Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar

  • Gita Putri Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Moving Class, Penerapan, Sistem Pembelajaran

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh sistem pembelajaran moving class yang baru diterapkan di SMAN 1 Pariangan pada tahun ajaran 2023/2024. Terdapat beberapa strategi penerapan sistem moving class yang harus dilakukan sekolah. Permasalahan yang diangkat dalam penelitian ini yaitu: bagaimana penerapan sistem pembelajaran moving class di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Tujuan penelitian disini yaitu untuk mengetahui penerapan sistem pembelajaran moving class di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, kriteria dalam penelitian ini sudah diketahui oleh peneliti dengan pertimbangan informan yaitu anggota masyarakat SMAN 1 Pariangan yang paling mengetahui tentang masalah yang akan diteliti oleh peneliti dengan jumlah informan 10 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara tatap muka dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi data. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan sistem pembelajaran moving class yang dilakukan belum sepenuhnya sesuai dengan strategi penerapan yang ada. Diantaranya guru belum memberikan kebebasan siswa memilih tempat duduk, waktu bel perpindahan yang belum sesuai, perpustakaan referensi belajar dikelas yang belum ada, serta sekolah belum melaksanakan remedial dan pengayaan secara kolaboran atau team teching. Sehingga penerapan sistem pembelajaran moving class menjadi masih belum efektif karena belum memenuhi beberapa strategi dari penerapan moving class tersebut.

References

Bella, M., Oviyanti, F., & Fauzi, M. (2019). Penerapan Model Moving Class Terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai. Jurnal PAI Raden Fatah, 1(3), 310–327. https://doi.org/10.19109/pairf.v1i3.3458

Fauzi, A. (2022). Implementasi kurikulum Merdeka di sekolah penggerak (Studi kasus pada SMAN 1 Pengaron Kabupaten Banjar). Jurnal Pahlawan, 18(2), 18–22.

Hotimah, S. K.. (2023). Penerapan SIstem Pembelajaran Moving Class. Universitas Pendidikan Indonesia.

Kemendikbudristek. (2022). Panduan Pemilihan Mata Pelajaran Pilihan. http://kurikulum.kemdikbud.go.id.

Moleong, L. J. (2009). Metodologi Penelitian Kualitatif. In Metodologi Penelitian Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Nurdin, I., & Hartati, S. (2019). Metodologi Penelitian Sosial. Surabaya: Media Sahabat Cendekia.

Rahman, B. P., Munandar, S. A., Fitriani, A., Karlina, Y., & Yumriani, Y. (2022). Pengertian pendidikan, ilmu pendidikan dan unsur-unsur pendidikan. Al-Urwatul Wutsqa: Kajian Pendidikan Islam, 2(1), 1-8.

Rahman, S. A., Permata, B. D., & Wita, G. (2024). Efektivitas Implementasi Moving Class Pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 4 Bukittinggi. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 13(3), 2801-2814.

Riandi, & Rizdki, G. E. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Moving Class Terhadap Efektifitas Belajar Siswa. MENDIDIK: Jurnal Kajian Pendidikan fan Pengajaran, 4(2), 146–150. https://doi.org/10.30653/003.201842.55

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Saleh, S. (2022). Analisis Data Kualitatif. Bandung: Pustaka Ramadhan.

Wulansari, S., Manda, D., & Torro, S. (2024). Moving Class: Eksplorasi Penerapan Kurikulum Merdeka dalam Pembelajaran Sosiologi di SMAN 4 Makassar. Jurnal Ilmiah Akademik (PUJIA), 12(2), 260–273

Published
2025-03-06
How to Cite
Putri, G., & Nurlizawati, N. (2025). Penerapan Sistem Pembelajaran Moving Class di SMAN 1 Pariangan Kabupaten Tanah Datar. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 33-43. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.258