Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Diferensiasi Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Fase E di SMAN 1 Solok Selatan

  • Aisah Firi Yani Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Berdiferensiasi, Group Investigation, Hasil Belajar, Sosiologi

Abstract

Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh model pembelajaran group investigation berbasis diferensiasi siswa Fase E SMAN 1 Solok Selatan. Jenis penilitian ini adalah penelitian kuantitatif dengan menggunakan metode quasi eksperimen. Jenis rancangan yang digunakan Post Tes tanpa Pre Tes (Post Test Only Control Design). Penelitian ini menggunakan dua variabel yaitu model pembelajaran group investigation berbasis diferensiasi variabel terikat. Hasil belajar variabel bebas. Sampel dalam penelitian ini berjumlah 72 (kelas eksperimen dan kontrol masing-masing berjumlah 36 orang), yang diambil dengan menggunakan teknik purposive sampling. Data dalam penelitian ini adalah hasil belajar sosiologi. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini yaitu menggunakan objektif dan analisis data pada penelitian ini adalah skor dari hasil tes siswa yang diperoleh dengan  metode konvensional dan model pembelajaran group investigation berbasis berdiferensiasi. Hasil penelitian ini ada tiga. Pertama, hasil belajar Sosiologi siswa kelas Fase E Solok Selatan tanpa menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis diferensiasi memperoleh nilai rata-rata 74 dengan kualifikasi 66-75% yaitu lebih dari cukup (LdC). Kedua, hasil belajar Sosiologi siswa kelas Fase E Solok Selatan menggunakan model pembelajaran group investigation berbasis difensiasi memperoleh nilai rata-rata 88 dengan kualifikasi 86-95% yaitu baik sekali (BS). Ketiga, berdasarkan uji-t yang dilakukan terdapat pengaruh yang signifikan penggunaan model pembelajaran group investigation berbasis difensiasi terhadap hasil belajar Sosiologi siswa kelas Fase E SMAN 1 Solok Selatan thitung > t tabel (7,53>1,671) dengan demikian H1 diterima karena th > tt.

References

Daftar Pustaka
Acmad Taher, Sugeng Utaya, Syamsul Bacril. (2021). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Terhadap Hasil Belajar Ipa. Jurnal SOMASI (Sosial Humaniora Komunikasi), 2(1), 71–79. https://doi.org/10.53695/js.v2i1.518

Danuri, & Maisaroh, S. (2019). Metodologi penelitian. In Samudra Biru. Samudra Biru. http://repository.upy.ac.id/2283/1/METODELOGI PEN PENDIDIKAN-DANURI.pdf

Fahira, W. R., Lisa, F. M., Dani, P. R., Ria, N. S., & Wati, M. S. (2022). Persepsi Siswa Kelas X Terhadap Penerapan Kurikulum Merdeka Belajar Pada Pembelajaran Ips Di Sma 1 Bukit Sundi. Jurnal Eduscience, 9(3), 902–909. https://doi.org/10.36987/jes.v9i3.3484

Hardani. (2020). Metode Penelitian Kualitatif & Kuantitatif. Jakarta .C.V Pustaka Ilmu.

M.Muhyi, Hartono, S. B. (2018). Metodologi penelitian. Adi Buana University Press.

Octavia. (2020). Model-Model Pembelajaran.Yogyakarta. Deepublish.

Purba, D. (2021). Prinsip Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Pusat Kurikulum dan Pembelajaran, Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan, Kementrian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi, Republik Indonesia.

Septa, I., Laia, A., Sitorus, P., Surbakti, M., Simanullang, E. N., Tumanggor, R. M., & Silaban, B. (2022). Pengaruh Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik SMA Negeri 1 Lahusa. Jurnal Ilmiah Wahana Pendidikan, 2022(20), 314–321. https://doi.org/10.5281/zenodo.7242959.

Sudijono. (2018). Pengantar Statistika Pendidikan. PT RajaGrapindo Persada.

Wirda, D. (2020). Faktor-faktor Determinan Hasil Belajar Siswa. Pusat Penelitian Kebijakan, Badan Penelitian dan Pengembangan dan Perbukuan, Kementrian dan Kebudayaan.
Published
2024-09-13
How to Cite
Yani, A. F., & Nurlizawati, N. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbasis Diferensiasi Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Fase E di SMAN 1 Solok Selatan. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(3), 264-271. https://doi.org/10.24036/nara.v3i3.209