Peningkatan Partisipasi Siswa dalam Pembelajaran Sosiologi dengan Model Kooperatif Two Stay Two Stray di SMAN 1 Linggo Sari Baganti
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi karena rendahnya partisipasi peserta didik pada pembelajaran sosiologi karena kurang tepatnya guru melakukan penerapan model pembelajaran yang telah dirancang sesuai dengan modul ajar yang digunakan. Tujuan penelitian ini untuk upaya mengatasi rendahnya tingkat partisipasi peserta didik dengan penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS). Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas yang dilaksanakan dengan dua siklus. Desain penelitian menggunakan John Elliot yang terdiri dari empat tahapan yang harus dilalui yaitu perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Penelitian ini dilakukan pada kelas Fase E 5 SMAN 1 Linggo Sari Baganti Pesisir Selatan tahun ajaran 2023/2024 dengan jumlah peserta didik 35. Teknik pengumpulan data yaitu observasi, wawancara dan dokumentasi. Untuk mengetahui meningkatnya partisipasi peserta didik menggunakan perhitungan rumus F= f/N x 100%. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS) dapat meningkatkan partisipasi peserta didik. Rata-rata yang diperoleh Pada siklus 1 tingkat partisipasi peserta didik sebesar 46%. Kemudian dilanjutkan pada siklus 2 rata-rata yang diperoleh tingkat partisipasi peserta didik dengan 2 kali pertemuan sebesar 78%. Dari hasil tersebut menunjukkan bahwa tingkat partisipasi peserta didik berada Pada kategori baik setelah dilakukannya penerapan model pembelajaran kooperatif Two Stay Two Stray (TS-TS).
References
Alerby, E., & Bergmark, U. (2016). Participation for Learning.
Anggraena, Felicia, Ginanto, dkk. (2021). Kajian Akademik Kurikulum Untuk Pemulihan Pembelajaran. In Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.
Dinn Wahyudin et al. (2024). Kajian Akademik Kurikulum Merdeka. Kemendikbud, 1–143.
Haryanto. (2020). Evaluasi pembelajaran; konsep dan manajemen. In UNY Press.
Hasanah, Z., & Himami, A. S. (2021). Model Pembelajaran Kooperatif Dalam Menumbuhkan Keaktifan Belajar Siswa. Irsyaduna: Jurnal Studi Kemahasiswaaan, 1(1), 1–13. https://doi.org/10.54437/irsyaduna.v1i1.236
Huda, M. (2011). COOPERATIVE LEARNING. Pustaka Pelajar.
Ismiyati, & Salamah. (2020). Peningkatan Motivasi, Partisipasi, dan Prestasi Belajar IPS Melalui Media Gambar Bercerita. Jurnal Sosialita, 47–62. http://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/view/2356%0Ahttps://journal.upy.ac.id/index.php/sosialita/article/download/2356/1490
Kemendikbudristek. (2022). Sosiologi Fase E - Fase F untuk SMA/MA/Program Paket C. In Badan Standar, Kurikulum, Dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Republik Indonesia.
Mu’alimin & Cahyadi. (2014). Penelitian tindakan kelas Teori dan Praktek. In Ganding (Vol. 44, Issue 8). http://eprints.umsida.ac.id/4119/1/BUKU PTK PENUH.pdf
Nurlina Ariani Hrp et al. (2022). Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. In N. Rismawati (Ed.), Buku Ajar Belajar Dan Pembelajaran. WIDINA BHAKTI PERSADA BANDUNG (Grup CV. Widina Media Utama). https://doi.org/10.21070/2022/978-623-464-043-4
Permendikbukristek. (2022). Peraturan pelaksanaan kurikulum merdeka.
Risanatul, R., & Junaidi, J. (2022). Penyebab Peserta Didik Tidak Berpartisipasi Aktif dalam Pembelajaran Sosiologi di Kelas XI IPS 1 SMAN 4 Merangin Jambi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 1(3), 327–335. https://doi.org/10.24036/nara.v1i3.74
Sanusi, H. (2022). Media Kurikulum Merdeka Belajar Suatu Kajian Sosiologi Pendidikan dalam Menggugah Perspektif Masa Kini. Jurnal Pemikiran Dan Pengembangan Pembelajaran, 4(3), 14–21.
Suhardi. (2013). Peningkatan Partisipasi dan Kerjasama Siswa Menggunakan Model Kooperatif Tipe Jigsaw pada Materi Protozoa Kelas X SMA N Pengasih. Jurnal Pendidikan Matematika Dan Sains, 1(2), 140–146.
Viqriah, K., Budiyono, B., & Subanti, S. (2015). Eksperimentasi Model Pembelajaran Think-Pair-Share (Tps), Think-Talk-Write (Ttw) Dan Two Stay-Stray (Tsts) Pada Materi Bangun Ruang Sisi Datar Ditinjau Dari Self-Efficacy. Journal of Mathematics and Mathematics Education, 5(2), 108–119. https://doi.org/10.20961/jmme.v5i2.10020