Integrasi Model Pembelajaran Kooperatif dalam Mata Pembelajaran Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Minangkabau (PKBAM)
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i3.364Keywords:
Budaya, Minangkabau, Kooperatif, Pendidikan KarakterAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis penerapan model pembelajaran kooperatif untuk meningkatkan keterlibatan dan pembentukan karakter siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Karakter Budaya Alam Minangkabau (PKBAM). Meskipun tujuan PKBAM adalah membangun karakter, implementasi di lapangan masih didominasi metode konvensional, yang menghambat pengembangan keterampilan sosial. Dengan menggunakan metode studi literatur kualitatif, penelitian ini mengkaji berbagai sumber terkait pembelajaran kooperatif, pendidikan karakter, dan integrasi budaya lokal. Temuan penelitian menunjukkan bahwa model pembelajaran kooperatif, khususnya tipe Jigsaw, Student Teams-Achievement Divisions (STAD), dan Numbered Heads Together (NHT), merupakan solusi efektif. Berdasarkan Teori Pembelajaran Sosial Albert Bandura, model-model ini menyediakan platform bagi siswa untuk belajar melalui interaksi dan pengamatan, yang krusial untuk pengembangan karakter. Model Jigsaw dan NHT secara spesifik memfasilitasi praktik nilai musyawarah, sementara STAD menanamkan nilai gotong royong melalui kolaborasi dan tanggung jawab kolektif. Integrasi ini mengubah pendidikan karakter menjadi pengalaman yang otentik dan bermakna.Secara keseluruhan, penelitian ini menyimpulkan bahwa penggabungan model pembelajaran kooperatif dengan nilai-nilai budaya Minangkabau tidak hanya meningkatkan hasil akademik dan sosial siswa, tetapi juga menawarkan pendekatan praktis untuk memperkaya kurikulum PKBAM agar lebih relevan dan efektif dalam membentuk karakter yan berakar pada budaya lokal.
References
Afrilliandini, D., Ummuttoyyibah, R., & Solihin, F. K. (2024). Manusia, Keragaman dan Kesetaraan dalam Pendidikan Multikultural di Sekolah Dasar. Sebelas April Elementary Education, 3(1), 22–29.
Aldilla, R., & Erida. (2022). Implementasi Sistem Pembelajaran Model Cooperative Learning dalam Membentuk Karakter Wirausaha. Jurnal Inovasi Edukasi, 5(2), 40–51. https://doi.org/10.35141/jie.v5i2.454
Almujab, S. (2023). Pembelajaran Berdiferensiasi: Pendekatan Efektif dalam Menjawab Kebutuhan Diversitas Siswa. Oikos: Jurnal Kajian Pendidikan Ekonomi Dan Ilmu Ekonomi, 8, 1–17.
Baehaqi, M. L. (2020). Cooperative Learning Sebagai Strategi Penanaman Karakter dalam Pembelajaran Pendidikan Pancasila dan Kewarganegaraan di Sekolah. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(1). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i1.26385
Bahtiar, B. (2015). Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Sikap Sosial dan Pemahaman Konsep Siswa Sekolah Multietnis. Jurnal Edukasi Matematika dan Sains, 3(1), 1. https://doi.org/10.25273/jems.v3i1.241
Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Prentice Hall.
Budiman, S., Maharin, M., & Darmawan, I. P. A. (2022). Upaya Mengajar Guru Pendidikan Agama Kristen Dengan Menggunakan Model Pembelajaran Kooperatif Sosial Untuk Pembentukan Karakter Siswa Kristen. Areopagus : Jurnal Pendidikan dan Teologi Kristen, 20(1), 30–43. https://doi.org/10.46965/ja.v20i1.924
Cahyani, A. D., Dinti, A. K., & Ningrum, A. H. (2024). Upaya Guru Ppkn dalam Mengembangkan Kecerdasan Moral Siswa Menggunakan Model Cooperative Learning. Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 1(3), 10. https://doi.org/10.47134/pgsd.v1i3.629
Creswell, J. W. (1998). Qualitative Inquiry And Research Design Choosing Among Five Traditions. Sage.
