Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan di SMAN 1 Lubuk Alung

Authors

  • Nadilla Nadilla Universitas Negeri Padang
  • Desri Nora Universitas Negeri Padang

DOI:

https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.342

Keywords:

Implementasi, Kewirausahaan, P5

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh berbagai kendala dalam implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) tema kewirausahaan di SMAN 1 Lubuk Alung. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisis bagaimana implementasi P5 tema kewirausahaan di SMA Negeri 1 Lubuk Alung. Jenis penelitian ini adalah penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Teknik pengumpulan data menggunakan purposive sampling, kriteria dalam penelitian ini sudah diketahui oleh peneliti dengan pertimbangan informan yaitu anggota masyarakat SMAN 1 Lubuk Alung yang paling mengetahui tentang masalah yang akan diteliti oleh peneliti dengan jumlah informan 20 orang. Teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, wawancara, dan dokumentasi yang dilakukan secara tatap muka dan studi dokumentasi. Keabsahan data yang dilakukan dengan triangulasi data. Teknis analisis data yang digunakan yaitu reduksi data, penyajian data, dan verifikasi data dari Miles dan Huberman. Teori yang digunakan untuk menganalisis penelitian adalah teori strukrural fungsional dengan desain skema AGIL oleh Talcott Parsons. Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun sekolah telah melakukan upaya adaptasi dengan memanfaatkan potensi lokal dan mendorong kreativitas siswa melalui pembuatan karya seperti karangan bunga dan karya dari batok kelapa, pelaksanaan kegiatan masih menghadapi berbagai kendala seperti keterbatasan fasilitas, kurangnya keterlibatan siswa, serta evaluasi dan pendampingan guru yang belum maksimal.

References

Farida, N. (2014). Metode penelitian kualitatif dalam penelitian pendidikan bahasa. Solo: Cakra Books

Hadian, T., Mulyana, R., Mulyana, N., & Tejawiani, I. (2022). Implementasi project based learning penguatan profil pelajar Pancasila di SMAN 1 Kota Sukabumi. Primary: Jurnal Pendidikan Guru Sekolah Dasar, 11(6), 1659–1669.

Hindriana, A. F., Abidin, Z., Arif, A. G., Setiawati, I., & Aziz, A. (2023). Pengembangan Kompetensi Guru dalam Mengimplementasikan Pengembangan Projek Profil Pelajar Pancasila. Empowerment : Jurnal Pengabdian Masyarakat, 6(03), 344–354. https://doi.org/10.25134/empowerment.v6i03.8887

Isrososiawan, S. (2013). Peran Kewirausahaan dalam Pendidikan. Society, 4(1), 26–49. https://doi.org/10.20414/society.v4i1.329

Keputusan Kepala Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, Dan Teknologi Nomor 031/H/Kr/2024 Tentang Kompetensi Dan Tema Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (Issue 021).

Kepmendikbudristekdikti. (2022). Pedoman penerapan kurikulum dalam rangka pemulihan pembelajaran. Jakarta: Kemendikbud.

Keputusan Kemendikbudristek, Jenjang Pendidikan Dasar, dan Jenjang Pendidikan Menengah https://pusatinformasi. guru. kemdikbud. go. id/hc/id/articles/14151391154969 (2024).

Lenaini, I. (2021). Teknik pengambilan sampel purposive dan snowball sampling. Historis: Jurnal Kajian, Penelitian Dan Pengembangan Pendidikan Sejarah, 6(1), 33–39.

Nasution, A. F. (2023). Metode penelitian kualitatif. Bandung: Harfa

Nuraeni, Y. A. (2022). Peran pendidikan dalam pembentukan jiwa wirausaha: Pendidikan kewirausahaan. Jurnal Ilmu Pendidikan (ILPEN), 1(2), 38–53.

Raho, B. (2007). Teori sosiologi modern. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Rendrapuri, R. V., Salsabilla, H. G., & Prihantini, P. (2023). Implementasi Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila Tema Kewirausahaan di SDN Wangiwisata Kabupaten Bandung. Indo-MathEdu Intellectuals Journal, 4(3), 2900-2909.

Rijali, A. (2018). Analisis data kualitatif. Alhadharah: Jurnal Ilmu Dakwah, 17(33), 81-95.

Ritzer, G. (2014). Modern Sociological Theory (Edisi ke-7). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Rizky, S., Pia, A., & Sekar Wulan Kandi, Y. H. T. (2022). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Rusandi, R. & Rusli, M. (2021). Merancang Penelitian Kualitatif Dasar/Deskriptif dan Studi Kasus. Al-Ubudiyah: Jurnal Pendidikan Dan Studi Islam, 2(1), 48–60. https://doi.org/10.55623/au.v2i1.18

Salam, F. (2023). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Dalam Kurikulum Merdeka Di Homeschooling. C.E.S 2023 Confrence Of Elementari Study, 271.

Satria, M. R., Adiprima, P., Jeanindya, M., Anggraena, Y., & Anitawati, K. S., & Tracey, YH (2024). Panduan Pengembangan Projek Penguatan Profil Pelajar Pancasila. Jakarta: Pusat Kurikulum dan Pembelajaran Badan Standar, Kurikulum, dan Asesmen Pendidikan Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi.

Suryana, I. K. P., Suastra, I. W., & Suma, K. (2023). Kurikulum Merdeka Untuk Mengatasi Learning Loss. Jurnal Review dan Pengajaran, 6(4), 1–7.

Susanto, D., & Jailani, M. S. (2023). Teknik pemeriksaan keabsahan data dalam penelitian ilmiah. QOSIM: Jurnal Pendidikan, Sosial & Humaniora, 1(1), 53–61.

Downloads

Published

2025-06-17

How to Cite

Nadilla, N., & Nora, D. (2025). Implementasi Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) Tema Kewirausahaan di SMAN 1 Lubuk Alung. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(2), 351–361. https://doi.org/10.24036/nara.v4i2.342