Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Semen Padang

  • Widiya Violeta Damanik Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang
Keywords: Hasil Belajar, Model Pembelajaran Kooperatif, Scramble

Abstract

Penelitian ini memiliki tujuan untuk menganalisis pengaruh model pembelajaran kooperatif tipe scramble dalam meningkatkan hasil belajar peserta didik pada kelas sosiologi 1 SMA Semen Padang. Jenis penelitian yang digunakan yaitu kuantiatif eksperimen. Desain penelitian yang digunakan dalam penelitian ini yaitu nonequivalent control group design. Populasi dalam penelitian ini yaitu seluruh peserta didik kelas XII SMA Semen Padang. Pengambilan sampel dilakukan dengan menggunakan teknik simple random sampling, dilakukan dengan mengambil undian kelas dan kelas yag terpilih menjadi sampel dari penelitian ini adalah kelas XII Sosiologi. Teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori konstruktivisme dengan tokoh Jerome Burnner. Teknik analisis data dengan menggunakan perhitungan uji paired sample dengan alat bantu software SPSS 25. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukkan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,005, dari hal tersebut dapat disimpulkan bahwa hipotesis diterima dan terdapat pengaruh dari model pembelajaran kooperatif tipe scramble terhadap hasil belajar peserta didik kelas XII sosiologi di SMA Semen Padang.

References

Abraham, I., & Supriyati, Y. (2022). Desain Kuasi Eksperimen Dalam Pendidikan: Literatur Review. Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2476–2482. https://doi.org/10.58258/jime.v8i3.3800

Aje, A. U. (2022). Model Pembelajaran Koopertif . Pasaman Barat: CV. Azka Pustaka.

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif Dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(1). http://journal.an-nur.ac.id/index.php/mubtadiin/article/view/82

Alpian, Y., Anggraeni, S., Wiharti, U., & Soleha, N. (2019). Pentignya Pendidikan Bagi Manusia. Jurnal Buana Pengabdian, 1(2), 66–72.

Dangnga, M. S., & Muis, A. A. (2015). Teori Belajar dan Pembelajaran Inovatif. Makassar: Sibuku.

Dawis, A. M. et al. (2023). Pengantar Metodologi Penelitian. Padang: Get Press Indonesia.

Ernawati. (2022). Meningkatkan Kualitas Pembelajaran dengan Menerapkan Model Pembelajaran Inovatif Project Based Learning (PjBL). SHEs: Conference Series. https://jurnal.uns.ac.id/shes

Goto, T., Saiki, H., & Onishi, H. (1982). Studies on wood gluing - XIII: Gluability and scanning electron microscopic study of wood-polypropylene bonding. Wood Science and Technology, 16(4), 293–303. https://doi.org/10.1007/BF00353157

Kapitan, S. F., & Aseng, A. C. (2023). Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Keberhasilan Belajar Ekonomi. Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 9(1). http://ejurnal.pps.ung.ac.id/index.php/Aksara

Khoerunnisa, P., & Aqwal, S. M. (2020). Analisis Model-model Pembelajaran. Jurnal Pendidikan Dasar, 4(2), 1–27.

Koesnandar, A. (2020). Pengembangan Model Pembelajaran Inovatif Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi (Tik) Sesuai Kurikulum 2013. Jurnal Teknologi Pendidikan, 8(1), 33–61. https://doi.org/10.31800/jtp.kw.v8n1.p33--61

Prasetyawati, V. (2021). Metode Cooperative Learning dalam Meningkatkan Kualitas Hasil Belajar di Masa Pandemi Covid-19. Jurnal Epistema, 2(1). https://doi.org/10.21831/ep.v2i2.41275

Prasetyo, T. (2021). Pendekatan Pembelajaran Berpusat Pada Siswa. Jurnal Pendidikan Dasar UNJ, 3(3), 1-23.

Setia, R. A. (2014). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Numbered Heads Together (NHT) Terhadap Kemampuan Berpikir Kritis Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Kearsipan. Universitas Pendidikan Indonesia.

Sinaga, R., Purba, J. M., & Tanjung, D. S. (2020). Keywords: Scramble Learning Models, Learning Outcomes ABSTRAK. Elementary School Journal, 10(4), 216–224.

Sugiyono, S. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif . Bandung: Alfabeta.

Suryana, E., Aprina, M. P., & Harto, K. (2022). Teori Konstruktivistik dan Implikasinya dalam Pembelajaran. JIIP-Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 5(7), 2070–2080. https://doi.org/10.54371/jiip.v5i7.666

Wahyudi, R., Irvan, & Nasution, M. D. (2023). Meningkatkan Hasil Belajar Matematika Pada Materi Transformasi Geometri Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble. Axiom: Jurnal Pendidikan dan Matematika, 46–56. https://doi.org/10.30821/axiom.v12i1.11130

Widyati, F. N., & Irawati, H. (2020). Studi Literatur: Peningkatan Oral Activity dan Hasil Belajar Kognitif melalui Penerapan Model Pembelajaran Search, Solve, Create and Share (SSCS) Materi Sistem Ekskresi pada Manusia. Jurnal Pendidikan IPA, 9(1). https://doi.org/10.20961/inkuiri.v9i2.50084

Published
2025-03-06
How to Cite
Damanik, W. V., & Nora, D. (2025). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Scramble Terhadap Hasil Belajar Peserta Didik Kelas XII pada Mata Pelajaran Sosiologi di SMA Semen Padang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 131-137. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.301