Pengaruh Penggunaan Baamboozle Sebagai Media Test Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi Kelas XI di SMAN 2 Pariaman
Abstract
Latar belakang masalah ini yaitu rendahnya kemampuan berpikir kritis siswa kelas XI dalam pembelajaran sosiologi. Salah satu faktor penyebabnya adalah kurangnya penggunaan media dalam pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penggunaan baamboozle sebagai media test terhadap kemampuan berpikir kritis siswa. Metode penelitian ini adalah Kuantitatif tipe Quasi Eksperimen Design. Populasi penelitian adalah siswa kelas XI SMAN 2 Pariaman. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini melalui pre-test dan post-test. Teknik analisis data dengan cara uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis (uji-t). Teori yang digunakan dalam penelitian adalah teori pemrosesan informasi dari Robert Gagne. Hasil penelitian ini membuktikan bahwa terdapat pengaruh penggunaan baamboozle sebagai media test terhadap kemampuan berpikir kritis siswa dalam pembelajaran sosiologi kelas XI di SMAN 2 Pariaman. Berdasarkan dari perolehan nilai tes post-test rata-rata kelas eksperimen adalah 54,7 dan nilai tes post-test rata-rata kelas kontrol adalah 28,5. Setelah dilakukan uji hipotesis diperoleh sebesar 14.533 berdasarkan df 69 Thitung dan pada tara signifikan 0.05 sebesar 1.667. Maka nilai Thitung 14.533 > Ttabel 1.667 , sehingga Ha diterima dan Ho ditolak. Dari hasil persentase indikator kemampuan berpikir kritis tes post-test kelas ekeprimen menunjukkan bahwa indikator yang paling tinggi persentasenya yaitu indikator klarifikasi dasar dan dugaan dan keterpaduan sedangkan untuk indikator yang paling rendah persentasenya yaitu menyimpulkan.
References
Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482.
Ali, M. M., Hariyati, T., Pratiwi, M. Y., & Afifah, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif dan Penerapannya dalam Penelitian. Education Journal, 2(2), 1–6.
Arifuddin, A. (2019). Kemampuan Berpikir Kritis dan Kreatif Siswa Pada Pembelajaran Matematika di Madrasah Ibtidaiyah. Auladuna: Jurnal Pendidikan Dasar Islam, 6(1), 38.
Aulia, F. (2020). Pengaruh Model Project Based Learning (PjBL) Terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas V SDN Kampung Bulak 02 Pada Materi Siklus Air. UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.
Bangol, W. (2022). Efektivitas Penggunan Media Pembelajaran Baamboozle untuk Meningkatkan Hasil Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di Kelas X SMK Negeri 1 Kota Mobagu. IAIN Manado.
Ennis, R. H. (1995). Critical Thinking. Campaign: University of lllinois.
Hasnunidah, N. (2017). Metodologi Penelitian Pendidikan. Yogyakarta: Media Akademi.
Hidayati, N. (2018). Analisis Proses Berpikir Siswa dalam Menyelesaikan Masalah Matematika Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Universitas Islam Negeri Sunan Ampel Surabaya.
Juhji, J. & Suardi, A. (2018). Profesi Guru dalam Mengembangkan Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik di Era Globalisasi. Jurnal Genealogi PAI, 5(1), 16–24.
Khoiro, D. M., Samsiah, A., & Haryono. (2023). Penerapan Media Pembelajaran Bamboozle dalam Meningkatkan Motivasi Belajar pada Siswa Kelas X di SMAN 1 Pamarayan. Edusociata Jurnal Pendidikan Sosiologi, 6(1), 509–520.
Laily, E. K., & Gunansyah, G. (2018). Penggunaan Media Big Book Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas V SDN Rangkah 1 Surabaya. JPGSD, 6(10), 1801–1810.
Lismawati. (2023). Pengaruh Media Video Animasi Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Siswa Kelas IV Pada PEmbelajaran Tematik Di MIN 27 Aceh Besar. Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Nurhayati, N., Huda, N., & Suratno, S. (2020). Analisis Pemecahan Masalah Berdasarkan Teori Pemrosesan Informasi. Jurnal Ilmiah Dikdaya, 10(2), 136.
Rehalat, A. (2014). Model Pembelajaran Pemrosesan Informasi. Jurnal Pendidikan Ilmu Sosial, 23(2), 1.
Rosliyana, R. (2020). Pengaruh Penerapan Media Pembelajaran Puzzle Picture Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Pada Materi Sistem Pencernaan Manusia Di SMPN 2 Way Seputih. Universitas Islam Negeri Raden Intan Lampung.
Nurfadhillah, M. P. (2021). Media Pembelajaran. Sukabumi: CV Jejak.
Siyoto, S., & Sodik, M. A. (2015). Dasar Metodologi Penelitian. Jakarta: Literasi Media Publishing.
Sugiyono, S. (2009). Metode Penelitian Pendidikan Pendekaan Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Trisnawati, W. W., & Sari, A. K. (2019). Integrasi Keterampilan Abad 21 Dalam Modul Sociolinguistics: Keterampilan 4C (Collaboration, Communication, Critical Thinking, Dan Creativity). Jurnal Muara Pendidikan, 4(2), 455–466.
Tsurayya, N. A., & Sukmawati, F. (2023). Pemanfaatan Media Interaktif Berbasis Baamboozle pada Pembelajaran Bahasa Indonesia. Jurnal Bahasa, Sastra, Pembelajarannya, 6(2), 81-88.
Copyright (c) 2025 Nurul Alfida & Eka Asih Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.