Pengembangan Komik Digital Flipbook dengan Pendekatan Experiential Learning pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XII F4 SMA Negeri 15 Padang

  • Yeni Anggraini Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Experiental Learning, Flipbook, Komik Digital, Media Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui validasi/kelayakan media pembelajaran komik digital flipbook dengan pendekatan experiential learning dalam upaya meningkatkan kemampuan berpikir kritis pada siswa kelas XII SMA Negeri 15 Padang, mengetahui kepraktisan media komik digital flipbook, dan mengetahui efektivitas media pembelajaran komik digital flipbook. Metode penelitian yang digunakan adalah metode pengembangan (R&D) dengan model ADDIE (analysis, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data yaitu berupa angket validasi ahli materi, ahli media, dan ahli bahasa. Penelitian ini menghasilkan sebuah produk media pembelajaran berupa komik digital flipbook dengan pendekatan experiential learning yang dapat diimplementasikan di kelas. Pengembangan media komik digital flipbook pada materi perubahan sosial di kelas XII. Hasil penelitian menunjukan bahwa media pembelajaran komik digital flipbook dinyatakan sangat valid oleh ahli materi, ahli media dan ahli bahasa; sangat praktis oleh guru dan peserta didik; dan sangat efektif dalam meningkatkan kemampuan berpikir kritis sisw dilihat dari perbedaan kemampuan berpikir kritis siswa kelas XII F4 sebelum diberi perlakukan (pretest) dan setelah perlakuan (posttest).

References

Anton, & Trisoni, R. (2022). Konstribusi Keterampilan 4c Terhadap Projek Penguatan Propil Pelajar Pancasila pada Kurikulum Merdeka. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 2(3), 528–535. https://doi.org/10.47709/educendikia.v2i3.1895

Dewi, I. R. W. A. (2022). Media Digital dalam Memberdayakan Kemampuan Berpikir Kritis Abad 21 pada Pembelajaran IPA di Sekolah Dasar. Basicedu, 6, 1064–1074. https://doi.org/https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i1.2124

Eka, H. F., Oktaviana, D., & Haryadi, R. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Video Animasi Menggunakan Software Powtoon terhadap Kemampuan Berpikir Kritis pada Materi Sistem Persamaan Linier Dua Variabel. JagoMIPA: Jurnal Pendidikan Matematika Dan IPA, 2(1), 1–13. https://doi.org/10.53299/jagomipa.v2i1.136

Febliza, A., & Afdal, Z. (2015). Media Pembelajaran dan Teknologi Informasi Komunikasi (1st ed.). Jakarta: Adefa Grafika.

Fransiska, K. A. W., Suarni, N. K., & Margunayasa, I. G. (2024). Perkembangan Kognitif Siswa pada Penggunaan Media Pembelajaran Digital Ditinjau dari Teori Jean Piaget: Kajian Literatur Sistematis. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 9(2), 466–471. https://doi.org/10.51169/ideguru.v9i2.839

Hakim, A. F. (2018). Pengembangan komik digital sebagai media pembelajaran alat-alat pembayaran internasional. Jurnal Pendidikan Dan Ekonomi, 7(3), 204–212.

Hamzah, A. (2019). Metode Penelitian & Pengembangan (Research & Development) Uji Produk Kuantitatif dan Kualitatif Proses dan Hasil Dilengkapi Contoh Proposal Pengembangan Desain Uji Kualitatif dan Kuantitatif. Jakarta: Literasi Nusantara.

Hendi, A., Caswita, C., & Haenilah, E. Y. (2020). Pengembangan Media Pembelajaran Interaktif Berbasis Strategi Metakognitif untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kritis siswa. Jurnal Cendekia : Jurnal Pendidikan Matematika, 4(2), 823–834. https://doi.org/10.31004/cendekia.v4i2.310

Indrastoeti, J., & Mahfud, H. (2015). Pembelajaran Kooperatif Dengan Pendekatan Experiental Learning Untuk Meningkatkan Keterampilan Sosial. Mimbar Sekolah Dasar, 2(2), 140–151. https://doi.org/10.17509/mimbar-sd.v2i2.1325

Kolb, D. A. (2015). Experiential Learning (Experiential as the Source of Learning and Development) (A. Neidlinger (ed.); second). London: Pearson Education.

Kurnia, N., & Altaftazani, D. (2021). Pembelajaran Menulis Karangan Narasi Sederhana Pada Siswa Sd Kelas V Dengan Menggunakan Pendekatan Experiental Learning Berbantuan Media Gambar Seri. Journal of Elementary Education, 04(1), 65–72.

Nurhadi, N. (2020). Teori kognitivisme serta aplikasinya dalam pembelajaran. Edisi, 2(1), 77-95.

Parera, R. (2021). Pengembangan Media Komik Berbasis Digital Untuk Meningkatkan Perkembangan Moral Pada Peserta Didik Kelas IV SD/MI (Issue 465). Universitas Raden Intan Lampung.

Sukmanasa, E., Windiyani, T., & Novita, L. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Pada Kelas V Sekolah Dasar di Kota Bogor. Jurnal Pendidikan Sekolah Dasar (JPSD), 3(2), 171–185.

Syahara, S., & Komaini, A. (2018). Peningkatan Keterampilan Motorik Anak Kepulauan Mentawai Dengan Pendekatan Experiental Learning. Jurnal Stamina, 1(1), 503–511.

Syahmi, F. A., Ulfa, S., & Susilaningsih. (2022). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Berbasis Smartphone Untuk Siswa Sekolah Dasar. JKTP: Jurnal Kajian Teknologi Pendidikan, 5(1), 81–90. https://doi.org/10.17977/um038v5i12022p081

Tegeh, M., Jampel, N., & Pudjawan, K. (2014). Model Penelitian Pengembangan (1st ed.). Graha Ilmu.

Yunia, N. (2017). Pengembangan Media Pembelajaran Komik Digital Biologi. Iain Lampung, 87(1,2), 149–200.

Published
2025-03-06
How to Cite
Anggraini, Y., & Fernandes, R. (2025). Pengembangan Komik Digital Flipbook dengan Pendekatan Experiential Learning pada Mata Pelajaran Sosiologi di Kelas XII F4 SMA Negeri 15 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 100-111. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.292