Depila, D., Mulyasari, E., & Riyanti, E. (2023). Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Untuk Meningkatkan Kerjasama Siswa Kelas Iii Di Sdn 096 Sarijadi Selatan, Bandung. Didaktik : Jurnal Ilmiah PGSD STKIP Subang, 9(2), 1459–1468. https://doi.org/10.36989/didaktik.v9i2.866
Devina, F., Nurdin, E. S., Ruyadi, Y., Kosasih, E., & Nugraha, R. A. (2023). Penguatan Karakter Pancasila Anak Usia Dini Melalui Kearifan Budaya Lokal: Sebuah Studi Literatur. Jurnal Obsesi: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 7(5), 6259–6272. https://doi.org/10.31004/obsesi.v7i5.4984
Dewia, E. R., & Alam, A. A. (2020). Transformation Model For Character Education of Students. Cypriot Journal of Educational Sciences, 15(5), 1228–1237. https://doi.org/10.18844/cjes.v15i5.5155
Eri Dia, E., & Ardana, N. R. (2022). Peningkatan Perhatian Belajar Melalui Model Kooperatif Learning Pada Siswa MTs. Journal of Education Research, 3(2), 91–100. https://doi.org/10.37985/jer.v3i2.81
Fadliansyah, F. (2022). Peningkatan Sikap Karakter Mandiri Siswa Kelas IV Sekolah Dasar Pada Model Cooperative Learning Tipe Jigsaw. Sehran (Jurnal Pendidikan Sejarah dan Kewarganegaraan), 1(1), 11–20.
Foley, K., Mclean, C., De Zylva, R., Asa, G., Maio, J., Batchelor, S., Dzando, G., & Dimassi, A. (2025). Developing A Critical Imagination for How Researchers Can Use Artificially Intelligent Tools Reflexively And Responsibly During Qualitative Literature Reviews. International Journal Of Qualitative Methods, 24. https://doi.org/10.1177/16094069251316249
Franzia, E., Piliang, Y. A. & Saidi, A. I. (2015). Manifestation Of Minangkabau Cultural Identity Through Public Engagement In Virtual Community. Procedia - Social And Behavioral Sciences, 184(August 2014), 56–62. https://doi.org/10.1016/j.sbspro.2015.05.053
Halawa, A., Telaumbanua, A., & Zebua, Y. (2022). Penerapan Model Pembelajaran Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Educativo: Jurnal Pendidikan, 1(2), 582–589. https://doi.org/10.56248/educativo.v1i2.84
Haliza, N., Syachruroji, A., & Rokmanah, S. (2023). Menganalisis Model Pembelajaran Kooperatif Learning Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Sekolah Dasar Pada Pembelajaran IPS. Jurnal Pgsd, 9(2), 41–51. https://doi.org/10.32534/jps.v9i2.4931
Hasan, M. S., & Rozaq, A. (2024). Peningkatan Pemahaman Siswa Pada Pembelajaran Akidah Akhlak Melalui Model Pembelajaran Kooperatif Mind Mapping. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 4(2), 237–251. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v4i2.1669
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Hermawan, I. C., & Hasanah, A. (2021). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Sunda dan Relevansinya dengan Pembelajaran Ppkn di Sekolah Menengah Pertama. Bhineka Tunggal Ika: Kajian Teori Dan Praktik Pendidikan Pkn, 08(02), 116–128.
