Adaptasi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kelas X di SMA Negeri 3 Padang Panjang

  • Nadya Mardatillah SD Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Penerapan, Pembelajaran berdiferensiasi, Sosiologi.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis bagaimana adaptasi guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. SMA Negeri 3 Padang Panjang sudah melakukan beberapa kesiapan untuk beradaptasi dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi. Dalam pelaksanaannya masih belum efektif dilakukan, hal ini disebabkan karena beban administrasi sekolah, media pembelajaran guru belum bervariasi, kebutuhan belajar peserta didik belum maksimal karena karakteristik yang berbeda-beda, dan penerapan modul ajar pembelajaran berdiferensiasi belum maksimal. Penelitian ini dianalisis dengan menggunakan Teori Struktural Fungsional dari Talcott Persons dengan skema AGIL. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 3 Padang Panjang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dengan purposive sampling, dengan jumlah informan 13 orang. Pengumpulan data dengan observasi, wawancara dan dokumentasi. Adapun analisis data yang digunakan untuk menganalisis hasil temuan peneliti menggunakan model interaktif dari Miles dan Huberman. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adaptasi guru dalam penerapan pembelajaran berdiferensiasi kelas X di SMA Negeri 3 Padang Panjang dilakukan dalam bentuk peningkatan kompetensi guru melalui pelatihan, merancang media pembelajaran yang adaptif, dan peran guru penggerak dalam komunitas belajar.

References

Ambarita, J. & Simanullang, P. S. (2023). Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Indramayu: CV Adanu Abimata.

Andajani, K. (2022). Modul Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Dirjen Pendidikan Profesi Guru.

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia: Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Denzin, N. K., & Lincoln, Y. S. (2009). Handbook of Qualitative Research. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Fitriyah, F., & Bisri, M. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi Berdasarkan Keragaman dan Keunikan Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Review Pendidikan Dasar: Jurnal Kajian Pendidikan dan Hasil Penelitian, 9(2), 67–73. https://doi.org/10.26740/jrpd.v9n2.p67-73

Herwina, W. (2021). Optimalisasi Kebutuhan Murid dan Hasil Belajar dengan Pembelajaran Berdiferensiasi. Perspektif Ilmu Pendidikan, 35(2), 175–182. https://doi.org/10.21009/pip.352.10

Huberman A.M & Miles, M. (1992). Analisis Data Kualitatif : Buku Sumber Tentang Metode-Metode Baru. Jakarta: Universitas Indonesia.

Idamayanti, R., Nurhidayah, N. & Ashar, A. (2022). Penyusunan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran Berdiferensiasi di SMP Negeri 4 Pangkajene di Kabupaten Pangkajene dan KepulauanKepulauan. Seminar Nasional Paedagoria.

Kartika, S., Husni, H., & Millah, S. (2019). Pengaruh Kualitas Sarana dan Prasarana terhadap Minat Belajar Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 7(1), 113. https://doi.org/10.36667/jppi.v7i1.360

Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: UNP.

Mulyasa, H. E. (2021). Menjadi Guru Penggerak Merdeka Belajar. Jakarta: PT Bumi Aksara.

Rafiska, R., & Susanti, R. (2023). Analisis Profil Gaya Belajar Peserta Didik Sebagai Data Pembelajaran Berdiferensiasi Di Kelas Xii Sma Negeri 1 Palembang. Research and Development Journal of Education, 9(1), 474. https://doi.org/10.30998/rdje.v9i1.17043

Ritzer, G. (2014). Teori Sosiologi Modern. Jakarta: Kencana.

Rosyada, A., Syahada, P., & Chanifudin, C. (2024). Kurikulum Merdeka: Dampak Peningkatan Beban Administrasi Guru terhadap Efektivitas Pembelajaran. Jurnal Inovasi, Evaluasi dan Pengembangan Pembelajaran (JIEPP), 4(2), 238–244. https://doi.org/10.54371/jiepp.v4i2.491

Safarati, N. (2023). Literature Review: Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Menengah. Jurnal Ilmiah Pendidikan, 6(3), 33–37.

Yusuf, M. (2014). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif & Penelitian Gabungan (pertama). Jakarta: Prenadamedia Group.

Published
2025-03-06
How to Cite
Mardatillah SD, N., & Nora, D. (2025). Adaptasi Guru dalam Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi pada Kelas X di SMA Negeri 3 Padang Panjang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 82-89. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.277