Dampak Pelaksanaan Kurikulum Merdeka Bagi Guru (Studi Kasus: SMA Negeri 1 Rambatan)
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui dampak pelaksanaan kurikulum merdeka bagi guru di SMA Negeri 1 Rambatan. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik analisa data penelitian ini melalui proses pengumpulan data, reduksi data, penyajian data kemudian menarik kesimpulan. Untuk menentukan informan teknik pemilihan informan yang digunakan yaitu teknik puposive sampling. Untuk menganalisa permasalahan penelitian ini teori yang digunakan adalah teori Struktural Fungsional AGIL Talcot Parsons. Hasil penelitian ini adalah dampak dari pelaksanaan kurikulum merdeka bagi guru dengan adanya kebebasan atau fleksibelitas bagi guru menunjukkan bahwa kebebasan dan fleksibelitas yang diberikan oleh kurikulum merdeka telah memberdayakan guru untuk lebih kreatif dan inovatif dalam merancang pembelajaran yang kreatif bagi peserta didik. Namun, hal ini juga membawa tantangan baru dalam hal penilaian yang autentik dan sesuai dengan karaktertistik pembelajaran yang lebih fleksibel. Penelitian ini juga melihat bahwa guru membutuhkan dukungan dalam bentuk pelatihan dan pengembangan profesional yang berfokus pada penilaian alternatif.
References
Adventyana, B. D., Nur, E., Asdiniah, A., Afriliani, M., & Fadia, S. (2024). Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Merdeka di Sekolah Dasar Bagi Guru dan Peserta Didik. Journal on Education, 6(02), 11818-11826.
Ahmad, H., & Yusuf, N. W. (2023). Dampak Kebijakan Kurikulum Merdeka Terhadap Kesiapan Mengajar Guru di SMA Negeri 5 Kupang. Jurnal Ilmu Pendidikan (JIP), 8(2), 15-22.
Akbar, A. (2021). Pentingnya Kompetensi Pedagogik Guru. JPG: Jurnal Pendidikan Guru, 2(1), 23. https://doi.org/10.32832/jpg.v2i1.4099
Anggraena, Y. (2024). Panduan Pembelajaran dan Asesmen Pendidikan Anak Usia Dini, Pendidikan Dasar, dan Menengah. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Ansyar, M. (2015). Kurikulum: Hakikat, Fondasi, Desain dan Pengembangan. Jakarta: Kencana.
Aprianti, A. & Maulia, S.T. (2023). Kebijakan Pendidikan: Dampak Kebijakan Perubahan Kurikulum Pendidikan Bagi Guru Dan Peserta Didik. Jurnal Pendidikan dan Sastra Inggris, 3(1), 181–190. https://doi.org/10.55606/jupensi.v3i1.1507
Ardiyanti, Y., & Amalia. (2022). Kurikulum Merdeka: Pemaknaan Merdeka dalam Perencanaan Pembelajaran di Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 6(3), 399-407
Handayani, A. S., Nurlisa, K., & Mustafiyanti, M. (2023). Efektivitas dan Peran Guru Dalam Kurikulum Merdeka Belajar. Perspektif: Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Bahasa, 1(4), 319-330. https://doi.org/10.59059/perspektif.v1i4.766
Hastasasi, W. (2024). Panduan Pengembangan Kurikulum Satuan Pendidikan Edisi Revisi. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan (BSKAP) Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Irsyad, Z. (2024). Implementasi Kurikulum Merdeka dan Peningkatan Kemampuan Literasi dan Numerasi Peserta Didik. Jakarta: Pusat Standar dan Kebijakan Pendidikan Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Nahdi, D. S., & Jatisunda, M. G. (2020). Analisis Literasi Digital Calon Guru SD Dalam Pembelajaran Berbasis Virtual Classroom di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Cakrawala Pendas, 6(2). https://doi.org/10.31949/jcp.v6i2.2133
Nurgiyantoro, B. (2008). Dasar-dasar Pengembangan Kurikulum Sekolah. Jakarta: BPFE.
Prihatini, A., & Sugiarti. (2022). Citra Kurikulum Baru: Kesiapan Guru dalam Menerapkan Kurikulum Merdeka. Ghancaran: Jurnal Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia, 58–70. https://doi.org/10.19105/ghancaran.vi.7447
Rahayu, R., Rosita, R., Rahayuningsih, Y. S., Hernawan, A. H., & Prihantini, P. (2022). Implementasi kurikulum merdeka belajar di sekolah penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313-6319.
Ritzer, G. (2012). Teori Sosiologi: Dari Sosiologi Klasik sampai Perkembangan Terakhir Postmodern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Hattarina, S., Saila, N., Faradilla, A., Putri, D. R., & Putri, R. G. A. (2022, August). Implementasi Kurikulum Medeka Belajar Di Lembaga Pendidikan. Seminar Nasional Sosial, Sains, Pendidikan, Humaniora (SENASSDRA) (Vol. 1, No. 1, pp. 181-192).
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Yanti, S. D., & Sylvia, I. (2023). Strategi Sekolah dalam Meningkatkan Mutu Pembelajaran di SMAS Adabiah Padang dan SMAS Adabiah 2 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(2), 167–175. https://doi.org/10.24036/nara.v2i2.131
Copyright (c) 2025 Vania Putri & Ike Sylvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.