Strategi Adaptasi Guru Muslim di Sekolah Katolik (Studi Kasus: Yayasan Prayoga Padang)

  • Sari Maria Fernanda Universitas Negri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Adaptasi, Guru Muslim, Pembelajaran, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana strategi adaptasi guru yang beragama muslim di sekolah yang mayoritas beragama katolik. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Katolik Xaverius Padang dan SMA Don Bosco Padang. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan teori Strucktural Fungsional dengan skema AGIL yang dikemukan Talcott Parsons. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe penelitian studi kasus. Pemilihan informan dilakukan secara purposive sampling dengan jumlah informan 19 orang. Pengumpulan data dilakukan dengan cara observasi, studi dokumentasi dan wawancara mendalam. Keabsahan data dilakukan dengan teknik triangulasi data. Analisis data yang dilakukan adalah model Interaktif Miles dan Huberman. Hasil penelitian dari strategi adaptasi guru muslim di sekolah katolik adalah bagaimana guru muslim beradaptasi dengan rekan guru yang beragama lain dimana dalam beradaptasi dengan rekan guru yang berbeda keyakinan guru yang bearagama katolik terbuka terhadap guru yang beragama muslim meskipun guru beragama muslim merupakan minoritas di sekolah tetapi hal tersebut bukan menjadi masalah bagi guru yang beragama non muslim, justru para guru tersebut menjunjung toleransi yang tinggi. Kedua peduli terhadap sesama dimana seperti saat sholat guru muslim melakukan sholat di perpustakaan dan guru yang beragama non muslim pun menghargai dengan tidak ribut dan mengganggu guru yang sedang sholat, begitu juga sebaliknya saat guru yang beragama katolik melakukan pembiasaan atau doa angelus jam 12.00 WIB guru yang beragama muslim pun menghargai. Ketiga adalah keterlibatan dalam kegiatan di sekolah.

References

Buku
Published
2024-09-13
How to Cite
Fernanda, S. M., & Nora, D. (2024). Strategi Adaptasi Guru Muslim di Sekolah Katolik (Studi Kasus: Yayasan Prayoga Padang). Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 247-255. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.192