Refleksi Siswa Kelas XI IPS Terhadap Pembelajaran Sosiologi Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 13 Padang

  • Safira Khairani Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang
Keywords: Pembelajaran, Refleksi, Siswa

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis refleksi siswa kelas XI IPS terhadap pembelajaran sosiologi pasca pandemi Covid-19 di SMA Negeri 13 Padang menarik untuk dikaji karena perubahan-perubahan dalam pelaksanaaan pembelajaran yang dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring membuat siswa merefleksikan dari pembelajaran daring ke pembelajaran luring. Metode yang dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan yang digunakan dalam penelitian ini yakni purposive sampling. dengan jumlah informan 11 orang informan yang terdiri dari 1 guru sosiologi dan 10 siswa kelas XI IPS. Teknik pengumpulan data yang digunakan dalam penelitian ini yaitu observasi, wawancara, dan dokumentasi dengan teknik analisis data interaktif Miles dan Huberman yang terdiri dari reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan/verifikasi. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa refleksi siswa kelas XI IPS terhadap pembelajaran pasca pandemi Covid-19 yaitu kendala selama pembelajaran daring seperti tidak adanya paket kuota, sulitnya jaringan internet, pembelajaran yang sulit dimengerti karena kurangnya penjelasan dan menunda-nunda bahkan tidak membuat tugas yang diberikan oleh guru. Mulai teratasinya kendala tersebut setelah pembelajaran tatap muka dikarenakan karena belajar disekolah tidak memerlukan paket kuota internet jika memerlukan kuota internet sekolah sudah memfalisitasi dengan adanya wifi, siswa lebih mengerti dan menangkap materi yang diajarkan karena dijelaskan secara langsung dan juga bisa bertanya jika masih kurang paham.

References

Dimyati Dan Mudjiono. (2009). Belajar Dan Pembalajaran. Rineka Cipta.
Emzir. (2014). Metodologi Penelitian Kuatitatif dan kualitatif. rajawali pers.
Grathoff, R. (1978). The Correspondence between Alfred Schutz and Talcott Parsons: The Theory of Social Action. Indiana University Press.
Kurniawan, R. G. (2020). Pelaksanaan Pembelajaran Daring di Era Covid-19. Lutfi Gilang.
Pohan, A. E. (2020). Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Ilmiah. CV Sarnu Untung.
Solong, N. P. (2021). Manajemen Pembelajaran Luring Dan Daring Dalam Pencapaian Kompetensi. Jurnal Manajemen Pendidikan Islam.
Sugiarto, E. (2017). Menyusun Proposal Penelitian Kualitatif : Skripsi dan Tesis. Suaka Media.
Sugiyono. (2015). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. alfabeta.
Widyastuti, A. (2021). Optimalisasi Pebelajaran Jarak Jauh (PJJ), Daring Luring, BdR. PT Elex Media Komputindo.
Wina, W. (2001). Strategi Pembelajaran. Prenda Media Group.
Published
2023-06-30
How to Cite
Khairani, S., & Sylvia, I. (2023). Refleksi Siswa Kelas XI IPS Terhadap Pembelajaran Sosiologi Pasca Pandemi Covid-19 di SMA Negeri 13 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 209-217. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.135