Pengembangan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam

  • Alisa Adila Universitas Negeri Padang
  • Reno Fernandes Universitas Negeri Padang
Keywords: Motivasi Belajar, Pembelajaran Berdiferensiasi, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini membahas tentang pengembangan desain pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sosiologi materi interaksi sosial untuk meningkatkan motivasi belajar peserta didik kelas X di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan desain pembelajaran atau modul pembelajaran berdiferensiasi yang valid, praktis, dan efektif digunakan dalam proses pembelajaran. Jenis penelitian ini termasuk dalam Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE yang terdiri dari lima tahap yaitu analysis (analisis), design (desain), development (pengembangan), implementation (implementasi), dan evaluation (evaluasi). Sedangkan sample yang digunakan terdiri dari dua kelas yaitu kelas X.E3 sebagai kelas kontrol dan kelas X.E4 sebagai kelas eksperimen dimana masing-masing kelas terdiri dari 30 orang peserta didik. Validasi modul pembelajaran berdiferensiasi divalidasi oleh tiga dosen sosiologi dan dua guru sosiologi SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Analisis data dilakukan dengan Uji t melalui menggunakan SPSS 26. Berdasarkan hasil penelitian yang dilaksanakan diperoleh kesimpulan bahwa pengembangan desain pembelajaran berdiferensiasi pada mata pelajaran sosiologi dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik terbukti valid, praktis dan efektif digunakan. Artinya desain pembelajaran ini sangat baik dan layak digunakan serta efektif dalam meningkatkan motivasi belajar peserta didik di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam.

References

Ambarita, J., & Pitri S. S. 2023. Implementasi Pembelajaran Berdiferensiasi. Indramayu: CV. Adabu Abima

Aprima, D., & Sari, S. (2022). Analisis Penerapan Pembelajaran Berdiferensiasi dalam Implementasi Kurikulum Merdeka Pada Pelajaran Matematika SD. Cendikia : Media Jurnal Ilmiah Pendidikan, 13(1), 95–101.

Arifin, M. (2014). Instrumen Penelitian Kualitatif, Kuantitatif, dan Pengembangan. Implementation Science, 39(1), 1.

Arifin, M., & Abduh, M. (2021). Peningkatan Motivasi Belajar Model Pembelajaran Blended Learning. Jurnal Basicedu, 5(4), 2339–2347.

Avicena, Y. (2023). Pengembangan Media Pembelajaran Ekonomi Video Animasi Berbasis Powtoon di SMA Negeri 8 Padang. Universitas Negeri Padang.

Azlina, A., & Zainil, M. (2021). Pengembangan Multimedia Interaktif Dengan Software Macromediaflash 8 Pada Materi Penjumlahan dan Pengurangan Pecahan Biasa di Kelas V SD. Journal of Basic Education Studies, 4(1), 3473–3486.

Bistari, B. (2018). Konsep Dan Indikator Pembelajaran Efektif. Jurnal Kajian Pembelajaran dan Keilmuan, 1(2), 13. https://doi.org/10.26418/jurnalkpk.v1i2.25082

Burhanudin, B., Pramesti, S., & Falasyifa, N. (2023). Pengembangan Modul Ajar Pembelajaran Berdiferensiasi Dengan Strategi REACT Untuk Mengembangkan Kecakapan Numerasi dan Disposisi Matematis Peserta Didik. Circle : Jurnal Pendidikan Matematika, 3(01), 14–30. Https://Doi.Org/10.28918/Circle.V3i01.6942

Galugu, N. S., Pajarianto, H., & Bahraini. (2021). Psikologi Pendidikan. Jakarta: CV Budi Utama.

Handiyani, M., & Muhtar, T. (2022). Mengembangkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi: Sebuah Kajian Pembelajaran dalam Perspektif Pedagogik-Filosofis. Jurnal Basicedu, 6(4), 5817–5826. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3116

Irwan, I., & Waldi, A. (2019). Implementasi Kahoot! Sebagai Inovasi Pembelajaran. Journal of Civic Education, 2(1), 126–140. https://doi.org/10.24036/jce.v2i1.130

Junaedi, I. (2019). Proses Pembelajaran Yang Efektif. Journal of Information System, Applied, Management, Accounting And Research, 3(2), 19–25.

Kristiani, H., et al. (2021). Model Pengembangan Pembelajaran Berdiferensiasi. Jakarta: Kemendikbud RI.

Magdalena, I., et al. (2020). Analisis Pengembangan Bahan Ajar. Jurnal Pendidikan Dan Ilmu Sosial, 2(2), 170–187.

Marlina, M. (2019). Panduan Pelaksanaan Model Pembelajaran Berdiferensiasi di Sekolah Inklusif. Padang: Universitas Negeri Padang.

Marlina, M. (2020). Strategi Pembelajaran Berdiferensiasi Di Sekolah Inklusif. Padang: Afifa Utama.

Maydiantoro, A. (2021). Model-model penelitian pengembangan (research and development). Jurnal pengembangan profesi pendidik indonesia (JPPPI), 1(2), 29-35.

Nadeak, E., Elfaladonna, F., & Malahayati, M. (2023). Pelatihan Pembuatan Modul Ajar Interaktif Bagi Guru Dengan Menggunakan Canva (Studi Kasus: SDN 204 Palembang). Jurnal Masyarakat Madani Indonesia, 2(3), 201–206. https://doi.org/10.59025/js.v2i3.103

Nuryadi, Astuti, T. D., Utami, E. S., & Budiantara, M. (2017). Dasar-Dasar Statistik Penelitian. Angewandte Chemie International Edition, 6(11), 951–952.

Rahayu, R. et al. (2022). Implementasi Kurikulum Merdeka Belajar di Sekolah Penggerak. Jurnal Basicedu, 6(4), 6313–6319. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i4.3237

Tomlinson, C. A. (1996). Differentiating instruction in mixed-ability classrooms. Association for Supervision and Curriculum Development.

Published
2025-03-06
How to Cite
Adila, A., & Fernandes, R. (2025). Pengembangan Desain Pembelajaran Berdiferensiasi pada Mata Pelajaran Sosiologi untuk Meningkatkan Motivasi Belajar Peserta Didik di SMAN 1 V Koto Kampung Dalam. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 9-16. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.231