Pengaruh Interaksi Edukatif Guru terhadap Kreativitas Berpikir Siswa dalam Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 1 Junjung Sirih
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.332Keywords:
Berpikir Kreatif, Guru, Interaksi EdukatifAbstract
Tujuan penelitian ini ialah untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif guru dan peserta didik terhadap kemampuan berpikir kreatif siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI SMA Negeri 1 Junjung Sirih. Penelitian ini di dasarkan pada teori Konstruktivisme yang dipopulerkan oleh Jean Piaget. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post de facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 50 orang peserta didik dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 40 orang peserta didik yang diambil dengan teknik random sampling. Instrumen penelitian yang digunakan berupa angket dan uji analisis deskriptif. Analisis data dilakukan dengan statistik deskriptif untuk menggambarkan karakteristik data yang meliputi penghitungan rata-rata (mean), nilai tengah (median) , dan modus. Selain itu, dilakukan uji normalitas untuk mengetahui distribusi data menggunakan Kolmogorov-Smirnov dan diperoleh nilai signifikansi sebesar 0,218 yang lebih besar dari batas 0,05 sehingga distribusi nilai residual berdistribusi normal. Selain itu dilakukan uji linearitas menggunakan deviation from linearity dengan perolehan hasil nilai signifikansi sebesar 0,491 menunjukkan bahwa tidak ada bukti cukup untuk menolak asumsi linearitas. Setelah itu dilaksanakan uji hipotesis T Parsial. Hipotesis penelitian diterima karena perolehan nilai signifikansi sebesar 0,001 yang lebih rendah dari 0,05. Dengan demikian, bisa ditarik kesimpulan bahwa terdapat pengaruh interaksi edukatif guru terhadap kemampuan berpikir siswa dalam kurikulum merdeka di SMAN 1 Junjung Sirih.
References
Agus, A. (2004). Manajemen Penulisan Skripsi, Tesis dan Disertasi. Kiat-kiat untuk mempersingkat waktu penulisan karya ilmiah yang bermutu. Jakarta: Raja Grafindo.
Arikunto, S. (2014). Prosedur Penelitian : Suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Rineka Cipta.
Binus, A. (2014). Uji Validitas dan Reabilitas. Jakarta: Binus University.
Darmadi, H. (2011). Metode penelitian pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Djamarah, S. B. (2005). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.
Hakim, H. (2017). Pengaruh Interaksi Guru-Siswa Terhadap Kreativitas Peserta Didik SD Negeri 2 Pakis-Banyuwangi. 2(1), 2541–6707.
Irianto, A. (2024). Statistik Untuk Ilmu Sosial (ke-5). Jakarta: Kencana.
Mirza, A. N. (2024). Upaya Meningkatkan Kreativitas Siswa Kelas III SD Negeri 2 Srandakan pada Pembelajaran Tematik Subtema Wujud Benda Melalui Model Pembelajaran Berbasis Proyek. Universitas Negeri Yogyakarta.
Muhson, A.(2006). Teknis Analisis Kuantitaif. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Munandar, U. (2009). Pengembangan Kreativitas Anak Berbakat (3rd ed.). Jakarta: Rineka Cipta.
Nana Sudjana. (2011). Dasar-dasar Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Sinar Baru Algesindo.
Nasution, D. Y. (2019). Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas Negeri 1 Rambah. Skripsi Sarjana, Universitas Islam Negeri Sutan Syarif Kasim Riau, 8(5), 55
Novianto, A. (2022). Pengembangan Model Pembelajaran 6 Stages Realitistic Mathematic Untuk Meningkatkan Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Sekolah Dasar. Universitas Negeri Yogyakarta.
Rahayu, F. (2022). Pengembangan Kreativitas Anak Melalui Startegi 4P (Person, Press, Process, Product). Jurnal Ilmiah Mandala Education, 8(3), 2406– 2414.
Rismunandar, R., Aminuyati, A., & Okianna, O. (2022). Analisis Interaksi Edukatif Antara Guru Dan Peserta Didik Kelas Xii SMAN 1 Jawai. Jurnal Pendidikan dan Pembelajaran Khatulistiwa (JPPK), 11(1), 1–8.
Rohani, A. (2004). Pengelolaan Pengajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sadirman, A.M. (2022). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Press.
Sinambela, L. P., & Sinambela, S. (2022). Metodologi Penelitian Kuantitatif. Jakarta: Raja Grafindo Persada.
Sugiyono, S. (2019). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono, S. (2021). Metode Penelitian Kuantitaif Kualitatif dan R&D (3rd ed.). Bandung: Alfabeta.
Sulistiarmi, W. (2016). Analisis Kemampuan Berpikir Kreatif Siswa Kelas XI- IPA Pada Mata Pelajaran Fisika SMA Negeri Se-Kota Pati. Universitas Negeri Semarang.
Suparlan. (2019). Teori Konstruktivisme dalam Pembelajaran. Jurnal Keislaman dan Ilmu Pendidikan, 1(2), 79–88.
Torrance, E. P. (1981). Predicting the creativity of elementary school children (1958-80)—and the teacher who" made a difference". Gifted Child Quarterly, 25(2), 55-62.
Widiana, I. W. dan P. L. M. (2020). Uji Persyaratan Analisis. Jakarta: Klik Media
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Lesmida Yanti & Ike Sylvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.