Penerapan Model Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi

  • Mega Tamara Universitas Negeri Padang
  • Eka Asih Febriani Universitas Negeri Padang
Keywords: Aktivitas Belajar, Bamboo Dancing, Sosiologi

Abstract

Penelitian ini dilatarbelakangi oleh rendahnya keaktifan peserta didik dalam proses belajar dikelas X E2 Fase E SMAN 1 Batang Anai. Rendahnya keaktifan belajar ini diakibatkan oleh beberapa faktor, salah satunya adalah model pembelajaran yang digunakan oleh guru saat mengajar. Untuk mengatasi masalah tersebut, guru perlu menerapkan model pembelajaran yang lebih efektif dan kolaboratif. Salah satu model yang diusulkan adalah dengan menggunakan model pembelajaran bamboo dancing dalam proses pembelajaran. Penelitian Tindakan Kelas (PTK) digunakan, dengan model dua siklus oleh Kemmis dan McTaggart. Teknik pengumpulan data yang digunakan meliputi observasi dan dokumentasi dengan menggunakan instrumen berupa lembar observasi. Analisis data deskriptif dan kuantitatif dilakukan terhadap 36 siswa kelas XE 2.Teori yang mendasari penelitian ini adalah teori behaviorisme Ivan Petrovich Pavlov. Hasil dalam penelitian menunjukkan bahwa penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe bamboo dancing dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa; pada siklus I, persentase aktivitas meningkat dari 65% menjadi 83%. Peningkatan ini disebabkan oleh tuntutan siswa untuk aktif dalam tugas individu dan kelompok yang melibatkan keterampilan berpikir, berbicara, menulis, dan berkomunikasi. Penelitian ini menyimpulkan bahwa model bamboo dancing efektif untuk meningkatkan keaktifan belajar peserta didik dalam proses belajar mata pelajaran sosiologi.

References

Abidin, A. M. (2022). Penerapan Teori Belajar Behaviorisme dalam Pembelajaran (Studi Pada Anak). An-Nisa, 15(1), 1-8.

Ali, I. (2021). Pembelajaran Kooperatif (Cooperative Learning) dalam Pengajaran Pendidikan Agama Islam. Jurnal Mubtadiin, 7(01), 247-264.

Ana, S. L., Rahmawanti, N., & Dony, N. (2019). Pengaruh Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Pada Materi Koloid Terhadap Hasil Belajar Siswa Kelas Xi Sman 1 Wanaraya. Dalton : Jurnal Pendidikan Kimia dan Ilmu Kimia, 2(2), 36–41. https://doi.org/10.31602/dl.v2i2.2386

Arikunto, S. (2010). Evaluasi Program Pendidikan. Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Asrori, A., & Rusman, R. (2020). Classroom Action Research: Pengembangan Kompetensi Guru. Purwokerto: Pena Persada.

Febriani, E. A. (2019). Mudah Merancang Perangkat Pembelajaran. Surabaya: Pustaka Media Guru.

Hamruni, H. (2021). Teori Belajar Behaviorisme dalam Presfektif Tokoh-Tokohnya. Yogyakarta: UIN Sunan Kalijaga.

Moko, S. N. A. (2021). Penerapan Model Pembelajaran Bamboo Dancing. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan Dasar.

Novitasari, D. (2015). Upaya Meningkatkan Keaktifan dan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi Melalui Penerapan Model Cooperative Learning Tipe Bamboo Dancing (Tari Bambu) Kelas XI IPS 3 SMA Negeri Kebakkramat Tahun Pelajaran 2016/2017. Sosialitas: Jurnal Ilmiah Pendidikan Sosiologi-Antropologi, 7(2), 165045.

Nurfiyany, F. (2018). Keefektifan Model Pembelajaran Bamboo Dancing dan Jigsaw Ditinjau dari Hsail Belajar Matematika Siswa Kelas 4 SD. Jurnal Teori Dan Aplikasi Matematika, 2(1), 76. https://doi.org/10.31764/jtam.v2i1.286

Nurazizah. (2016). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPS Siswa (Penelitian Tindakan Kelas di Kelas IV SDN Rempoa 02). UIN Syarif Hidayatullah Jakarta.

Pervin, A. L. (2012). Psikologi Kepribadian Teori dan Penelitian. Jakarta: Kencana.

Reichenbach, A., et al. (2019). Penerapan Pembelajaran Koperatif Learning Tipe Bamboo Dancing Dengan Media Cetak Leaflet Untuk Meningkatkan Minat dan Hasil Belajar Sejarah Siswa. Progress In Retinal and Eye Research, 561(3), S2–S3.

Sardiman, A. M. (2019). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Sudjana, D. N. (2009). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Sumertha, I. G. (2019). Penerapan Model Pembelajaran Kooperatif Tipe Group Investigation (GI) untuk Meningkatkan Hasil Belajar IPA Siswa. Jurnal Pedagogi dan Pembelajaran, 2(2), 195-202.

Syaiful, B. (2014). Guru Dan Anak Didik Dalam Interaksi Edukatif. Jakarta: Rineka Cipta.

Wahyuningtyas, D. T. (2009). Pembelajaran Model Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Bilangan Bulat Siswa Kelas IV SDN Kebonsari 1 Malang. Universitas Kanjuruhan Malang.

Published
2025-03-06
How to Cite
Tamara, M., & Febriani, E. A. (2025). Penerapan Model Bamboo Dancing Untuk Meningkatkan Keaktifan Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Sosiologi. Naradidik: Journal of Education and Pedagogy, 4(1), 177-184. https://doi.org/10.24036/nara.v4i1.294