Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Kelas XI IPS SMA Negeri 8 Padang dengan Berbantuan Flipchart dan Flashcard
Abstract
Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran Sosiologi di SMA Negeri 8 Padang. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis peningkatan keaktifan belajar siswa pada mata pelajaran sosiologi di kelas XI IPS 3 SMA Negeri 8 Padang melalui penerapan model pembelajaran kooperatif tipe group investigation dengan menggunakan media flipchart dan flashcard. Metode yang digunakan dalam melakukan penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas (PTK) dengan tujuan untuk memperbaiki permasalahan yang ada di dalam kelas. Instrumen penelitian yang digunakan adaah lembar observasi, tes, dan dokumentasi yang dianalisis menggunakan analisis kuantitatif. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian adalah teori kognitif. Selama melakukan dua siklus, terdapat 4 kali pertemuan dengan materi konflik sosial dan pengendalian konflik sosial. Model pembelajaran kooperatif tipe group investigation menggunakan media flipchart dan flashcard dapat meningkatkan keaktifan belajar siswa yang ada dikelas, siswa menjadi lebih fokus dalam pembelajaran, siswa lebih tertarik untuk belajar, siswa mempunyai keinginan mengerjakan latihan yang diberikan, siswa juga lebih aktif dalam berdiskusi dan berpendapat mengenai topik pembelajaran. Hasil penelitian dengan menggunakan model pembelajarna kooperatif tipe group investigation mampu meningkatkan keaktifan belajar siswa di kelas XI IPS 4 SMA Negeri 8 Padang.
References
Arikunto, S. (2010). Proseduur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik (Revisi). PT. Rineka Cipta.
Arikunto, S., Suhardjono, & Supardi. (2015). Penelitian Tindakan Kelas (Suryani (ed.); Edisi Revi). PT. Bumi AKsara.
Fitri, H., Abdi, A. W., & Harun, M. Y. (2017). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation Dengan Menggunakan Media Pembelajaran Flash Card Dan Flipchart Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Ips Terpadu Siswa Kelas Viii Smp Inshafuddin Banda Aceh. Pendidikan Geografi, 2(4), 44–58.
Haudi, H., & Wijoyo, H. (2020). DASAR-DASAR PENDIDIKAN (Nomor December).
JAKNI. (2017). PENELITIAN TINDAKAN KELAS (pertama). Alfabeta.
Lengari, M. P. E., & Agustika, G. N. S. (2020). Pengaruh Model Pembelajaran Group Investigation Berbantuan Media Flash Card Terhadap Kompetensi Pegetahuan Ipa. Jurnal Penelitian dan Pengembangan Pendidikan, 4(1), 65. https://doi.org/10.23887/jppp.v4i1.25032
Nurmala Ayu Desy, T. E. L., & Naswan, S. (2020). Pengaruh Motivasi Belajar dan Aktivitas Belajar terhadap Hasil Belajar Akuntansi. Jurnal Pendidikan Ekonomi Undiksha, 4(1), 1–10.
Purnamasari, U. A., Arifuddin, M., & Hartini, S. (2018). Meningkatkan Aktivitas Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran IPA Dengan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. 6(1), 1–26.
Rusman. (2015). Pembelajaran tematik terpadu : teori, praktik dan penilaian (pertama). Rajawali Pers.
Sadirman. (2006). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar (pertama, c). Rajawali Pers.
Sinar. (2018). Metode Active Learning - Upaya Peningkatan Keaktifan dan Hasil Belajar. In Metode Active Learning (pertama). CV. BUDI UTAMA. https://www.google.co.id/books/edition/Metode_Active_Learning_Upaya_Peningkatan/C0BVDwAAQBAJ?hl=id&gbpv=1
Subudi, I. K. (2021). Peningkatan Aktivitas dan Hasil Belajar Biologi Sebagai Dampak Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation. Journal of Education Action Research, 5(1), 17–25. https://doi.org/10.23887/jear.v5i1.32131
Tanirejda, T., Faridli, E. M., & Harmianto, S. (2017). MODEL-MODEL PEMBELAJARAN INOVATIF dan EFKETIF (ketujuh). Alfabeta.
Wahyutiani, R. (2018). Penerapan Group Investigation (GI) Berbasisi Lesson Study (LS) Untuk Meningkatkan Keaktifan, Perilaku Berkarakter dan Hasil Belajar Siswa Kelas X MIPA 5 SMAN 5 KEDIRI Pada Mata Pelajaran Biologi. 1–23.