Strategi Ibu Rumah Tangga dalam Menanamkan Karakter Religius Kepada Anak
Abstract
Penelitian ini dilakukan guna menganalisis strategi ibu rumah tangga dalam menanamkan karakter religius kepada anak di jorong koto tinggi nagari pandai sikek. Peneliti tertarik untuk melakukan penelitian ini karena dengan berbagai tugas sehari-hari yang harus dilakukan oleh seorang ibu rumah tangga dan juga ikut bekerja membantu perekonomian keluarga, menenun, bertani, berdagang, tetapi hal ini tidak menghambat seorang ibu dalam memperhatikan pendidikan anak- anaknya. Salah satu dari pendidikan yang dilakukan oleh ibu rumah tangga yaitu menanamkan karakter religius kepada anak. Dalam menanamkan karakter religius kepada anak, seorang ibu tentu memiliki strategi tersendiri yang akan berbeda-beda setiap ibu rumah tangga. Penelitian ini memiliki pendekatan kualitatif dengan tipe studi kasus. Pemilihan informan dilakukan dengan cara purposive sampling pada kriteria tertentu yaitu pada 8 orang ibu rumah tangga, 8 orang informan kedua, dan 4 orang anak dari ibu rumah tangga. Pengumpulan data dilakukan secara observasi partisipatisi dimana peneliti melakukan penelitian secara langsung dilapangan agar data yang didapatkan oleh peneliti secara akurat, wawancara mendalam dilakukan oleh peneliti kepada informan. Wawancara yang dilakukan terkait dengan strategi ibu dalam menanamkan karakter religius kepada anak dengan beberapa pertanyaan yang mendalam sehingga dapat menjawab pertanyaan-pertanyaan dalam penelitian. Teknik analisis yang digunakan pada penelitian ini yaitu melalui pemikiran Miles and Huberman yaitu reduksi data, penyajian data dan penarikan kesimpulan. Keabsahan data yang dilakukan dengan 2 triangulasi yaitu, triangulasi teknik dan triangulasi sumber. Adapun teori yang digunakan dalam penelitian ini yaitu teori structural fungsional. Hasil dari penelitian ini menunjukkan berbagai strategi ibu rumah tangga dalam menanamkan karakter religius yang meliputi; Hubungan individu dengan Allah SWT dengan mengajarkan untuk melaksanakan ibadah seperti sholat, puasa, zakat dan lainnya. Kedua Hubungan dengan sesame manusia dengan cara menanamkan nilai cinta damai dan saling menyayangi pada anak antar sesama manusia. Ketiga, hubungan dengan alam semesta dengan upaya mengajarkan kepada anak saling menyayangi dan menjaga lingkungan hidup yang ada disekitar.
References
Global. Jakarta: Grasindo.
Achmad, fantoni,dkk. 2022. Peran Guru Dalam Pembentukan Karakter Religius Pada Anak Usia Dini 5-6 Tahun Di TK Manurung Goto Tidore Kepulauan. Jurnal Ilmiah Cahaya Paud Volume 4, Nomor 2
Aeni, A. N. (2014). Pendidikan Karakter Untuk Siswa SD Dalam Perspektif Islam.Mimbar Sekolah Dasar Vol.1 No.1.
Aksan, Hermawan. (2014). Pendidikan Budaya dan Karakter Bangsa. Bandung:
Nuansa Cendekia
Amalia, nailah. 2019. Meningkatkan Karakter Religius Anak Usia 5-6 Tahun Melalui Geark dan Lagu. JPP PAUD FKIP Untirta, Volume 6 Nomor 1 Mei 2019
Ananda, A. (2012). Pendidikan Kewarganegaraan (PKN) pendidikan karakter Bangsa dan strategi Pembelajaran Nilai. Perpustakaan Nasional RI.
Arikunto. 2015. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aswidar, Rika. 2022. Karakter Religius,Toleransi, dan Disiplin pada Siswa
Sekolah Menengah Pertama. Volume 6 Nomor 1, 2021, pp 134-14
Azwar, S. 2012. Reliabilitas dan Validitas.Yogyakarta: Pustaka Pelajar
Detik.com. 2023. Video Tawuran Pelajar di Mungkid Magelang Viral. Diakses online tanggal 16 Maret 2023. https://www.detik.com/jateng/hukum-dan-kriminal/d-6612946/video-tawuran-pelajar-di-mungkid-magelang-viral-begini-faktanya
Detik.com.2023. Ratusan Anak di Ponegoro Nikah Hamil Duluan, Tanda Krisis Edukasiseks. Diakses online tanggal 16 Maret 2023.
