Pengendalian Sekolah Terhadap Siswa Yang Berperilaku Bolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok

  • Irma Suryani Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: MAN 2 Solok, Pengendalian sekolah, Perilaku bolos

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh rendahnya keaktifan siswa dalam proses pembelajaran di Penelitian ini menarik dilakukan karena adanya pengendalian sekolah terhadap siswa yang berperilaku bolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok. Adapun tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana pengendalian sekolah terhadap siswa yang berperilaku bolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok. Penelitian ini dianalisis dengan teori yang dikemukakan oleh Travis Hirschi tentang kontrol sosial. Dengan menggunakan teori ini kita dapat memahami ada empat fungsi untuk mengendalikan individu yaitu attachment atau kasih sayang, commitment atau tanggung jawab, inveloment atau keterlibatan, believe atau kepercayaan. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini mennggunakan purposive sampling. Informan dalam penelitian ini berjumlah 15 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil kesiswaan, wali kelas, guru mata pelajaran, guru BK, satpam, dan siswa yang sering membolos. Pengumpulan data dilakukan dengan teknik observasi, wawancara dan dokumentasi serta analis data dengan model interaktif yang dikemukakan oleh Miles dan Huberman dengan langkah-langkah yaitu mereduksi data, mendisplay data dan penarikan kesimpulan akhir. Hasil penelitian pada penelitian menunjukkan bahwa pengendalian sekolah terhadap siwa yang bolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok adalah adanya pengendalian preventif seperti sosialisasi aturan sekolah dan memberikan nasehat. Selanjutnya pengendalian represif seperti sekolah memberikan teguran, memanggil orang tua, bimbingan konseling, membuat surat perjanjian, skorsing, dan dikeluarkan dari sekolah.

References

Damayanti, F. A., & Setiawati, D. (2013). Studi tentang perilaku membolos pada siswa sma swasta di surabaya. Jurnal BK UNESA, 03(01), 454–461.
Faisal, M. (n.d.). Pengendalian Sosial Terhadap Pelanggaran Tata Tertib ( Studi Perilaku Merokok Pada Siswa Smp Negeri 4 Pontianak ). Jurnal.Untan.Ac.Id, 1–16. https://jurnal.untan.ac.id/index.php/jpdpb/article/view/17027
Harianto, M. (2016). “Pengaruh Konseling Kelompok Terhadap Penanganan Siswa Membolos Pada Kelas VIII Di MTs. Nurul Huda Sedati Sidoarjo. 1, 1–14.
Kusuma, A. D. I., & Daien, A. (1973). Pengantar ilmu pendidikan. Surabaya: Usaha Nasional.
Sugiyono. (2020). Metode Penelitian Kualitatif untuk penelitian yang bersifat: eskploratif, enterpretif, interaktif dan konstruktif (Suryandari (ed.)). CV. ALFABETA.
Published
2023-11-30
How to Cite
Suryani, I., & Nora, D. (2023). Pengendalian Sekolah Terhadap Siswa Yang Berperilaku Bolos di Madrasah Aliyah Negeri 2 Solok. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(4), 302-311. https://doi.org/10.24036/nara.v2i4.162