Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Permainan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Salimpaung

  • Nabila Khairiyah Damhuri Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar Sosiologi, Model Pembelajaran, Two Stay Two Stray, Wordwall

Abstract

Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya hasil belajar peserta didik dalam proses pembelajaran. Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan hasil belajar siswa menggunakan model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan permainan wordwall. Jenis penelitian yang digunakan adalah penelitian tindakan kelas oleh Kemmis & Mc Taggart. Penelitian ini menggunakan teori konstrutivisme Jean Piagent. Subjek penelitiannya adalah siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung Tanah Datar pada tahun ajar 2023/2024 dengan jumlah 33 siswa. Penelitian ini dirancang dalam 2 siklus yang tiap siklusnya terdiri dari 2 kali pertemuan. Tiap siklus terdiri dari: (1) Perencanaan, (2) Pelaksanaan, (3) Pengamatan, (4) Refleksi. Teknik analisis data yang digunakan adalah dengan membandingkan presentase ketuntasan belajar dalam penerapan model pembelajaran langsung dengan bantuan aplikasi Wordwall. Instrument penelitian yang menggunakan kisi kisi soal test hasil belajar. Berdasarkan hasil tes pada siklus I pertemuan pertama dengan rata rata hasil belajar dengan persentase 33,3% dan pada pertemuan 2 hasil belajar siswa mengalami peningkatan dengan rata rata persentase 48,3%. Pada siklus II pertemuan pertama hasil belajar siswa dengan rata rata persentase 75,8%, dan meningkat pada pertemuan kedua dengan rata rata 78,8%. Adapun selisih rata rata peningkatan persentase dari siklus I dan siklus II sebesar 45,5%. Rata-rata pada siklus I dari 33,3% menjadi 78,8% pada siklus II. Sehingga dapat disimpulkan bahwa dengan diterapkannya model pembelajaran Two Stay Two Stray dengan permainan Wordwall pada Pelajaran sosiologi dapat meningkatkan hasil belajar siswa kelas XE.1 SMAN 1 Salimpaung, Tanah Datar.

References

Ana Dkk. (2021). Pengaruh Penggunaan Model Two Stay Two Stray Terhadap Kemampuan Menganalisis Unsur Intrinsik Cerita Di Sekolah Dasar. Jurnalbasicedu, 5(5), 3179–3185.
Andriani, R., & Rasto, R. (2019). Motivasi Belajar Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 4(1), 80.
Ani Widayati, 2018. (2008). Penelitian Tindakan Kelas. Jurnal Pendidikan Akuntansi Indonesia Vol. Vi No. 1 – Tahun 2008 Hal. 87 - 93 Penelitian, Vi(1), 87–93.
Anisya, K. (2022). Penerapan Model Two Stay Two Stray Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fikih Kelas Vii Mts Muhammadiyah 2 Jenangan Tahun Ajaran 2021/2022.
Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.
Arimbawa, I. G. P. A. (2021). Penerapan Word Wall Game Quis Berpadukan Classroom Untuk Meningkatkan Motivasi Dan Prestasi Belajar Biologi. Indonesian Journal Of Educational Development, 2(2), 324–332.
Aziz, Y. I. (2020). Penerapan Model Two Stay Two Stray Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Aqidah Akhlak Siswa Kelas Vii- 1 Pada Materi Adab Terhadap Orang Tua Dan Guru Mtsn 7 Aceh Besar. 21(1), 1–9.
Dr.Hj.Herliani, M. P. Et Al. (2008). Teori Belajar Dan Pembelajaran.
Friskilia, O., & Winata, H. (2018). Regulasi Diri (Pengaturan Diri) Sebagai Determinan Hasil Belajar Siswa Sekolah Menengah Kejuruan. Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 184.
Huda Miftahul, M. P. (2018). Model - Model Pengajaran Dan Pembelajaran (F. Achmad (Ed.); Qudsy Saif). Pustaka Belajar.
Husna, A. N. (2017). Penerapan Media Pop-Up Book Guna Meningkatkan Hasil Belajar Ipa Pada Siswa Kelas Iv Sdn Balekerto Kaliangkrik Skripsi. 1–94.
Published
2024-11-07
How to Cite
Damhuri, N. K., & Junaidi, J. (2024). Penerapan Model Pembelajaran Two Stay Two Stray dengan Permainan Wordwall dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Pelajaran Sosiologi Kelas X SMAN 1 Salimpaung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(4), 358-365. https://doi.org/10.24036/nara.v3i4.228