Dwijayanti ,Ni kadek Rai. 2019. Asuhan keperawatan, resiko infeksi, ibu post partum. Diakses 25 Maret 2023
Ekawati, YunNina, dkk. 2018. Konstruksi Alat Ukur Karakter Religius Siswa Sekolah Dasar.
Elly M. Setiadi & Usman Kolip.2011. Pengantar Sosiologi, Pemahaman Fakta dan Gejala Permasalahan Sosial: Teori, Aplikasi dan Pemecahannya. Jakarta: Kencana.
Fikri, Ali. 2003. Jati Diri Remaja Muslimah. Mitra Pustaka: Yogyakarta.
Gunarsa, Singgih D. 2008. Psikologi Anak: Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Jakarta: PT BPK Gunung Mulia.
Hasan, Maimunah. 2009. Pendidikan anak usia dini. Jogjakarta: Diva Press.
Hasibuan, Malayu S. P. 2010. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta. PT Bumi Aksara
Kahmad,Dadang. 2006. Sosiologi Agama.Bandung,Remaja Rosdakarya
Kartono, Kartini. 2016. Pemimpin dan Kepemimpinan. Jakarta : Rajawali Pers.
Kurniawan, Syamsul. 2017. Pendidikan Karakter: Konsepsi & Implementasinya
secara Terpadu di Lingkungan Keluarga, Sekolah, Perguruan Tinggi, dan Masyarakat. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Lexy J. Moleong. 2006. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung, PT Remaja
Rosdakarya.
Marwiyati, Sri. 2020. Penanaman Pendidikan Karakter melalui Pembiasaan. Vol. 9 No. 2
Miles, M.B, Huberman, A.M, & Saldana, J. 2014. Qualitative Data Analysis, A
Methods Sourcebook. Edition 3. USA: Sage Publications. Terjemahan
Tjetjep Rohindi Rohidi, UI-Press.
Moleong, Lexy J. 2013.Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung : Remaja Rosdakarya
Mumtahinnah, Noviyan. Diakses pada tanggal 20 maret 2023. “Hubungan Antara Stres Dengan Agresi Pada Ibu Rumah Tangga yang tidak bekerja”. Dalam http://www.sribd.com/doc/45884551/null
Patimah. 2016. Peran Orang Tua Dalam Menanamkan Karakter Religius Anak di Desa Sumber Harapan Dusun Semberang I Kecamatan Sambas Kabupaten Sambas. Tarbiya Islamica Vol. 4 No. 1 Januari-Juni 2016, hal. 29-40 Penguatan pendidikan karakter jadi Pintu Masuk Pembenahan Pendidikan Nasional. http://www.kemdikbud.go.id. Diakses 28 Maret 2023.
Prastowo, Rokhmad. 2008. Karakteristik Sosial Ekonomi Dan Perilaku Kerja Perempuan Pedagang Asongan. Surakarta. Universitas Sebelas Maret
Qaimi, Ali. 2005. Keluarga Dan Anak Bermasalah. Jakarta: PT. Cahaya, Bogor
Ritzer, George.2007. Sosiologi Ilmu Pengetahuan Berparadigma Ganda. Jakarta: Rajawali Pers.
Santrock, JW. (2002). Life-Span Development Jilid 2. Jakarta: Erlangga. 96
Setiadi. 2008. Konsep Dan Proses Keperawatan Keluarga. Yogyakarta: Graha
Ilmu.
Siswanto. 2012. Pengantar Manajemen: PT.Bumi Aksara, Jakarta
Soemanto, R.B. 2014. Sosiologi Keluarga. In: Pengertian dan Ruang Lingkup Sosiologi Keluarga. Universitas Terbuka, Jakarta
Sondang P. Siagian. 2014. Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta : Bumi Aksara
Sugiyono. 2014. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif,
Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kombinasi (Mixed Methods). Bandung: Alfabeta.
Tantri Indriani, Astri. 2017. Peran Ibu dan Tumbuh Kembang Anak. https://rs.uns.ac.id/peran-ibu-dan-tumbuh-kembang-anak/
Zaitun. 2016. Sosiologi Pendidikan. Pekanbaru : Kreasi Edukasi