Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Think Pair Share (TPS) dengan Metode Mind mapping Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menerapkan model pembelajaran kooperatif tipe think pair share (TPS) dengan metode mind mapping dalam meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi. Jenis penelitian ini adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian ini adalah siswa kelas XI IPS 4 SMAN 9 Mandau. Instrument penelitian ini yaitu pedoman observasi, lembar observasi dan soal pretest dan postest. Indikator keberhasilanhasil belajar yaitu tingkat ketuntasan minimal (KKM 73). Teknik analisis data berupa data kuantitatif (pretest dan postest) dan data kualitatif (wawancara). Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui model pembelajaran think pair share dengan metode mind mapping dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi, hal ini dapat dilihat pada peningkatan hasil belajar siswa pada pertemuan pertama, tingkat ketuntasan meningkat dari 56% menjadi 65%, dan pada pertemuan kedua, meningkat dari 82% menjadi 86%. Penelitian ini menggunakan teori David P.Ausubel yaitu belajar bermakna.
References
Susanti, E., & Sofiana, N. (2018). The effect of think-pair-share and mind mapping strategies on students’ learning achievement in physics. Journal of Physics: Conference Series, 997(1), 012064.
Umamah, R., Shalihatun, H., Purnomo, S., Nur’aini, S., & Ramadhasari, R. (2019). Strategi Pembelajaran Inovatif dalam Pembelajaran Thaharah.