Pengaruh Penerapan Model Kooperatif Tipe Everyone is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Peserta Didik di Kelas XI Fase F SMAN 1 Ampek Angkek
Abstract
Hasil belajar peserta didik pada pembelajaran sosiologi di SMAN 1 Ampek Angkek masih rendah. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh penerapan model kooperatif tipe everyone is a teacher here terhadap peningkatan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI fase F di SMAN 1 Ampek Angkek. Teori belajar yang digunakan teori konstruktivisme sosial dari Vygotsky. Pendekatan penelitian yang digunakan adalah kuantitatif jenis eksperimen. Subjek dalam penelitian ini yaitu kelas sosiologi 3 (eksprerimen) dan kelas sosiologi 4 (kontrol). Teknik pengumpulan data diperoleh melalui tes, observasi dan dokumentasi. Teknik analisa data dengan cara uji normalitas, uji homogenitas dan uji hipotesis. Hasil penelitian yang ditemukan terdapat pengaruh yang positif pada penggunaan model kooperatif tipe everyone is a teacher here terhadap peningkatan hasil belajar sosiologi siswa kelas XI fase F di SMAN 1 Ampek Angkek. Hasil nilai significance kelas ekperimen dan kelas kontrol adalah sebesar 0,000 dimana nilai tersebut < 0,05 model kooperatif tipe everyone is a teacher here memberikan pengaruh terhadap peningkatan hasil belajar peserta didik
References
Adryannisa, D. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa dengan Menggunakan Metode Resitasi Pada Mata Pelajaran Akidah Akhlak di SD Islam Riyadhul Jannah Depok. Jurnal Pendidikan Sosial Dan Humaniora, 2(I), 1–19.
Anti, H., & Gazali, L. (2022). Pengaruh Penggunaan Media Pembelajaran Microsoft Power Point Terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran Bahasa Indonesia di SMP Negeri 2 Banawa Tengah. Jurnal Senarai Bastra, 2(2), 141–148.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Aryani, F. (2008). Pengaruh Penerapan Metode Everyone is A Teacher Here Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas X MAN 2 Mataram Materi Ruang Tiga Dimensi Tiga. J-Mpm, 2(1), 51.
Fatmawati, S. (2022). Upaya Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Terhadap Mata Pelajaran Sosiologi Dengan Metode Everyone Is Teacher Here di Kelas XI IPS 2 SMA Negeri 3 Dompu Tahun Pelajaran 2020/2021. JUPE : Jurnal Pendidikan Mandala, 7(2), 408–417.
Firiani, F. (2016). Pengaruh Motivasi Belajar fan Disiplin Terhadap Hasil Belajar IPS Siswa di SMP Karya Indah Kecamatan Tapung. Jurnal Peka, 4(2), 20.
Karim, I. A. (2021). Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here dalam Meningkatkan Penerapan Metode Everyone Is Teacher Here Dalam Meningkatkan Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas X Ips Sma Kreativitas Peserta Didik Pada Mata Pelajaran Sosiologi Kelas. Jurnal Ilmu Pendidikan, 6(2), 17–23.
Machali, I. (2021). Metode Penelitian Kuantitatif. Samarinda: Universitas Mualawarman.
Nur, A., & Muhammad, I. (2019). Everyone is a Teacher Here (Awal Syaddad (Ed.); 1st ed.). Parepare: CV. Kaafah Learning Center.
Nuryani, T., & Febriani, E. A. (2024). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif tipe The Learning Cell Terhadap Hasil Belajar Sosiologi Siswa Kelas XI SMAN 1 Tanjung Jabung Timur. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 3(1), 66-75.
Simeru, A. et al. (2023). Model-Model Pembelajaran. Jawa Tengah: Lakeisha.
Sugiyono, S. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Suprijono, A. (2012). Cooperatif Learning Teori dan Aplikasi PAIKEM. Yogyakarta: Pustaka Belajar.
Sianturi, R. (2022). Uji Homogenitas Sebagai Syarat Pengujian Analisis. Jurnal Ilmu Pendidikan, Sains, Sosial, Dan Agama, 8(1), 386–397.
Sutrisna, S. (2022). Implementasi Metode Everyone is a Teacher Here untuk Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Sosiologi Kompetensi Ketimpangan Sosial. Ideguru: Jurnal Karya Ilmiah Guru, 7(2), 197–205. https://doi.org/10.51169/ideguru.v7i2.354
Syaparuddin, S., Meldianus, M., & Elihami, E. (2020). Strategi Pembelajaran Aktif Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Pkn Peserta Didik. Mahaguru: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar , 1(1), 30–41. https://doi.org/10.33487/mgr.v1i1.326
Tamrin, M., S. Sirate, S. F., & Yusuf, M. (2011). Teori Belajar Vygotsky dalam Pembelajaran Matematika. Sigma (Suara Intelektual Gaya Matematika), 3(1), 40–47.
Copyright (c) 2025 Dea Minalloh & Eka Asih Febriani

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.