Pengetahuan dan Pemanfaatan Chat GPT di Kalangan Mahasiswa (Studi Kasus: Mahasiswa Departemen Sosiologi Universitas Negeri Padang)
Abstract
Chat GPT adalah salah satu bentuk kecerdasan buatan yang semakin populer dan digunakan di berbagai bidang, termasuk pendidikan. Penelitian ini menganalisis perilaku pemanfaatan Chat GPT di kalangan mahasiswa Departemen Sosiologi di Universitas Negeri Padang. Dengan menggunakan metode survei, data dikumpulkan untuk memahami sejauh mana mahasiswa menggunakan Chat GPT dan tujuan penggunaannya. Selanjutnya, data akan dianalisis melalui beberapa tahap, yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa mayoritas mahasiswa memiliki pengetahuan tentang Chat GPT dan menggunakannya dalam berbagai konteks, termasuk dalam tugas akademis, komunikasi interpersonal, dan hiburan. Temuan juga menggambarkan pola perilaku penggunaan yang beragam, dengan sebagian besar responden menggunakan Chat GPT sebagai sumber informasi tambahan dan alat bantu dalam menyelesaikan tugas-tugas mereka. Implikasi sosial dari temuan ini diperdebatkan dalam konteks evolusi teknologi komunikasi dan dampaknya terhadap cara mahasiswa memperoleh, memproses, dan berbagi informasi. Penelitian ini mengkaji pentingnya memahami bagaimana mahasiswa mengadopsi dan berinteraksi dengan teknologi bahasa baru seperti Chat GPT, dengan potensi implikasi bagi pendidikan, interaksi sosial, dan perkembangan teknologi lebih lanjut di masa mendatang
References
Bahrun, S., Alifah, S., & Mulyono, S. (2017). Rancang Bangun Sistem Informasi Survey Pemasaran dan Penjualan Berbasis Web. Jurnal Transistor Elektro dan Informatika, 2(2), 81–88.
Bethea, A., & Samanta, D. (2019). Peran Artificial Intelligence (Ai) Untuk Mendukung Pembelajaran Di Masa Pandemi Covid-19. Critical Care Medicine, 47(1), 508. https://doi.org/10.1097/01.ccm.0000551807.92236.e2
Creswell, J. W. (2016). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung:: Alfabeta, 3(2), 253–263.
Dasian, S. I., & Rahayu. (2024). Penerimaan Teknologi ChatGPT Di Kalangan Mahasiswa: Studi Deskriptif Model TAM Pada Mahasiswa Program Studi Teknik Informatika Universitas Negeri Padang. Journal of Student Research (JSR), 2(2), 178–201. https://doi.org/10.55606/jsr.v2i2.2847
Eriana, E. S., & Zein, A. (2023). Artificial Intelligence (AI). 24–32.
Fitri Sholikhah, A., Widowati, A., & Setiyo Wibowo, W. (2017). Pengembangan Virtual Laboratory Ipa Berpendekatan Inkuiri Terbimbing Materi Transportasi Air Pada Tumbuhan Untuk Meningkatkan Kemampuan Analisis Peserta Didik Kelas Viii Smp Development of Virtual Science Laboratory Using Guided Inquiry Approach Focusing. 1, 1–6.
Ghufroni An, M., Hendrastuty, N., & Ade Dwi Putra, dan. (2023). Perancangan Teks Promosi UMKM Sikop Arrum Batik Menggunakan Program Berbasis AI ChatGPT. 4(1). https://doi.org/10.23960/jpkmt.v4i1.109
Hidayanti, W., & Azmiyanti, R. (2023). Dampak Penggunaan Chat GPT pada Kompetensi Mahasiswa Akuntansi. Seminar Nasional Akuntansi dan Call for Paper, 3(1), 83–91.
https://senapan.upnjatim.ac.id/index.php/senapan/article/view/288
Kusumaningtyas, P., Arrumi, A. P., & Keren Tiurma Eunike, dan S. (2023). Efektivitas Pemanfaatan Chat GPT dalam Tugas Esai Mahasiswa Ilmu Komunikasi Universitas Negeri Surabaya. Prosiding Seminar Nasional, 158–165.
Mairisiska, T., & Qadariah, N. (2023). Persepsi Mahasiswa Ftik Iain Kerinci Terhadap Penggunaan Chatgpt Untuk Mendukung Pembelajaran Di Era Digital. Jurnal Teknologi Pembelajaran Indonesia, 13, 1–10.
Maulana, M. J., & Darmawan, C. (2023). Penggunaan chatgpt dalam pendidikan berdasarkan perspektif etika akademik. 10(01), 58–66.
Notoadmodjo, S. (2012). Promosi Kesehatan & Prilaku Kesehatan. In Jakarta: EGC.
Nugrahini, N. (2014). Layanan Referensi dan Promosi Koleksi Referensi. ABA Journal, 2(2), 129–138.
Salmi, J., Setiyanti, A. A., Satya Wacana, K., Universitas, D., Satya, K., & Abstract, W. (2023). Persepsi Mahasiswa Terhadap Penggunaan Chatgpt di Era Pendidikan 4.0. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 9(19), 399–406. https://doi.org/10.5281/zenodo.8403233
Satriawan, D. A. (2022). Peran Guru Akidah Akhlak Dalam Pembentukan Akhlak Mulia Siswa MTs AL-Fajar Kandat Kediri.
Setiawan, A., & Luthfiyani, U. K. (2023). Penggunaan ChatGPT Untuk Pendidikan di Era Education 4.0: Usulan Inovasi Meningkatkan Keterampilan Menulis. JURNAL PETISI (Pendidikan Teknologi Informasi), 4(1), 49–58. https://doi.org/10.36232/jurnalpetisi.v4i1.3680
Sholihatin, E., Saka, A. D. P., Andhika, D. R., Ardana, A. P. S., Yusaga, C. I., Fajar, R. I., & Virgano, B. A. (2023). Pemanfaatan Teknologi Chat GPT dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia di Era Digital pada Mahasiswa Universitas Pembangunan Nasional Veteran Jawa Timur. Jurnal Tuah Pendidikan dan Pengajaran Bahasa, 5(1), 1–10.
Sufendi, S., & Kamal, R. (2023). Pentingnya Etika Pemanfaatan Chat Gpt Pada Penyusunan Karya Tulis Mahasiswa. Edukatif : Jurnal Ilmu Pendidikan, 5(6), 2728–2734. https://doi.org/10.31004/edukatif.v5i6.6013
Trialdi, L., & Kusumastuti, R. D. (2023). ChatGPT : ChatGPT : Tantangan.
Yasuda, R., & Augustine, G. J. (2008). Teknologi Informasi dan Komunikasi Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Aktif. Brain Cell Biology, 36(1–4), 1–2. https://doi.org/10.1007/s11068-008-9037-4
Copyright (c) 2024 Oki Fitrian Rizki & Reno Fernandes
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.