Pengaruh Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Proyek Berbantuan Media Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Sosiologi
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.288Keywords:
Berpikir Kreatif, Mind Mapping, Pembelajaran Berbasis Proyek, SosiologiAbstract
Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya kemampuan berpikir kreatif siswa. Hal ini disebabkan oleh masih dominannya penggunaan model pembelajaran ceramah dalam proses pembelajaran di SMAN 2 Lubuk Basung. Model pembelajaran tersebut menyebabkan siswa cenderung pasif dan kurang mengembangkan kemampuan berpikir kreatifnya dalam pembelajaran. Untuk mengatasi permasalahan tersebut, diperlukannya model pembelajaran yang dapat mendorong kreativitas siswa, yaitu melalui penerapan model pembelajaran berbasis proyek dengan bantuan media mind mapping. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model pembelajaran berbasis proyek terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X SMAN 2 Lubuk Basung. Analisis dalam penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan tipe quasi-eksperimen. Sampel dalam penelitian ini terdiri dari kelas XE1 sebagai kelompok eksperimen dan kelas XE2 sebagai kelompok kontrol. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, kuesioner, dan dokumentasi. Teknik analisis data menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media mind mapping terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa kelas X di SMA N 2 Lubuk Basung. Hasil nilai significance kelas eksperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 0,00 dimana nilai tersebut < 0,05. Model pembelajaran berbasis proyek berbantuan media mind mapping memberikan pengaruh positif terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa.
References
Abdullah, K., Jannah, M., Aiman, U., Hasda, S., Fadilla, Z., Taqwin, Ketut, M., & Sari, M. E. (2021). Metodologi penelitian kuantitatif. Aceh: Yayasan Penerbit Muhammad Zain.
Ahmadyani. (2021). Model Project Based Learning Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Pendidikan Jasmani. JPD: Jurnal Pendidikan Dasar, 11(1), 17.
Amin, N. F., Garancang, S., & Abunawas, K. (2023). Konsep umum populasi dan sampel dalam penelitian. Pilar, 14(1), 15-31.
Arriah, F. (2019). Pengaruh Penerapan Metode Pembelajaran Mind Mapping Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Matematika. SIGMA (Suara Intelektual Gaya Matematika), 11(2), 97–105.
Dewi, M. R. (2023). Kelebihan dan kekurangan Project-based Learning untuk penguatan Profil Pelajar Pancasila Kurikulum Merdeka. Inovasi Kurikulum, 19(2), 213–226.
Gultom, A. P. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Berbasis Project Untuk Meningkatkan Kreativitas Siswa Pada Materi Litosfer Kelas X di SMA N 3 Langgam. UIN Sultan Syarif Kasim Riau.
Harefa, E., Afendi, A. R., Karuru, P., Sulaeman, & Wote, A. Y. V. (2024). Buku Ajar: Teori Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Jumanto, J., & Adi, Y. K. (2023). Profil Kemampuan Berpikir Kreatif Peserta Didik Kelas VI Ditinjau dari Prestasi Akademik. Jurnal Sinektik, 5(1), 82–87. https://doi.org/10.33061/js.v5i1.7533
Jumroh, S. (2016). Pengaruh Project Based Learning Terhadap Keterampilan Berpikir Kreatif Siswa Kelas X Pada Materi Pencemaran Lingkungan di SMA Perintis 2 Bandar Lampung. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Lenaini, I. (2021). Teknik Pengambilan Sampel Purposive dan Snowball Sampling. Jurnal Kajian, Penelitian & Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.
Medriati, R., Risdianto, E., & Purwanto, A. (2023). Penerapan Pendekatan Konstruktivis Menggunakan Model Project Based Learning (PjBL) pada Mata Kuliah Strategi Pembelajaran Fisika untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kreatif dan Kritis Mahasiswa. Jurnal Kumparan Fisika, 5(3), 193–200. https://doi.org/10.33369/jkf.5.3.193-200
Mutmainah, E., & Pratiwi, P. H. (2019). Implementasi Pembelajaran Sosiologi Dalam Konteks Kurikulum 2013. E-Societas, 1(10), 2–15.
Nababan, D., Marpaung, A. K., & Koresy, A. (2023). Strategi pembelajaran project based learning (PJBL). Jurnal Pendidikan Sosial dan Humaniora, 2(2), 706-719.
Nasution, S. (2017). Variabel Penelitian. Jurnal Raudah, 5(2), 1–9.
Ningsih, N. (2019). Aplikasi Teori Belajar Konstruktivisme dalam Pembelajaran Bahasa Asing. Foundasia, 9(1), 43–54. https://doi.org/10.21831/foundasia.v9i1.26159
Nurdin, S., & Adriantoni. (2016). Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Perseda.
Nurlaela, L., & Ismayati, E. (2015). Strategi Belajar Berpikir Kreatif. Yogyakarta: Ombak.
Siroj, R. A., Afgani, W., Septaria, D., Zahira, G., Kuantitatif, P., Ilmiah, P., & Data, A. (2024). Metode Penelitian Kuantitatif Pendekatan Ilmiah Untuk Ananlisis Data. Jurnal Review Pendidikan dan Pengajaran, 7(3), 11279–11289.
Sugiyono, S. (2016). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Suparlan, S. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Islamika, 1(2), 79–88. https://doi.org/10.36088/islamika.v1i2.208
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Miftahul Husni Aziza & Eka Asih Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.