Pengaruh Interaksi Edukatif dengan Kecanduan Smartphone Terhadap Peserta Dididk di SMA Negeri 10 Sijunjung
Abstract
Kecanduan smartphone merupakan suatu kondisi dimana peserta didik sulit untuk mengendalikan diri dalam penggunaan smartphonenya.Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis apakah terdapat pengaruh yang signifikan antara interaksi edukatif dengan kecanduan smartphone terhadap peserta didik di SMA negeri 10 Sijunjung. Penelitian ini menggunakan satu variabel bebas yaitu interaksi edukatif dan satu variabel terikat yaitu kecanduan smartphone. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan jenis penelitian ex post de facto. Populasi pada penelitian ini berjumlah 163 orang peserta didik dan jumlah sampel pada penelitian ini sebanyak 116 orang peserta didik yang diambil dengan teknik random sampling. Instrument penelitian yang digunakan berupa angket dan dianalisis dengan uji regresi linear sederhana.Hasil penelitian ini menunjukan bahwa terdapat adanya pengaruh antara variabel interaksi edukatif dengan variabel kecanduan smartphone yaitu nilai diketahui nilai F hitung 3207,892 dengan tingkat signifikansi sebesar 0,000 yang artinya kurang dari 0,05, yang artinya adanya pengaruh variabel interaksi edukatif dengan variabel kecanduan smartphone. Berdasarkan tabel model summary uji regresi linear sederhana diatas dapat menjelaskan besarnya nilai hubungan R yaitu 0,983 dari output tersebut diperoleh nilai determinasi atau R square sebesar 0,966 yang artinya pengaruh variabel interaksi edukatif terhadap pengaruh variabel kecanduan smartphone sebesar 96,9%.
References
Mulyati, T., & Nrh, F. (2018). JENIS KELAMIN PADA SISWA SMA MARDISISWA SEMARANG survei APJII ( Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia ) menunjukan pertumbuhan media lainnya . Hal ini didukung oleh survei Indonesian Digital Association ( IDA ) yang. 7(Nomor 4), 152–161.
Nurhikmah. (2020). Pengaruh Penggunaan Smartphone Terhadap Interaksi Sosial Murid Kelas Tinggi MIS Rembon. 16.
Viviyanti, N. K. (2019). Pengaruh self control, leisure boredom dan smartphone usage terhadap kecanduan smartphone pada remaja.
Kwoon, M., Lee, J.-Y., Won, W.-Y., Park, J.-W., Min, J.-A., Hahn, C., Gu, X., Choi, J.-H., & Kim, D.-J. (2013). Development and Validation of a Smartphone Addiction Scale (SAS). PLOS ONE, 8(2).
Ibrahim. (2019). TERHADAP EMPATI MAHASISWA UIN MAULANA MALIK.
Huda, H. nuur. (2020). Kecanduan Gadget Dalam Interaksi Sosial Pada Remaja Sma Daerah Bantul Dan Sleman. Cyber Security Dan Forensik Digital, 3(1), 20–26. https://doi.org/10.14421/csecurity.2020.3.1.1706
Nasution, D. Y. (2019). Pengaruh Interaksi Edukatif Terhadap Motivasi Belajar Siswa Kelas XI Pada Mata Pelajaran Ekonomi Di Sekolah Menengah Atas
Jumriah. (2020). No Title Interaksi Edukatif Pendidik Dalam Upaya Pembentukan Akhlak Peserta Didik Di SD Negeri Cendrawasih 1 Kota Makassar.
Djamarah, S. B. (2014). Guru dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif.