Pengaruh Model Pembelajaran Problem Based Learning (PBL) Berbantuan Media Quizizz terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas X SMAN 1 Lembah Melintang
Abstract
Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif yang dilakukan di kelas X SMAN 1 Lembah Melintang mengenai pengaruh model pembelajaran problem based learning (pbl) berbantuan media quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Penelitian ini bertujuan untuk memaparkan pengaruh yang signifikan model pembelajaran problem based learning (PBL) berbantuan media quizizz terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas X SMAN 1 Lembah Melintang. Desain penelitian yang digunakan pada penelitian ini adalah Nonequivalent control group. Penelitian ini menggunakan dua kelompok yang terdiri dari kelas eksperimen dan kelas kontrol yang ditentukan dengan cara purposive sampling. Teknik purposive sampling adalah teknik pengambilan sampel dengan pertimbangan tertentu. Kelas yang dipilih adalah kelas X.E.1 dan X.E.4. Beberapa pertimbangan guru dan peneliti yaitu berdasarkan nilai tes harian siswa, kelas memiliki nilai tes yang rendah. Penelitian ini menggunakan teori konstruktivisme. Adapun teknik analisis data yang digunakan adalah uji normalitas gain (N-Gain), uji normalitas, uji homogenitas, dan uji hipotesis. Berdasarkan hasil penelitian, setelah mengetahui hasil pretest dan posttest, hasil belajar siswa mengalami peningkatan. Data penelitian kelas sampel berdistribusi normal dan homogen. Hasil uji-t pada taraf signifikan 0,05, yaitu Thitung (2,8) > Ttabel (1,99), menunjukkan bahwa hipotesis diterima. Artinya, siswa yang menggunakan model pembelajaran berbasis masalah (PBL) dengan media quizizz mempengaruhi hasil belajar siswa kelas X SMAN 1 Lembah Melintang.
References
Kustiani, L., & Hariani, L. S. (2018). Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar Siswa. 12(1), 14–22.
Pusparani, H., & Pd, M. (2020). Media Quizizz sebagai Aplikasi Evaluasi Pembelajaran Kelas VI di SDN untur Kota Cirebon. 2, 269–279.
Sugiyono. 2013. Metodologi penelitian kuantitatif, kualitatif dan R&D. Bandung : Alfabeta. Sukartini.
Sutrisno, R. D. A. (2023). Pengaruh Model Pembelajaran Team Games Tournament Berbantuan Media Roda Pintar Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Pada Muatan Matematika Kelas V Sd Negeri 4 Pelem. Eprintslib.Ummgl.Ac.Id, 109.
Tasya Nabillah, & Abadi, A. P. (2019). Faktor Penyebab Rendahnya Hasil Belajar Siswa. Sesiomedika, 659–663.
UU No 20. (2003). UNDANG-UNDANG REPUBLIK INDONESIA NOMOR 20 TAHUN 2003.