Efektivitas Penerapan Projek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Menguatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME, Bergotong-royong, Kreatif) di SMA Negeri 8 Padang

  • Suci Putri Rona Universitas Negeri Padang
  • Nurlizawati Nurlizawati Universitas Negeri Padang
Keywords: Efektifitas, Gaya hidup berkelanjutan, Projek, Profil pancasila

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis efektivitas penerapan projek gaya hidup berkelanjutan dalam menguatkan karakter profil pelajar pancasila (beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME, bergotong-royong, kreatif) di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini menarik dilakukan karena penerapan projek gaya hidup berkelanjun masi baru dilaksanakan, dan ditujukan untuk menguatkan karakter profil pelajar Pancasila yaitu beriman, bertaqwa kepada Tuhan YME bergotong-royong, kreatif. Untuk menganalisis penelitian ini, penulis menggunakan teori belajar behavioristik B.F. Skinner, karena berdasarkan teori belajar behavioristik, melihat bahwa belajar merupakan perubahan tingkah laku. Seseorang telah dianggap belajar apabila mampu menunjukkan perubahan tingkah lakunya. Penelitian ini dilaksanakan di SMA Negeri 8 Padang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian Ex-post facto. Teknik pengumpulan data pada penelitian ini adalah kuesioner, observasi, wawancara dan dokumentasi. Teknik pemilihan sampel dalam penelitian ini menggunakan teknik Simple random sampling. Sampel penelitian ini adalah 78 siswa SMA Negeri 8 Padang. Teknik analisis data menggunakan teknik deskriptif kuantitatif korelasi Pearson product moment. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa penerapan projek gaya hidup berkelanjutan efektif dalam menguatkan karakter profil pelajar Pancasila (beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, bergotong-royong dan kreatif) di SMA Negeri 8 Padang namun masih pada tingkat hubungan rendah. Hal ini dapat dilihat dari nilai r hitung sebesar 0,360 dan r tabel sebesar 0,222 dengan menggunakan uji dua arah dengan taraf signifikansi 0,05, maupun dengan menggunakan uji dua arah taraf signifikansi 0,01 sebesar 0,187 atau r hitung > r tabel (0,187< 0,360 > 0,222) yang berarti Ha diterima dan Ho ditolak, yang dapat diartikan bahwa penerapan projek gaya hidup berkelanjutan memiliki hubungan namun masih pada tingkat hubungan yang rendah. Karena berdasarkan interval koefisien korelasi pada penelitian ini dapat diinterpretasikan dengan kategori 0,20-0,399 yang mana tingkat hubungan rendah. Berdasarkan persentase sumbangan penerapan projek gaya hidup berkelanjutan dalam menguatkan karakter profil pelajar pancasila (Beriman, bertakwa kepada Tuhan YME, bergotong-royong, kreatif) di SMA Negeri 8 Padang sebesar 13% dan sisanya sebesar 87% (100%-13%) yang disebabkan faktor lain yang tidak termasuk dalam penelitian ini.

References

Barlian, U. C., Solekah, S., & Rahayu, P. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Dalam Meningkatkan
Mutu Pendidikan. Journal of Educational and Language Research, Vol.1.
Barnes, A., Gani, R. A., & Hidayat, A. S. (2023). Minat Siswa terhadap Pembelajaran Penjas SMAN 1 Karang
Bahagia pada Pertemuan Tatap Muka. 05(02), 3212–3220.
Hidayah, A. A. F., Al Adawiyah, R., & Mahanani, P. A. R. (2020). Efektivitas Pembelajaran Daring di Masa
Pandemi Covid-19. Jurnal Penelitian Ilmu-Ilmu Sosial, 21.
Hikmawati, F. (2020). Metodologi Penelitian. In Rajawali Pers. Rajawali Pers.
Irawati, D., Iqbal, A. M., Hasanah, A., & Arifin, B. S. (2022). Profil Pelajar Pancasila Sebagai Upaya
Mewujudkan Karakter Bangsa. Edumaspul, Jurnal Pendidikan, Vol. 6 – N, page 1224-1238.
Kahfi, A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Dan Implementasi Terhadap Karakter Siswa di
Sekolah. Jurnal Pemikiran Dan Pendidikan Dasar.
Kemendikbud. (2023). Kementerian pendidikan, kebudayaan riset, dan teknologi. Kemendikbudristek, 021,
2022–2024.
Kemendikbudristek. (2022a). Buku Saku: Kurikulum Merdeka. In Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset
dan Teknologi, Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi.
Kemendikbudristek. (2022b). Dimensi, Elemen, dan Subelemen Profil Pelajar Pancasila pada Kurikulum
Merdeka. In Kemendikbudristek (pp. 1–37).
Kemendikbudristek BSKAP, & Aditomo, A. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar
Pancasila.
Kurniastuti, R., Nuswantari, & Feriandi, Y. A. (2022). Implementasi Profil Pelajar Pancasila Sebagai Salah
Satu Bentuk Pendidikan Karakter Pada Siswa SMP. Seminar Nasional Sosial Sains, Pendidikan, Humaniora
(SENASSDRA), vol 1, 288–293.
Lubaba, M. N., & Alfiansyah, I. (2022). Analisis Penerapan Profil Pelajar Pancasila Dalam Pembentukan
Karakter Peserta Didik di Sekolah Dasar. Edusaintek: Jurnal Pendidikan, Sains Dan Teknologi, vol 9(3),
2022–2687.
Manalu, J. B., Sitohang, P., Heriwati, N., & Turnip, H. (2022). Prosiding Pendidikan Dasar Pengembangan
Perangkat Pembelajaran Kurikulum Merdeka Belajar. Mahesa Centre Research, vol 1(1), 80–86.
Maulana, M., Ismaya, B., & Hidayat, A. S. (2020). Minat Siswi Dalam Pembelajaran Pendidikan Jasmani
Senam Lantai Sman 1 Cikampek. Jurnal Literasi Olahraga, 1(1), 66–76.
Mujiwati, Y., Khamdi, I. M., Usman, M. I., & Abidin, M. Z. (2022). Proyek Profil Pelajar Pancasila
sebagaiPenguatan Pendidikan Karakter pada Peserta Didik. Jurnal Jendela Pendidikan, vol 2(04), 553–
559.
Nopiyanto, Y. E., Raibowo, S., Suryatama, R. Y., & Ibrahim. (2020). Hambatan Guru Pendidikan Jasmani
Generasi 80-an Dalam Pembelajaran Daring di Tengah Pandemi Covid-19. Jurnal Sporta Saintika,
5(September), 139–148.
Published
2024-02-16
How to Cite
Rona, S. P., & Nurlizawati, N. (2024). Efektivitas Penerapan Projek Gaya Hidup Berkelanjutan dalam Menguatkan Karakter Profil Pelajar Pancasila (Beriman, Bertaqwa Kepada Tuhan YME, Bergotong-royong, Kreatif) di SMA Negeri 8 Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 55-65. https://doi.org/10.24036/nara.v3i1.189