Perbandingan Hasil Belajar Sosiologi Luring dan Daring Kelas XI IPS 3 di SMA N 8 Padang

  • Laras Sri Mayora Universitas Negeri Padang
  • Junaidi Junaidi Universitas Negeri Padang
Keywords: Daring, Hasil belajar, Luring

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh hasil belajar sosiologi dalam pembelajaran luring dan daring siswa kelas XI IPS 3 di SMA N 8 Padang. Penelitian ini bertujuan untuk melihat perbandingan hasil belajar sosiologi luring dan daring dan mengetahui penyebab terjadinya perbedaan hasil belajar luring dan daring di kelas XI IPS 3. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Teknik pemilihan informan dengan menggunakan purposive sampling yaitu infoman ditentukan oleh peneliti sendiri agar bisa mengumpulkan data di lapangan sesuai dengan kebutuhan peneliti dengan cara melihat langsuang realita di lapangan. Jumlah informan sebanyak 15 orang. Teknik pengumpulan data yaitu dengan teknik dokumentasi, wawancara dan observasi. Analisis data dilakukan dengan model Miles dan Huberman yang terdiri dari pengumpulan data, reduksi data, display data, verifikasi dan menarik kesimpulan. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori behavioristik menurut Thorndike. Hasil penelitian ini menunjukkan adanya perbandingan hasil belajar sosiologi yang jauh antara luring dan daring yang disebabkan oleh kesiapan siswa, antusias belajar, komunikasi dalam belajar, konsentrasi belajar dan disiplin dalam pengerjaan tugas yang berbeda saat luring dan daring.

References

Adinda, A. H., Siahaan, H. E., Raihani, I. F., Aprida, N., Fitri, N., & Suryanda, A. (2021). Penilaian Sumatif dan Penilaian Formatif Pembelajaran Online. Report Of Biology Education, 2(1), 1–10.
Azari, Y. (2021). Problematika sistem pembelajaran kombinasi daring/luring pada mata pelajaran sosiologi kelas XI IPS SMA Negeri 1 Ranah Pesisir pada masa pandemi covid-19. Universitas Negeri Padang.
Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat, 03(1), 171–187.
Rony, Z. T. (2017). Siap Fokus, Siap menulis Skripsi, Tesis, Disertasi (Jurus Mudah Gunakan Metode Kualitatif Tipe Studi Kasus) (S. Kusumawati (ed.); 1st ed.). Pusat Studi Sumber Daya Manusia (PSSDM).
Subadi, T. (2009). Sosiologi dan Sosiologi Pendidikan: Suatu Kajian Boro dari Perspektif Sosiologis Fenomenologis (R. Farida (ed.); 1st ed.).
Suwarsono, S. (2016). Pengantar Penelitian Kualitatif. Hari Studi Dosen Program Studi Pendidikan, 2.
Published
2023-03-06
How to Cite
Mayora, L. S., & Junaidi, J. (2023). Perbandingan Hasil Belajar Sosiologi Luring dan Daring Kelas XI IPS 3 di SMA N 8 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 2(1), 17-24. https://doi.org/10.24036/nara.v2i1.109