Hubi, Z. B., Suryadi, K., & Luthfiani, R. S. (2024). Implementasi Penguatan Pendidikan Karakter Melalui Program Bandung Masagi di Sekolah Menengah Pertama. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 55–63. https://doi.org/10.21831/jpka.v1i1.69535
Hudatullah, M. (2022). Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Cooperative Learning Pada Mata Pelajaran Fiqih. Jurnal Penelitian Tarbawi, 7(1), 14–25. https://doi.org/10.37216/tarbawi.v7i1.614
Irsan, I., G, A. L. N., Gawise, G., Suarti, S., & Arini, W. O. L. (2023). Internalisasi dan Aktualisasi Nilai-Nilai Karakter Berbasis Budaya Lokal di Sekolah Dasar. Jurnal Basicedu, 6(6), 10197–10210. https://doi.org/10.31004/basicedu.v6i6.4558
Jayangti, Baderiah, Firman, & Salam. (2022). Application of Numbered Head Together Type Cooperative Learning Model to Overcome Learning Saturation of Elementary School Students. Didaktika: Jurnal Kependidikan, 11(4), 161–170. https://doi.org/10.58230/27454312.160
Kasiyan, K., & Sulistyo, A. (2020). Pengintegrasian Pendidikan Karakter Berbasis Budaya Lokal dalam Pembelajaran Kriya Kayu Pada Siswa Tunagrahita. Jurnal Pendidikan Karakter, 10(2). https://doi.org/10.21831/jpk.v10i2.35032
Kinanti, P., & Wicaksono, D. (2021). Strategi Pendidikan Karakter Bagi Siswa Sekolah Dasar Melalui Kearifan Lokal Di Sekolah. Instruksional, 3(1), 18. https://doi.org/10.24853/instruksional.3.1.18-22
Kurniawan, S., & Halim. (2022). Kurikulum Berbasis Kearifan Lokal dalam Membentuk Karakter Peserta Didik. Jurnal Lentera: Jurnal Studi Pendidikan, 4(2), 161–174. https://doi.org/10.51518/lentera.v4i2.92
Listrianti, F., & Inayah, P. (2025). Penerapan Metode Kooperatif Learning Tipe Think Pair Share Pada Pembelajaran Pai Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa di SMK Sumber Bunga. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 8(3), 2928–2936. https://doi.org/10.54371/jiip.v8i3.7504
Mahanani, P. S. El. (2021). Penerapan Metode Cooperative Learning Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Ips Kelas 3 Sdn Tambakrejo Gurah Kediri. PTK: Jurnal Tindakan Kelas, 2(1), 141–148. https://doi.org/10.53624/ptk.v2i1.58
Manarfa, A., & Lasaiba, D. (2024). Jejak Karakter di Atas Budaya: Menelusuri Identitas dalam Pendidikan. Lani: Jurnal Kajian Ilmu Sejarah dan Budaya, 4(1), 67–75.
Marhayani, D. A., & Wulandari, F. (2020). Efektivitas Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Make-A Match Dalam Meningkatkan Kompetensi Sikap Siswa Dan Kompetensi Pengetahuan Siswa Pada Pelajaran Ips. Jurnal Ilmiah Sekolah Dasar, 4(1), 80. https://doi.org/10.23887/jisd.v4i1.24047
Moeis, I., Febriani, R., Sandra, I., & Pabbajah, M. (2022). Intercultural Values In Local Wisdom: A Global Treasure Of Minangkabau Ethnic in Indonesia. Cogent Arts & Humanities, 9(1). https://doi.org/10.1080/23311983.2022.2116841
Moeis, I., Indrawadi, J., Prasojo, Z. H., Fatmariza, F., & Febriani, R. (2024). A Vygotskian Perspective On Multicultural Education: A Social-Based Learning Process In The Minangkabau Community, West Sumatra, Indonesia. Paradigma: Jurnal Kajian Budaya, 14(3), 479–494. https://doi.org/10.17510/paradigma.v14i3.1507
Muwahhida, M. A. F. (2023). Membangun Kebangsaan dan Memperkuat Budaya Lokal Melalui Pendidikan Karakter di Sekolah Dasar. Pendas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Dasar, 8(2), 5640–5652.
Neliwati, N., Lesmana, B., Sari, L. E., & Azhari, R. A. (2023). Strategi Pembelajaran Kooperatif Learning Pada Pembelajaran Pai Kurikulum 2013 Di Smp 35 Medan. Jiip - Jurnal Ilmiah Ilmu Pendidikan, 6(4), 2364–2369. https://doi.org/10.54371/jiip.v6i4.1830
Nikmatussaidah, N. (2021). Model Pembelajaran Cooperatif Learning Meningkatkan Hasil Belajar Siswa. Jurnal Literasiologi, 7(2). https://doi.org/10.47783/literasiologi.v7i2.280
Noererlinda, N. (2021). Pengembangan Model Pembelajaran Kooperatif Untuk Meningkatkan Nilai-Nilai Sosial Siswa. Inovasi Kurikulum, 6(1), 1–14. https://doi.org/10.17509/jik.v6i1.35689
Petticrew, M., & Roberts, H. (2008). Systematic Reviews In The Social Sciences: A Practical Guide. John Wiley & Sons.
