R. (2016). Building School Culture From The Insight Out. Caroline: CreateSpace Independent Publishing Platform.

Marengke, M. (2023). Kultur Sekolah Dan Mutu Siswa Sma Negeri Di Kabupaten Halmahera Utara. Universitas Negeri Yogyakarta.

Nabillah, T., & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Prosiding Seminar Nasional Matematika dan Pendidikan Matematika Sesiomadika 2019.

Nasution, S. (2000). Berbagai Pendekatan dalam Proses Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bina Aksara.

Peterson, K. (1998). How Leaders Influence the Culture of Schools. Educational Leadership, 56(1), 28–30.

Putri, M. E. (2021). Hubungan Budaya Sekolah Dengan Hasil Belajar Siswa Kelas V Sd Bertingkat Berastagi Tahun Ajaran 2020/2021. Universitas Quality Berastagi.

Rochaendi, E., et al. (2020). Sosiologi dalam Aspek Kehidupan. Bandung: Media Sains.

Rusman, R. (2017). Belajar dan Pembelajaran Berorientasi Standar Proses Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Slameto, S. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi. Jakarta: Rineka Cipta.

Stoll, L. (2000). School culture. Set: Research Information for Teachers, 3(1), 9–14. https://doi.org/10.18296/set.0805

Sudaryono, S. (2017). Metodologi Penelitian. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudrajat, A. (2010). Membangun Budaya Sekolah Berbasis Karakter Terpuji. Pedagogy, 10(2), 72–73.

Syahrum, & Salim. (2012). Metodologi Penelitian Kuantitatif . Bandung : Cipustaka Media.

Tanjung, M. S. (2012). Pengaruh Budaya Sekolah dan Motivasi Berprestasi terhadap Hasil Belajar Ekonomi Siswa di SMA Negeri 106 Jakarta. Universitas Negeri Jakarta.

Warsita, B. (2008). Teori Belajar Robert M. Gagne dan Implikasinya pada Pentingnya Pusat Sumber Belajar. Jurnal Teknodik, 064-078.

Yanti, S. D., & Sylvia, I. (2023). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAS Adabiah Padang dan SMAS Adabiah 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 167–175. https:// doi.org/10.24036/nara.v2i2.131

Zamroni. (2011). Dinamika Peningkatan Mutu. Jakarta: Gavin Kalam Utama.

Zuchdi, D. (2011). Pendidikan Karakter dalam Perspektif Teori dan Praktik. Yogyakarta: Universita Negeri Yogyakarta Press.

Published
2025-03-06
How to Cite
Tusadya, A., & Sylvia, I. (2025). Pengaruh Budaya Sekolah Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 2 Batusangkar. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 90-99. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.284