Dampak Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Peserta Didik di Lingkungan Keluarga

Authors

  • Ajeng Febrianti Universitas Negeri Padang
  • Ike Sylvia Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.327

Keywords:

Full day school, Lingkungan keluarga, Perkembangan sosial

Abstract

Penelitian ini dilatar belakangi oleh adanya kebijakan full day school yang membuat peserta didik akan bertahan di sekolah lebih lama sehingga aktivitas sosial mereka di luar teman-teman dan kegiatan sekolah berkurang, yang menurunkan intensitas peserta didik dalam bersosialisasi dan berinteraksi dengan lingkungan keluarga. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat dampak yang signifikan antara pelaksanaan sistem full day school terhadap perkembangan sosial peserta didik di lingkungan keluarga studi kasus SMA Pertiwi 2 Padang. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif dengan jenis penelitiannya ex post de facto, penelitian ini melibatkan seluruh populasi sebanyak 70 peserta didik. Analisis penelitian ini menggunakan teori ekologi pengembangan manusia yang dikembangkan oleh Urie Bronfenbrenner. Data dikumpulkan melalui observasi, kuesioner dan dokumentasi, serta dianalisis menggunakan uji validitas, uji reliabilitas, uji normalitas, uji regresi sederhana dan uji hipotesis. Hasil penelitian menunjukkan adanya pengaruh signifikan antara full day school dan perkembangan sosial peserta didik dalam keluarga, dengan nilai F hitung 45,748 dan tingkat signifikansi 0,000 < 0,05. Analisis dengan uji Rank Spearman menunjukkan bahwa 63,4% perkembangan sosial peserta didik dipengaruhi oleh sistem full day school, sementara 36,6% dipengaruhi oleh faktor lain. Mayoritas peserta didik menunjukkan kesiapan yang baik dalam mengikuti sistem ini, yang didukung oleh budaya sekolah dalam membentuk karakter seperti kedisiplinan, kemandirian, dan tanggung jawab. Secara keseluruhan, kebijakan full day school berdampak positif terhadap perkembangan sosial peserta didik di lingkungan keluarga.

References

Al-Qurni, W. (2019). Pengaruh Pelaksanaan Full Day School Terhadap Interaksi Sosial dan Sosialisasi Anak Di Lingkungan Masyarakat (Studi Kasus Di MTS Attaqwa 10 Terpadu Bekasi). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Atikah, N. (2020). Dampak Program Full Day School Terhadap Kejenuhan Belajar Peserta Didik Kelas VII di SMP Global Surya Bandar Lampung. UIN Raden Intan Lampung.

Bronfenbrenner, U. (1979). The Ecology of Human Development: Experiments by Nature and Design. Camridge: Harvard University Press.

Glatthorn, A. A., Boschee, F., Whitehead, B. M., & Boschee, B. F. (2018). Curriculum leadership: Strategies for development and implementation. London: SAGE publications.

Ilhami, B. S. Et al. (2022). PSikologi Perkembangan (Teori dan Stimulasi). Sukabumi: Jejak.

Maryani, I. & D. F. (2018). Pelaksanaan Hidden Curriculum Pada Mata Pelajaran Pendidikan Al-Islam di Sekolah Dasar. EduHumaniora, 10(2).

Maulidiyah, I. (2020). Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Pembentukan Sikap Religius dan Sikap Sosial Peserta didik Di Sekolah Alam Mi Baipas Malang. UIN Malang.

Muti’ah, Z. D. D. (2020). Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Motivasi Belajar dan Pembentukan Karakter Siswa Di Smp IT At- Taqwa Surabaya. Inspirasi Manajemen Pendidikan, 8(2).

Netti, H., & Hidayati, S. (2023). Analisis Kebijakan Pendidikan Full Day Schools Pada Tingkat Sekolah Menengah Atas/Kejuruan di Kota Pariaman (Studi kasus: SMAN 4 Pariaman). Jurnal Publik, 17(02), 104–114. https://doi.org/10.52434/jp.v17i02.211

Nugraha, A. (dkk). (2020). Metode Pengembangan Sosial Emosional. Jakarta: Universitas Terbuka.

Nurwahid, H. (2023). Pengaruh Sistem Full Day School Terhadap Perilaku Sosial dan Keagamaan Siswa. UIN Raden Intan.

Purnomo. (2020). Psikologi Peserta Didik. Yogyakarta; K-Media.

Sahir, S. H. (2022). Metode Penelitian . Yogyakarta: KBM Indonesia.

Salsabila, unik H. (2018). Teori Ekologi Bronfenbrenner Sebagai Sebuah Pendekatan Dalam Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Journal Al-Manar, 7(1).

Samsu, S. (2017). Teori dan Aplikasi Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, Mixed Methods, Serta Research & Development. Jakarta: Pusat Studi Agama dan Kemasyarakatan (PUSAKA).

Savitri, D. (2024). Daftar Negara dengan Sistem Pendidikan Terbaik di Asia Tenggara, Ada Indonesia? https://www.detik.com/edu/edutainment/d-7438598/daftar-negara-dengan-sistem-pendidikan-terbaik-di-asia-tenggara-ada-indonesia

Shalikah, R. (2020). Pengaruh Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial dan Motivasi Siswa di Sekolah Dasar Islamic Global School Malang. UIN Malang.

Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.

Syahrizal, H., & Jailani, M. S. (2023). Jenis-jenis penelitian dalam penelitian kuantitatif dan kualitatif. Qosim: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 13-23.

Syahrum, S. & Salim, S. (2012). Metode Penelitian Kuantitatif. Bandung: Citapustaka.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Febrianti, A., & Sylvia, I. (2025). Dampak Full Day School Terhadap Perkembangan Sosial Peserta Didik di Lingkungan Keluarga. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 310–317. https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.327