Pingga, Y. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Meningkatkan Minat Belajar Pendidikan Agama Kristen. Harati: Jurnal Pendidikan Kristen, 1(2), 201–222. https://doi.org/10.54170/harati.v1i2.78
Pratama, A., & Sari, E. (2021). Strengthening Character Through Learning of BAM of Minang Language for Elementary School Students. Jed (Jurnal Etika Demokrasi), 6(2), 222–231. https://doi.org/10.26618/jed.v6i2.5335
Puta, T. (2021). Implementasi Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Jigsaw Dalam Meningkatkan Keaktifan Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Journal Of Social Knowledge Education (JSKE), 2(3), 56–59. https://doi.org/10.37251/jske.v2i3.386
Rafiqie, M., Habibi, E., Ibrahimy, U., & Karakter, P. (2024). Pengembangan Kurikulum Pendidikan Karakter di Sekolah Multikultural. Jurnal Penelitian Ipteks, 9(2), 285–291. https://doi.org/https://doi.org/10.32528/penelitianipteks.v9i2.2228
Rahman, S. A., Fernandes, R., & Habib, B. (2025). Menguatkan Nilai Kebangsaan Melalui Pendidikan Karakter Budaya Alam Minangkabau di Bukittinggi. Jurnal Kajian Sosial dan Humaniora, 1(3), 153–170. https://doi.org/10.63082/jksh.v1i3.22
Rakhman, Z. (2025). Implementasi Pendidikan Karater Berbasis Budaya Sasak Dalam Pembelajaran Ips Di Sdn 3 Kembang Sari. Modeling: Jurnal Program Studi PGMI, 12(1), 136–150.
Salamanti, E., Park, D., Ali, N., & Brown, S. (2023). Efficacy Of Collaborative And Multimodal Learning Strategies In Enhancing English Language Proficiency Among Esl/Efl Learners: A Quantitative Analysis. Research Studies In English Language Teaching And Learning, 1(2). https://doi.org/10.62583/rseltl.v1i2.11
Sapmawati, T. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Cooperatif Learning Untuk Meningkatkan Keaktifan Siswa Sma. Jurnal Pendidikan Sains Dan Komputer, 1(01), 42–45. https://doi.org/10.47709/jpsk.v1i01.1271
Sari, N. (2020). Pendidikan Berbasis Kearifan Lokal Untuk Membentuk Karakter Siswa Sekolah Dasar. Jurnal Penelitian, Pendidikan Dan Pengajaran: Jppp, 1(1), 27. https://doi.org/10.30596/jppp.v1i1.4452
Sembiring, F. M. (2023). Peran Pembelajaran Kooperatif Terhadap Prestasi Akademik Dan Pengembangan Keterampilan Sosial. Educare: Jurnal Pendidikan Dan Kesehatan, 1(1), 36–40. https://doi.org/10.70437/jedu.v1i1.1
Silva, N., & Wickramaarachchi, D. (2025). Enhancing Systematic Literature Reviews: Evaluating The Performance of Llm-Based Tools Across Key Systematic Literature Review Stages. 2025 5th International Conference On Advanced Research In Computing (Icarc), 1–6.
Sumarwoto. (2022). Pengaruh Penggunaan Model Pembelajaran Kooperatif, Individual Dan Motivasi Belajar Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pkn Bagi Siswa Kelas Vii Smp Negeri 1 Trenggalek. Adil Indonesia Journal, 4(1). https://doi.org/10.35473/aij.v4i1.1997
Syamsijulianto, T., Rahman, R., Sari, M. Z., Ratumanan, S. D., & Solehun, S. (2022). Pendidikan Karakter Berbasis Kearifan Lokal Tradisi Masyarakat Melayu Perbatasan Pada Siswa Sekolah Dasar. Didaktika Tauhidi: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 9(1), 39–51. https://doi.org/10.30997/dt.v9i1.4848
Tiara, R . et al. (2024). The Role of Character Education In Forming Ethical And Responsible Students. Ijgie (International Journal of Graduate Of Islamic Education), 5(2), 110–124. https://doi.org/10.37567/ijgie.v5i2.3064
Widayanthi, D. G. C., Subhaktiyasa, P. G., Hariyono, H., Wulandari, C. I. A. S., & Andrini, V. S. (2024). Teori Belajar dan Pembelajaran. PT. Sonpedia Publishing Indonesia.
Syafriati, Z. (2023). Implementasi Proses Pembelajaran Kooperatif Siswa Pada Pembelajaran Belajar Seni Budaya MAN 2 Pesisir Selatan. Alacrity: Journal of Education, 2(2), 19-32.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Author

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.