Pengembangan Soal Penalaran Peserta Didik pada Pembelajaran Sosiologi Fase F SMA N 1 Lengayang
DOI:
https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.282Keywords:
ADDIE, Pengembangan Soal, Penalaran, R&D, SosiologiAbstract
Penelitian ini bertujuan untuk mengembangkan instrumen soal penalaran peserta didik dalam pembelajaran sosiologi Fase F di SMA N 1 Lengayang. Latar belakang penelitian ini adalah rendahnya kemampuan penalaran peserta didik yang disebabkan oleh keterbatasan instrumen evaluasi yang mampu mengukur berpikir tingkat tinggi. Penelitian ini menggunakan metode Research and Development (R&D) dengan model pengembangan ADDIE (Analysis, Design, Development, Implementation, Evaluation). Instrumen dikembangkan dalam bentuk soal pilihan ganda lima opsi dan empat opsi alasan logis. Validasi ahli dilakukan terhadap 20 butir soal berdasarkan aspek materi, bahasa, dan kontribusi. Hasil validasi menunjukkan skor rata-rata 3,27 atau 88,45% yang termasuk kategori "sangat baik". Soal diuji coba pada 36 peserta didik Fase F dan dianalisis menggunakan Paired Samples T-Test dan N-Gain melalui SPSS. Hasil analisis menunjukkan adanya perbedaan signifikan antara nilai pretest dan posttest (Sig. 0,002 < 0,05) dengan nilai N-Gain sebesar 0,69 atau 69% (kategori “cukup efektif”). Selain itu, kepraktisan soal memperoleh skor rata-rata 3,56 (kategori “praktis”). Hasil ini menunjukkan bahwa soal penalaran yang dikembangkan valid, praktis, dan cukup efektif untuk digunakan dalam pembelajaran Sosiologi guna meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik.
References
Barrantes, M. & Blanco, J. (2006). A Study of Prospective Primary Teachers’ Conceptions of Teaching And Learning School Geometry. Journal of Mathematics Teacher Education 9(5), 411–36. doi: 10.1007/PL00021938.
Bieda, N., Ji, X., Drwencke, J. & Picard, A. (2014). Reasoning-and-Proving Opportunities in Elementary Mathematics Textbooks. International Journal of Educational Research 64(1), 71–80. doi: 10.1016/j.ijer.2013.06.005.
Branch, R. M. (2009). Instructional Design: The ADDIE Approch. New York: Springer Science Business Media, LLC.
Fadillah, S. & Jamilah, J. (2016). Pengembangan Bahan Ajar Struktur Aljabar Untuk Meningkatkan Kemampuan Pembuktian Matematis Mahasiswa. Jurnal Cakrawala Pendidikan 1(1). doi: 10.21831/cp.v1i1.8379.
Frosch, C., & Simms, V. (2015). Understanding the Role of Reasoning Ability in Mathematical Achievement. European Conference on Cognitive Science.
Hegde, B. & Meera, B. (2012). How Do They Solve It? An Insight into the Learner’s Approach to the Mechanism of Physics Problem Solving. Physical Review Special Topics - Physics Education Research 8(1), 010109. doi: 10.1103/PhysRevSTPER.8.010109.
Hitchcock, D. (2017). On Reasoning and Argument Essays in Informal Logic and on Critical Thinking 123. Switzerland: Springer International Publishing.
Haylock, D. 2010. Mathematics Explained for Primary Teachers . Fourth Edition. New Delhi: Sage Publications India Pvt. Ltd.
Jäder, J., Lithner, J. & Sidenvall, J. (2020). Mathematical Problem Solving in Textbooks from Twelve Countries. International Journal of Mathematical Education in Science and Technology. 1120–36. doi: 10.1080/0020739X.2019.1656826.
Muslimin, S. (2019). Analisis Kemampuan Penalaran Matematika Siswa SMA Pada Materi Geometri Ruang. Kreano: Jurnal Matematika Kreatif-Inovatif, 10(2).
Nurhasanah, S., Jayadi, A., Sa’diyah, R. & Syafrimen, S. (2019). Strategi Pembelajaran. Jakarta Timur: Edu Pustaka.
Ozden, M. & Gultekin, M. (2008). The Effects of Brain-Based Learning on Academic Achievement and Retention of Knowledge in Science Course. Electronic Journal of Science Education 12(1).
Pritchard, A. (2014). Ways of Learning: Learning Theories and Learning Styles in the Classroom London and New York: Taylor & Francis Group . London: Taylor & Francis Group .
Reski, P. & Sylvia, I. (2021). Rancangan Soal Open-Ended Untuk Meningkatkan Kemampuan Penalaran Peserta Didik Dalam Pembelajaran Sosiologi di SMA N 1 Sungai Aur Kabupaten Pasaman Barat. Jurnal Sikola: Jurnal Kajian Pendidikan dan Pembelajaran 2(3):147–61. doi: 10.24036/sikola.v2i3.107.
Subali, B. ,. Kumaidi, &, &. Aminah, N. ,. S. (2018). Model Asesmen Konfirmatori Penguasaan Metode Ilmiah Pada Mata Pelajaran IPA Di Sekolah Dasar . Yogyakarta: UNY PRESS .
Terrel, R. (2010). Assessing Outcomes and Improving Achievement: Tips and Tools for Using Rubrics. Association of American Colleges and Universities.
Downloads
Published
How to Cite
Issue
Section
License
Copyright (c) 2025 Nurul Hasana & Ike Sylvia

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.