Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva for Education

  • Anisa Nur Hasanah Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Canva, Komik, Media pembelajaran

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk (1) Untuk menghasilkan pengembangan media pembelajaran komik berbasis canva for education, (2) untuk mengetahui validitas/kelayakan media komik berbasis canva for education pada mata pelajaran sosiologi KD 3.2, (3) untuk mengetahui kpepraktisan media pembelajaran komik berbasis canva for education. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian pengembangan (R&D) dengan menggunakan model ADDIE (analyze, design, development, implementation, evaluation). Teknik pengumpulan data menggunakan instrument penelitian berupa angket penelitian untuk uji validasi/kelayakan dan uji kepraktisan media pembelajaran, serta soal pre-test dan post-test untuk uji efektivitas. Penelitian ini menghasilkan produk berupa media pembelajaran komik yang dapat diterapkan di dalam kelas. Pengembangan media pembelajaran komik berbasis canva for education menggunakan KD 3.2. Hasil validitas media yang diperoleh dari ahli media, yaitu 77,6% dengan kategori layak. Hasil yang diperoleh dari ahli materi, yaitu 85,3% dengan kategori layak. Hasil kepraktisan komik oleh guru, yaitu 98,4% dengan kategori sangat praktis. Hasil yang diperoleh dari kepraktisan peserta didik adalah 80,75% dengan katerogori praktis. Dapat disimpulkan bahwa media pembelajaran komik berbasis canva for education sangat praktis. Hasil efektivitas media pembelajaran komik memperoleh nilai rata-rata pre-test 51,09 dan nilai rata-rata post-test 75,94 terdapat peningkatan hasil belajar sosiologi khususnya pada materi masalah sosial di kelas XI-IPS 3 SMA Negeri 12 Padang.

References

Alfinandika Rizanta, G., Arsanti Pemanfaatan Aplikasi Canva, M., Studi Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia Fakultas Pendidikan Bahasa dan Seni, P., PGRI Bojonegoro, I., & Arsanti, M. (n.d.). Prosiding Senada (Seminar Nasional Daring) Pemanfaatan Aplikasi Canva sebagai Media Pembelajaran Masa Kini.
Audie, N. (2019). Peran Media Pembelajaran Meningkatkan Hasil Belajar Peserta Didik. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan FKIP, 2(1), 589–590.
Hamzah, A. (2022). Metode Penelitian & Pengembangan.
Maharani, N. A., & Fernandes, R. (2022). Urgensi Media E-Comic dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Pembelajaran, 4(1), 47–54. https://doi.org/10.24036/sikola.v4i1.198
Mutmainah, E., Poerwanti, D., Pratiwi, H., & Si, M. (n.d.). IMPLEMENTASI PEMBELAJARAN SOSIOLOGI DALAM KONTEKS KURIKULUM 2013 IMPLEMENTATION OF SOCIOLOGY LEARNING ON THE CONTEXT OF 2013 CURRICULUM.
Nur Mazidah Nafala. (2022). Implementasi Media Komik Dalam Pembelajaran Untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa. Al-Fikru : Jurnal Pendidikan Dan Sains, 3(1), 114–130. https://doi.org/10.55210/al-fikru.v3i1.571
Rahmatullah, Inanna, & andi tenri ampa. (2020). Media Pembelajaran Audio Visual Berbasis Aplikasi Canva. 12(2), 317–327.
Syamsuar, & Reflianto. (2018). Pendidikan dan Tantangan Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi di Era Revolusi Industri 4.0. Jurnal Ilmiah Teknologi Pendidikan, 6(2), 1–13.
Published
2024-02-16
How to Cite
Hasanah, A. N., & Fernandes, R. (2024). Kepraktisan Media Pembelajaran Komik Berbasis Canva for Education. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 14-27. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.191