Strategi Guru SMA Negeri 7 Padang dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Masa Pembelajaran Daring

  • Mia Ayumi Chandra Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Motivasi belajar, Pandemi Covid-19, Strategi

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana strategi guru SMA Negeri 7 Padang dalam meningkatkan motivasi belajar setelah masa pembelajaran daring, hal ini menarik untuk diteliti karena setelah masa pembelajaran daring penurunan motivasi pada siswa terus berlanjut hingga saat ini.Teknik pemilihan informan dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling, dengan jumlah informan sebanyak 10 orang yang terdiri dari kepala sekolah, wakil bidang kurikulum, guru pengajar dan beberapa siswa. Teknik pengumpulan data dilakukan dengan observasi langsung ke sekolah SMAN 7 Padang, mewawancarai informan dilapangan dan melakukan dokumentasi. Teknik analisis data yang digunakan dalam penelitian ini menggunakan model Milles dan Huberman. Keabsahan data dilakukan dengan triangulasi data. Penelitian ini dianalisis dengan teori structural fungsional Talcott Parson dengan skema AGIL (adaptation, goal, integrity, and latency). Hasil penelitian ini menunjukan strategi guru SMA Negeri 7 Padang dalam meningkatkan motivasi belajar setelah masa pembelajaran daring terdapat empat strategi yaitu, mengoptimalkan implementasi kurikulum merdeka pada proses pembelajaran, mengoptimalkan kerjasama dengan orang tua siswa, memberikan dorongan terkait pentingnya belajar, Memberi apresiasi siswa dalam bentuk nilai dan pujian pada siswa.

References

Hardiansyah, M. A., Ramadhan, I., Suriyanisa, S., Pratiwi, B., Kusumayanti, N., & Yeni, Y. (2021). Analisis Perubahan Sistem Pelaksanaan Pembelajaran Daring ke Luring pada Masa Pandemi Covid-19 di SMP. Jurnal Basicedu, 5(6), 5840–5852. https://doi.org/10.31004/basicedu.v5i6.1784
Kurnianto, B., & Rahmawati, R. D. (2020). Hubungan Pola Asuh Orang Tua terhadap Motivasi Belajar Siswa Pada Pembelajaran Daring Masa Pandemi. Sendika, 2, 1–11. http://conference.upgris.ac.id/index.php/sendika/article/view/1058
Muawanah, E. I., & Muhid, A. (21 C.E.). Strategi Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Selama Pandemi Covid – 19. Journal Ilmiah Bimbingan Konseling Undiksha, Volume 12.
Ningrum lilia kusuma. (2019). Peran Orang Tua Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Di Kelurahan Margorejo 25 Polos Kecamatan Metro Selatan. In Skripsi. https://repository.metrouniv.ac.id/id/eprint/444/1/Skripsi_Lilia Kusuma Ningrum_PAI_1501010067 - Perpustakaan IAIN Metro.pdf
Sabila Hayati, A. (2020). Peran Orang Tua dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Anak Dengan Sistem Daring pada Masa Pandemi di Desa Depokrejo, Kebumen. 27, 23–32.
Syahruddin, S. (2015). Hubungan Antara Motivasi Belajar Dan Hasil Belajar Bahasa Arab Mahasiswa Fakultas Tarbiyah Dan Keguruan Uin Alauddin Makassar. Lentera Pendidikan : Jurnal Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan, 18(1), 1–15. https://doi.org/10.24252/lp.2015v18n1a1
Published
2023-03-06
How to Cite
Chandra, M. A., & Fernandes, R. (2023). Strategi Guru SMA Negeri 7 Padang dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Setelah Masa Pembelajaran Daring. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 34-43. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.104