Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII di MAN 2 Padang Panjang

  • Suci Suci Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Discovery Learning, Hasil Belajar, Media Pembelajaran, Powtoon, Sosiologi

Abstract

Penelitian dilatarbelakangi oleh rendahnya hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi di MAN 2 Padang Panjang. Pengunaan model ceramah yang tidak dipadukan dengan media pembelajaran yang interaktif menyebabkan kurangnya pemahaman siswa terhadap materi yang diajarkan. Hal ini dikarenakan setiap siswa memiliki karakteristik dan gaya belajar yang berbeda-beda. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penerapan model discovery learning dengan powtoon terhadap hasil belajar kognitif siswa. Teori yang digunakan dalam menganalisis penelitian ini yaitu teori kontruktivisme yang dikembangkan oleh Jean Piaget. Pendekatan penelitian yaitu kuantitatif dengan jenis penelitian eksperimen dengan desain penelilitian kuasi eksperimen nonequivalent control group design. Pemilihan sampel menggunakan teknik purposive sampling berupa nilai ulangan harian dan kelas memiliki sarana yang mendukung dalam proses melaksanakan penelitian yaitu kelas eksperimen XII IPS 3 dan kelas kontrol XII IPS 2. Instrumen penelitian yang digunakan adalah tes soal dalam bentuk pre-test dan post-test mengunakan 18 butir soal objektif yang sudah di uji validitas dan reabilitas. Teknik analisis data menggunakan perhitungan uji Independent sampel T-test dengan alat bantu software SPPS 27 for windows. Berdasarkan perhitungan uji hipotesis menunjukan bahwa nilai Sig (2-tailed) sebesar 0,000 < 0,05 dengan nilai beda 15,133. Artinya hipotesis diterima atau terdapat pengaruh penerapan model discovery learning dengan media powtoon terhadap hasil belajar siswa kelas XII di MAN 2 Padang Panjang.

References

Arikunto, S. (2006). Dasar-Dasar Evaluasi Pendidikan Edisi 3. Jakarta: Bumi Aksara.

Astiti, N. D., Putu, L., Mahadewi, P., & Suarjana, I. M. (2021). Faktor Yang Mempengaruhi Hasil Belajar IPA. Undiksha, 26(2), 193–203. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/MI/article/view/35688

Cahyawati, E. (2021). Pengembangan Media Interaktif Berbasis Android Pada Aplikasi I-Spring Untuk Siswa Sekolah Dasar. Jurnal PGSD UNIKAMA, 2(1), 16–28.

Dewi, L., Tripalupi, L. E., & Artana, M. (2013). Pengaruh pelaksanaan pembelajaran dan kebiasaan belajar terhadap hasil belajar ekonomi kelas X SMA Lab Singaraja. Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi UNDIKSA, 1–18. https://ejournal.undiksha.ac.id/index.php/JJPE/article/view/1276

Jannah, B. P. dan L. miftahul. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: PT Rajagrafindo Persada.

Nita Dewi, N. K., Suparwa, I. N., & Putra, A. A. P. (2020). Penerapan Taksonomi Bloom pada Pembelajaran Bahasa Di Kelas 2 SD Bali Kiddy. Linguistika: Buletin Ilmiah Program Magister Linguistik Universitas Udayana, 184. https://doi.org/10.24843/ling.2020.v27.i02.p10

Nurrita, T. (2018). Pengembangan Media Pembelajaran Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Misykat: Jurnal Ilmu-Ilmu Al-Quran, Hadist, Syari’ah dan Tarbiyah, 171. https://doi.org/10.33511/misykat.v3n1.171

Parhannudin, Gumilar, R., & Srigustini, A. (2023). Penerapan Model Discovery Learning Berbantuan Media Mind Mapping. Global Education Journal, 3(1), 163–176.

Prastin, M. A., Damayanti, S., & Permana, E. P. (2022, July). Pengembangan Media Buku Saku IPS Materi Keragaman Sosial Budaya Kelas IV SDN Sukorame 2. Prosiding SEMDIKJAR (Seminar Nasional Pendidikan dan Pembelajaran) Universitas Nusantara PGRI Kediri.

Rachmadina, D. (2020). Pengembangan Video Pembelajaran Matematika Berbantuan Aplikasi Powtoon Dengan Pendekatan Kontekstual. UIN Raden Intan Lampung.

Saputri, N. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Discovery Learning dengan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar IPAS Peserta Didik Kelas IV SD Negeri 10 Metro Timur. Universitas Negeri Lampung.

Setyosari, P. (2014). Menciptakan Pembelajaran Yang Efektif dan Berkualitas. Jurnal Inovasi dan Teknologi Pembelajaran, 1(1), 20-30.

Sinaga, T. A. B. (2021). Penerapan Metode Discovery Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Bahasa Inggris Kelas X. Iis. 2 Sma Negeri 3 Muaro Jambi Tahun Pelajaran 2018/2019. Language: Jurnal Inovasi Pendidikan Bahasa dan Sastra, 1(1), 64-73.

Sugiyono, S. (2016). Metodologi Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugrah, N. (2019). Implementasi Teori Belajar Konstruktivisme Dalam. Humanika, Kajian Ilmiah Mata Kuliah Umum, 121–138.

Syahrul, F., Riyana, C. & Hanoum, N. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ilmu Pengetahuan Sosial Terpadu. Edutcehnologia, 4784–4793.

Published
2025-03-06
How to Cite
Suci, S., & Febriani, E. A. (2025). Pengaruh Penerapan Model Discovery Learning dengan Media Powtoon Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas XII di MAN 2 Padang Panjang. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 185-195. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.329